Menu
Stories

Menghilangkan Gugup Saat Public Speaking? Bisa Banget!

Pernah nggak sih kalian merasa gugup atau bahkan nggak PD saat harus berbicara di depan orang banyak? Saat presentasi di depan kelas misalnya? Well, buat sebagian dari kita berbicara di depan umum atau public speaking emang bisa jadi pengalaman yang menakutkan dan bikin cemas banget ya. Bahkan, saking menakutkannya, sadar nggak kalian kalau setiap kesempatan itu datang pasti sering banget kita hindari kan? 

“Yang lain aja dulu deh, jangan aku.”

“Duh, nggak siap banget deh. Takut!”

“Aku nggak biasa ngomong di depan orang banyak.”

“Aku nggak tau mau ngomong apa nanti, takut salah.”

Hayo, siapa yang sering begini?

Gapapa, gugup atau merasa nggak PD itu wajar banget kok. Apalagi buat sesuatu yang jarang kita lakukan. Soft skill yang satu ini emang menuntut kita buat terus latihan biar terbiasa. Kalau kata orang-orang, “practice makes perfect”. Terus, sebenernya apa aja sih cara yang bisa kita lakuin biar makin PD saat public speaking? Lewat artikel ini, aku akan membagikan beberapa tips yang bisa membantu kamu makin PD saat public speaking. Yuk, kita bahas!

  1. Pahami materinya

Yap! Tips yang satu ini memang kunci dari public speaking. Saat kita menyampaikan informasi kepada orang lain, perlu banget kita memahami informasi apa yang ingin kita sampaikan. Ibaratnya, kita adalah pemilik rumah, dan audience adalah tamunya. Kita harus bisa menyampaikan informasi yang ingin kita sampaikan dengan baik, agar dapat dipahami oleh mereka. Lalu, gimana sih caranya? Do your own research and preparation. Coba mulai dari mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya berkaitan dengan materimu.

  1. Do a lot of practice!

Seberapa banyak dari kalian yang mengaku gugup dan nggak PD saat public speaking karena tidak terbiasa? Ini bisa banget jadi solusi buat kamu!

“Bisa karena terbiasa” begitulah pepatah yang sering kita dengar. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, public speaking adalah salah satu soft skills yang menuntut kita untuk banyak berlatih. So, ayo terus berlatih dan manfaatkan setiap kesempatan yang datang. Jangan pernah merasa tidak mampu, ya! Kamu pasti bisa!

  1. Kenali Target Audience

Setelah paham materinya dan perbanyak latihan, lalu apa? Ketiga, kita harus mengenal siapa target audience kita. Setiap pendengar tentu memiliki karakteristiknya masing-masing dalam menerima informasi. Tugas kita sebagai speaker adalah menyesuaikan diri dengan mereka. Cara yang dapat kita lakukan bisa sesederhana menyesuaikan gaya bicara kita kepada mereka, apakah harus dengan gaya yang formal? atau justru gaya yang santai ala berbincang di kedai kopi dengan kaum milenial?

  1. Buat Catatan Rahasiamu

Materi yang banyak dan sulit dihafalkan memang bisa membuat kita stress saat akan melakukan public speaking, lho! Tapi tenang dulu, seorang public speaker juga boleh kok punya catatan rahasia. Catat poin-poin penting dari materi yang akan kamu sampaikan, untuk nantinya bisa kamu kembangkan dengan pemahamanmu yang telah kamu kuasai, ya. Dengan mencatat, tentunya fokus kamu tidak akan terpecah hanya karena pusing menghafal materi semalaman kan?

  1. Minta Feedback dari Orang Sekitarmu

Last but not least, kita juga bisa lho meminta bantuan teman, keluarga, atau pasangan kita untuk menilai penampilan kita saat public speaking. Coba minta feedback orang-orang terdekatmu, catat dan ingat dengan baik feedback positif dari mereka untuk bekal semangatmu kedepannya, ya! Selain feedback positif, kamu perlu tahu juga apa yang masih menjadi kekuranganmu untuk kamu perbaiki pada kesempatan selanjutnya.

Setelah mempraktekkan tips-tips di atas, semoga kamu semakin PD dan nggak takut lagi ya saat harus berbicara di depan umum! Jangan lupa berikan apresiasi tertinggi pada dirimu sendiri, because you’re incredible!

No Comments

    Leave a Reply