Menu
Real Stories

Shabrina Salsabila, Brand Manager Wardah: Menjadi Perempuan dan Pemimpin di Perusahaan Besar

Siapa sih yang nggak kenal dengan brand Wardah? Salah satu brand lokal ternama yang juga menjadi pionir brand beauty di Indonesia. Nah, kali ini Girls Beyond berkesempatan untuk mewawancarai salah satu sosok pemimpin perempuan di PT Paragon Technology & Innovation (PTI), perusahaan yang menaungi brand Wardah. Kenalan yuk dengan Shabrina Salsabila, atau akrab dipanggil Sabeu, Brand Manager di PTI. 

Apa sih rasanya jadi perempuan dan pemimpin di sebuah perusahaan besar? Seperti apa kultur kerja di PTI? Simak di artikel berikut ini, ya!

Hi Sabeu, apa kabar? Boleh tau nggak rutinitasmu di Paragon Technology & Innovation seperti apa? 

“Kabar baik, alhamdulillah.. Saat ini rutinitas harian aku di PTI adalah me-manage marketing activity untuk Wardah Makeup dan Wardah Malaysia. Jadi rutinitasnya mulai dari membantu tim product development menyiapkan proses New Product Development (NPD), mempersiapkan campaign dan materinya, mulai dari Above The Line (ATL) hingga Below The Line (BTL), serta supervisi dan evaluasi keberlangsungan campaign. Jadi kurang lebih melaksanakan proses PDCA: plan, do, check, and adjust.

Shabrina Salsabila, Brand Manager Wardah

Apa arti kata ‘empowered women’ bagi Sabeu?

“Bagiku, empowered women adalah perempuan berdaya yang dalam menjalankan hidupnya selalu progresif, selalui ingin melangkah maju, dan dalam setiap langkahnya selalu memberikan manfaat tak hanya bagi dirinya sendiri tapi juga bagi orang lain. Dampak yang diberikan tidak melulu harus besar, manfaat itu bisa juga berdampak positif untuk orang terdekat seperti keluarga, anak, sahabat, dan perempuan lain.”

Kita mengenal Wardah sebagai brand yang selalu terdepan dan inovatif dalam mengembangkan produk. Apa sih kuncinya? 

“Aku coba untuk merangkumnya dalam tiga poin ya. Pertama, kami di Wardah selalu berusaha update dengan global beauty trend dari para global expert, responsif dengan data dari market, aktif mengikuti workshop dan lain-lain. 

Kami juga selalu mengedepankan kebutuhan konsumen. Tidak hanya kebutuhan yang sifatnya fungsional saja, tetapi kebutuhan secara emosionalnya juga. 

Acara Press Conference Wardah

Terakhir, Tim Research & Development kami, didukung oleh teknologi yang mumpuni, cepat dalam melakukan formulasi dan pengembangan produk baru. Seluruhnya kami lakukan di Research and Innovation Center kami. Tim peneliti kamu seluruhnya adalah peneliti anak bangsa, lho!”

Wow, bangga banget ya! Brand ternama seperti Wardah ternyata betul-betul dibangun oleh anak-anak Indonesia. Ngomong-ngomong, apa sih value atau prinsip dari Paragon Technology & Innovation yang selalu dipegang dari dulu hingga sekarang?

“Paragon Technology & Innovation memiliki Innovation Culture yang tidak hanya mencakup proses pengembangan produk saja, tapi juga dalam ways of working, pengembangan teknologi, business process, dan lain-lain. Innovation Culture ini terdiri dari 5 core values sebagai berikut: 

  1. Ketuhanan (Faith in God), 
  2. Kepedulian (Care)
  3. Kerendahan Hati (Humility)
  4. Ketangguhan (Grit)
  5. Inovasi (Innovation)

Kami selalu menghadirkan Innovation Culture dan 5 core values ini saat melakukan segala proses di perusahaan. Mulai dari saat berinovasi, mengembangkan produk, dan sebagainya“

Menjadi perempuan dan seorang pemimpin di sebuah perusahaan besar. Apa suka dukanya bagi Sabeu?

“Aku mulai dari sukanya dulu, yah. Sukanya karena dapat berkarier di beauty industry, di mana konsumen mayoritasnya perempuan, dan mayoritas rekan kerja adalah perempuan juga. Jadi sebagai pemimpin aku aku merasa bisa lebih mudah untuk berempati kepada konsumen dan juga tim.

Selain itu, di PTI suasana ‘women empower women’-nya benar-benar terasa, hal ini bikin aku lebih semangat untuk berkarya. Tapi tentunya ada juga hal-hal yang lebih menantang sebagai seorang pemimpin dan perempuan. Aku harus pintar-pintar membagi waktu, prioritas, dan energi, sambil tidak lupa harus selalu mindful dalam setiap aktivitas yang dilakukan.

Mewakili Wardah di acara Beautycon, di Amerika Serikat

Katanya perempuan itu lebih pandai multitasking, tapi jadinya seringkali perempuan terlalu memaksakan diri untuk mengerjakan berbagai hal secara bersamaan. Menurutku ada baiknya bagi kita untuk lebih mindful dan fokus dalam satu pekerjaan, sebelum berpindah ke pekerjaan selanjutnya.”

Apa harapan Sabeu untuk perkembangan dunia beauty di Indonesia?

“Harapannya suatu saat Indonesia bisa menjadi kiblat bagi negara-negara lain dalam industri beauty, baik secara tren maupun produk-produk buatan lokal” 

Wardah juga dikenal sebagai brand yang peduli dengan pemberdayaan perempuan. Apa saja sih yang sudah dilakukan?

“Ya, betul. PTI mempekerjakan lebih dari 7000 perempuan Indonesia lintas tingkatan, dari tingkat operasional hingga tingkat direktur. Menyediakan lapangan kerja adalah salah satu usaha pemberdayaan perempuan yang dilakukan oleh Wardah. Selain itu, Wardah juga seringkali berkolaborasi dengan pihak eksternal seperti pelatihan make up untuk disabilitas, roadshow womenpreneur bersama komunitas perempuan, pemberdayaan ekonomi ibu-ibu di desa, pelatihan untuk santriwati di pesantren, dan mendukung komunitas yang bergerak di bidang pemberdayaan perempuan”

Virtual Conference untuk Wardah Ramadhan Campaign

Bagaimana kesan pesan dan pengalaman berkarir sebagai perempuan di Paragon Technology & Innovation? Seperti apa kultur kerja di PTI?

“Aku mulai bekerja di PTI dari awal lulus kuliah hingga sekarang sudah memasuki tahun ke-7. Kesannya luar biasa dan bangga sekali karena bisa turut berkontribusi dan menyaksikan PTI menjadi perusahaan Indonesia bisa menjadi No. 1 dan mengalahkan brand global. Selain itu, aku juga turut bangga saat ditunjuk menjadi salah satu tim yang membawa Wardah ke Malaysia sebagai bentuk ekspansi bisnis ke luar negeri. 

Mewakili Wardah di Dubai

Di PTI, kami didorong untuk terus berinovasi, supaya hari esok selalu lebih baik dari hari ini. Di sini kami berbagi mimpi yang sama untuk menjadikan perusahaan beauty Indonesia menjadi perusahaan yang bisa selalu memberikan manfaat, dan menjadi nomor 1 di negara sendiri. Mimpi-mimpi tersebut bisa terwujud atas dasar rasa percaya satu sama lain. Di PTI tidak menutup kemungkinan anggota tim yang lebih muda untuk meng-handle proyek besar, lho! Hal ini dilakukan supaya setiap anggota tim punya bekal yang banyak untuk selalu berkembang.”

Acara peluncuran produk di Wardah Malaysia

Wah, buat anak muda yang berkarier di PTI, ruang berkembangnya luas sekali ya! Btw, apa sih yang mendorong Wardah untuk support peluncuran buku It Starts with You Guided Journal kolaborasi antara Hanifa Ambadar dan Girls Beyond?

“Kami melihat adanya kesamaan tujuan dari diluncurkannya buku It Starts with You dengan misi Wardah, yaitu untuk empower perempuan Indonesia agar selalu bisa menjadi perempuan yang progresif, bisa mengaktualisasikan diri, dan berani mengejar mimpi-mimpinya. 

Selain itu kami percaya bahwa buku ini akan membawa banyak manfaat bagi pembacanya. Kami melihat hal ini sangat sesuai dengan value kebermanfaatan yang dimiliki oleh Wardah. Ditambah lagi dengan launchingnya produk baru kita yaitu Wardah Colorfit, serangkaian produk makeup yang modern dan tahan lama, memang diciptakan untuk perempuan muda yang sedang memulai langkah-langkah awal dalam menggapai mimpinya dan membutuhkan long lasting impression di dunia barunya”

Pertanyaan terakhir. Apa visi dari brand Wardah kedepannya? Ada long-term goals yang ingin dicapai?

“Visi dari brand Wardah adalah untuk menjadi global beauty brand yang bisa membuat semua orang merasakan manfaat dari beauty product yang berkualitas tinggi dengan harga yang affordable. Selain itu juga Wardah berkomitmen untuk selalu meng-encourage para penggunanya untuk mengekspresikan diri agar bisa memiliki impactful beauty yang tak hanya dirasakan dari tampilan saja, tetapi juga dari aksi baik yang dilakukan.”

No Comments

    Leave a Reply