Menu
Stories

5 Tradisi Lebaran yang Masih Bisa Dilakukan Selama Lebaran #dirumahaja

Ramadhan tahun ini, mungkin akan menjadi ramadhan yang paling dikenang oleh seluruh umat Muslim di dunia, termasuk Indonesia. Alasannya, sudah pasti karena adanya wabah Covid-19.   Hal – hal sederhana yang selalu menjadi ciri khas Ramadhan seakan hilang ditelan wabah. Mulai dari ditiadakannya solat berjamaah hingga pelaksanaan bukber atau buka bersama yang seringkali menjadi ajang silaturahmi, mau tidak mau juga harus ditiadakan, karena adanya arahan untuk melakukan physichal distancing

Seakan-akan momen untuk bertemu dan berkumpul berubah menjadi hal yang ‘membahayakan’ itu baru dua hal, lainnya, silahkan disebutkan sendiri yah! dan puncaknya adalah kemungkinan besar hari Raya Ied Fitri akan menjadi moment tersepi sepanjang masa, untuk kebaikan semua, kita harus merayakan lebaran dengan tetap #dirumahaja!

Duh rasanya, kalau mau di list banyak banget hal yang ingin dilakukan saat lebaran nanti. Mulai dari mudik, kumpul bareng keluarga besar, bagi-bagi angpou buat keponakan serta tradisi lainnya yang biasa dilakukan di hari Lebaran. Tapi, sebelum kita semakin emosi dengan banyaknya hal yang gak bisa kita lakukan saat lebaran nanti, ternyata masih ada loh beberapa tradisi lebaran yang masih bisa dilakukan walau hanya #dirumahaja. Apa saja sih tradisinya? Yuk simak dibawah ini.

Masak Ketupat

Ketupat seakan sudah menjadi sajian wajib yang harus hadir menemani lebaran kita dan dimasa pandemi seperti ini, kegiatan memasak dipercaya dapat menjadi release stress kita selama #dirumahaja. Sehingga, tradisi memasak ketupat sebisa mungkin harus tetap dilakukan agar suasana lebaran dirumah tetap terasa. Jangan lupa ditambah dengan lauk pauk berupa rendang, opor, sayur ketupat  dan tentu saja kue-kue kering khas lebaran sebagai pemanisnya.

Meski tidak ada keluarga yang datang berkunjung, menikmati ketupat dan makanan khas lebaran lainnya tetap harus menjadi tradisi lebaran tahun ini yah! 

Mengenakan Baju Lebaran

Siapa sih disini yang udah bosen banget dasteran selama menjalani wfh yang sudah berlangsung kurang lebih sekitar dua bulan lamanya ini? Mengenakan baju lebaran sekaligus berdandan bisa menjadi solusi untuk menaikan mood kamu saat merayakan hari lebaran #dirumahaja. Berdandan sekaligus memakai baju lebaran, why not? Tidak pergi kemana-mana bukan berarti kamu tidak boleh berias ataupun memakai baju yang bagus kan. Kamu bisa banget tetap beli baju lebaran kesukaan kamu ataupun memakai baju kesayangan kamu di hari lebaran nanti. Lalu, jika kamu suka, berdandanlah semenarik mungkin. 

Dilansir dari artikel yang berjudul Study Shows Makeup Affect Mood (https://www.collegefashion.net/) “a new study proves that makeup effects both your mood and also the way you are perceived socially.” berdasarkan hasil polling yang dilakukan oleh pelajar di London Collage of Fashion kepada 1,026 orang, 85% perempuan berpikir bahwa dengan berias dapat membantu meningkatkan mood mereka dalam menghadapi hari yang buruk. Jadi, tunggu apalagi, segera siapakan baju yang ingin kamu kenakan beserta look makeup yang akan kamu aplikasikan saat lebaran nanti. That would be an excited thing to do!

Halal bi Halal via Online

Big thanks to technology! Meski jarak memisahkan dan mudik tidak bisa dilakukan. Kita masih tetap bisa melakukan tradisi halal bi halal dengan keluarga besar loh, caranya tentu saja dengan memanfaatkan teknologi video communication. Buat janji dengan keluarga besar untuk melakukan video conferance, screenshoot layar kalian lalu upload ke social media. Biar tetap terasa seperti selfie bareng dengan keluarga besar. Selain itu, bisa disimpan juga sebagai kenang-kenangan foto lebaran bersama keluarga di tengah pandemi Covid-19 ini.

Bagi – Bagi Angpou

Nah, selanjutnya adalah tradisi favorite keponakan kecil kita yaitu bagi-bagi angpou. Meski biasanya saat lebaran kita akan membagikan angpou untuk keponakan – keponakan kecil kita, bagaimana kalau tahun ini tradisi bagi-bagi angpounya dialokasikan untuk membantu orang-orang yang lebih membutuhkan? Link untuk donasinya juga udah banyak banget, tinggal dipilih mau donasi kemana. Hal kecil yang kita bagikan, bisa jadi sangat bermanfaat untuk mereka yang sedang membutuhkan loh. 

Bermain Kembang Api 

Ramainya suara petasan yang selalu memeriahkan hari lebaran, bisa diganti dengan hal yang lebih aman berupa kembang api. Bermain kembang api di halaman rumah setelah kenyang menyantap hidangan lebaran, I think it’s a good idea to enliven our day of celebration at end of fasting moon, tentu saja dengan tetap #dirumahaja.

No Comments

    Leave a Reply