gagal menampilkan data

Article

5 Rekomendasi Buku Wajib Baca di 2021

Written by Alda Suwardi

Gimana, baca buku masuk ke resolusi kamu di tahun 2021 ini nggak? Kalau aku, iya banget! Aku punya target harus baca minimal 30 buku di tahun ini. Menurut aku buku itu bisa buka cakrawala, baca buku bisa 'mengisi' pengetahuan aku dengan fakta-fakta yang aku sama sekali nggak ketahui sebelumnya. Kali ini aku mau share lima rekomendasi buku-buku seru dan sarat ilmu buat dibaca di awal tahun 2021 pilihan Girls Beyond. Walaupun yang di daftar ini bukan buku-buku baru, tapi kalau kamu belum baca, wajib banget baca deh tahun ini!

1. Love for Imperfect Things - Haemin Sunim

Bacaan ringan namun penuh makna tentang kehidupan. Ditulis oleh seorang Biksu sekaligus penulis paling berpengaruh di Korea Selatan, Haemin Sunim. Buku ini bisa membantu kita untuk belajar lebih mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan yang kita miliki.

Baca buku ini betul-betul bikin hati damai dan adem. Kalau kamu lagi merasa cemas atau bingung, atau lagi merasa nggak tau arah hidup kamu mau kemana, coba baca buku ini deh!

2. You are a Badass at Making Money - Jen Sincero

Apa kamu termasuk orang yang sering merasa takut atau terintimidasi setiap bicara tentang uang? Apa menurutmu uang adalah topik yang tabu? Kalau iya, buku ini bisa mengubah mindset negatif kamu tentang uang. Dibawakan dengan bahasa yang ringan, Jen Sincero bercerita tentang pengalaman pribadinya dari bokek sampai bisa mencapai financial freedom yang Ia impikan.

Lewat buku ini, kamu bisa belajar cara-cara mudah untuk bisa lebih berdamai dan bersahabat dengan uang. Ternyata kalau kita mau mencapai sebuah financial goal, satu hal yang harus diperbaiki adalah relationship kita sama uang dulu!

3. Wild - Cheryl Strayed

Di usia 22 tahun, Cheryl Strayed harus ditinggal sang Ibu untuk selamanya karena kanker, keluarganya hancur berantakan, dan dirinya harus bercerai di usia yang sangat muda. 

She thought her life was over. Empat tahun setelahnya, dengan tujuan untuk menyembuhkan luka hatinya, Cheryl nekat mendaki Pacific Crest Trail, salah satu jalur pendakian terpanjang di Amerika Serikat. Tanpa latihan yang serius, Ia mendaki sejauh 1100 mil (setara 1700 km) seorang diri selama 94 hari. Selama mendaki Ia banyak belajar tentang dirinya sendiri, dan sedikit demi sedikit berdamai dengan trauma masa lalunya.

Wild adalah sebuah memoar yang menyayat hati sekaligus jujur dari seorang penulis Cheryl Strayed. Buku ini juga sempat dibuat film dengan judul yang sama, dengan Reese Witherspoon sebagai pemeran utamanya.

4. Gross Anatomy - Mara Altman

Kamu suka mikir nggak sih gimana awal mula suatu standar kecantikan itu bisa terbentuk? Misalnya, kenapa cewek yang rambutnya lurus dianggap lebih cantik? Kenapa cewek kurus lebih cantik dari cewek gendut? Siapa sih yang menentukan standar tersebut?

Jurnalis Mara Altman membawa kita menyelami asal muasal standar kecantikan di dunia bisa terbentuk. Altman mewawancarai dokter, ilmuwan, dan wellness guru untuk mencari jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas. Pembawaan Altman yang santai, kocak, dan penuh dengan pesan-pesan positif tentang perempuan dan body image, bikin buku ini menyenangkan banget untuk dibaca.

5. The Power of Habit - Charles Duhigg

Buku The Power of Habit menjelaskan secara dalam tentang bagaimana sebuah kebiasaan muncul pada seseorang. Di awal buku, Duhigg menjelaskan sifat-sifat natural manusia dan bagaimana hal tersebut bisa berpengaruh terhadap terbentuknya suatu kebiasaan.

Duhigg juga banyak mengambil contoh cerita nyata dalam konteks bisnis dan personal, supaya kita bisa sama-sama memahami apa yang menyebabkan sukses atau gagalnya sebuah habit terbentuk. Dibawakan dengan narasi yang ringan dan santai, buku ini cocok untuk kamu yang lagi berusaha membangun kebiasaan baik, dan menghapus kebiasaan buruk!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond