Menu
Book Club / Stories

6 Rekomendasi Buku Bertema Women Empowerment yang Wajib Kamu Baca

Pernah gak kalian berpikir bahwa bacaan yang membahas isu-isu perempuan sering kali terasa berat untuk dibaca pemula? Nah, kali ini Girls Beyond ingin memberikan 6 rekomendasi buku bertema perempuan yang cukup ringan dan tentunya bikin semangat kamu semakin membara! Cocok banget nih buat ngumpulin semangat dan kegigihan untuk menjalani study atau work from home. 

This error message is only visible to WordPress admins

Error: API requests are being delayed for this account. New posts will not be retrieved.

There may be an issue with the Instagram access token that you are using. Your server might also be unable to connect to Instagram at this time.

1. What I Know For Sure by Oprah Winfrey 

Buku ini berisi esai yang ditulis oleh Oprah Winfrey sendiri berdasarkan pengalaman buruk di masa lalunya seperti kekerasan seksual, hamil tidak direncanakan pada usia 14 tahun, hingga kebohongan dan pengkhianatan yang dialaminya. Gak cuma itu, Oprah juga menjelaskan bagaimana Ia tetap teguh dan bangkit menjadi dirinya yang sekarang. Selain itu, Oprah juga menceritakan tentang persahabatannya, bagaimana Ia menciptakan positive vibe untuk dirinya sehindiri, hingga hal-hal yang harus kita syukuri di hidup ini.

My favorite quote:

When you can see obstacles for what they are, you never lose faith in the path it takes to get you where you want to go because this I know for sure… who you’re meant to be evolves from where you are right now so learning to appreciate your lessons, mistakes, and setbacks as stepping stones to the future is a clear sign you are moving in the right direction.

Oprah winfrey

2. We Should All Be Feminist by Chimamanda Ngozi Adichie

Buku ini adalah salah satu buku favorit saya! Berawal dari dengar pidato Adichie di TEDTalk, kemudian masuk di dalam lagu Beyonce yang berjudul ***Flawless. Menurut saya, kata-kata Adichie benar-benar menusuk ke kalbu! Sebenarnya isi dari buku 60 halaman ini adalah esai Adichie mengenai gender, konsep yang salah mengenai feminisme, dan mengapa hal ini menjadi penting hingga saat ini yang ditulis secara singkat, tajam, dan efektif.

My favorite quote:

A world of happier men and happier women who are truer to themselves. And this is how to start: We must raise our daughters differently. We must also raise our sons differently.

Chimamanda ngozi adichie

3. She Speaks: The Power of Women Voices by Yvette Copper

Hampir mirip seperti buku sebelumnya, buku ini terdiri atas 35 esai dari powerful women yang berpengaruh di dunia. Tenang aja, buku ini jauh dari kata membosankan! Justru bikin membuka pikiran dan membakar semangat. Dan di dalamnya gak melulu membicarakan tentang feminisme, melainkan tentang perubahan iklim global, politik, agama, pokoknya esai yang mengubah dunia dengan opini radikalnya. Contekan saja, terdapat esai dari Michelle Obama, Maya Angelou, Emma Watsons, Benazir Bhutto, Lupita Nyong’o, Jacinda Adern, hingga Greta Thunberg!

My favorite quote:

Both men and women should feel free to be sensitive. Both men and women should feel free to be strong. It is time that we all perceive gender on a spectrum, not as two opposing sets of ideals.

Emma watsons

4. Becoming by Michelle Obama

Buku memoar karangan former America’s first lady ini berisi pendapat, kesan-kesan, dan tanggapan Michelle Obama sendiri atas peristiwa-peristiwa yang dialami oleh tokoh-tokoh yang berhubungan dengannya. Bagaimana Michelle Obama menceritakan masa kecilnya yang sulit dari keluarga pekerja biasa di Chicago, menikah dengan seorang pemimpin negara dan bagaimana membina rumah tanga, tentang bagaimana menjadi seorang ibu, hingga pengalaman berada di posisi yang luar biasa indah dan luar biasa buruk. Menurut saya sih, buku ini cukup ringan dan inspiratif untuk dibaca! Siap-siap sediakan tisu ya!

My favorite quote:

I’d been lucky to have parents, teachers, and mentors who’d fed me with a consistent, simple message: You matter. As an adult, I wanted to pass those words to a new generation.

Michelle obama

5. Lalita: 51 Cerita Perempuan Hebat Indonesia by Abigail Limuria & Grace Kadiman

Nah, kalau yang satu ini adalah buku karya anak bangsa. Lalita sendiri diambil dari Bahasa Sansekerta yang berarti berharga, jelita, riang, dan pandai berucap, yang sesuai judulnya, buku ini berisi kisah nyata dari 51 perempuan Indonesia dengan prestasi cemerlang dan menginsppirasi dalam berbagai bidang dan profesi seperti seniman, olahragawan, ilmuwan, entertainer, aktivis, dll. Oh ya, buku ini juga dikemas dengan ilustrasi yang berbeda-beda dan pastinya ciamik! BUku ini bisa dibeli di akun Instagram @bylalitaproject.

My favorite quote:

Saya tidak termasuk dalam masyarakat dengan agama dan ras mayoritas. Perempuan di politik sekarang juga tidak banyak. Tapi saya tidak mau berdiam saja menunggu nasib. Saya ingin bertarung untuk diri sendiri dan saya tidak takut dengan tantangan.

Grace Natalie

6. Invisible Women: Data Bias in a World Designed for Men by Caroline Criado Perez

Berbeda dari yang lainnya, buku ini cenderung jenaka dan menghibur, tapi juga bikin darah mendidih! Isinya mengenai hal-hal yang selama ini gak kita sadari hanya merujuk untuk pria. Contoh yang sederhana adalah ukuran handphone yang terlalu besar untuk tangan perempuan, ukuran bangku pesawat yang disesuaikan dengan pria, hingga pedal mobil yang terlalu panjang untuk perempuan.

Sesuai dengan quote dari penulis:

The result of this deeply male dominated culture is that the male experience, the male perspective, has come to be seen as universal, while the female experience—that of half the global population, after all—is see as, well, niche.”

Caroline criado perez

So, buku tentang women empowering gak melulu berat kan? Coba deh baca salah satu (atau semua!) dari ke-5 buku di atas. Semoga rekomendasi ini bisa terus menginspirasi kamu ya!

About Author

I speak beauty & gender equality. Writing for my own sanity and playing Animal Crossing daily.

No Comments

    Leave a Reply