Menu
Personal Growth / Stories

Untold Story Di Balik Perjalanan Meraih Mimpi Merry Riana

Siapa sih yang nggak tau Merry Riana? Sosok berprestasi yang dijuluki Wanita Sejuta Dolar.

Senang sekali segmen It Starts with You The Series minggu lalu, bekerjasama dengan Sunsilk, kedatangan langsung sosok Merry Riana, lho! Merry cerita banyak sekali tentang mimpinya sejak kecil, perjalanannya meraih mimpi ketika remaja, tantangan dari internal maupun eksternal yang datang selama prosesnya, dan mimpi-mimpi selanjutnya yang ingin dicapai.

Pasti temen-temen udah sering liat kan kalau kisah perjalanan Merry Riana sudah banyak diceritakan di berbagai media. Mulai dari publikasi media, buku-buku, hingga film biopik tentang kisah hidup Merry Riana yang berjudul Merry Riana: Mimpi Sejuta Dolar yang dirilis tahun 2014 lalu.

Tapi ada nggak sih untold story tentang perjalanan meraih mimpi yang belum pernah Merry Riana ceritakan dimanapun? Beruntung banget kita bisa dapetin banyak ceritanya di It Starts with You The Series, nih!

Merry Riana memutuskan meninggalkan Singapura ketika sudah sukses di sana.

“Banyak yang belum tahu bagaimana saya meninggalkan Singapura, negara yang saya tinggali selama beberapa belas tahun. Tempat saya membangun karir saya dari nol. Saya memutuskan kembali ke Indonesia dan menjual seluruh bisnis yang saya bangun di Singapura.”

Ternyata sebelum menjadi seorang motivator dan pengusaha di Indonesia, Merry Riana sudah memiliki bisnis yang sukses di Singapura. Tetapi didorong oleh purpose yang menjadi mimpi besar Merry untuk memberikan dampak yang lebih luas, Ia memutuskan untuk kembali ke Indonesia untuk membangun personal brand-nya, sebagai seorang motivator.

“Ini adalah satu janji yang saya ucapkan di usia 20 tahun. Suatu hari saya harus kembali ke Indonesia sebagai orang yang sukses. Mungkin ternyata Tuhan menagih janjinya, maka itu saya memutuskan untuk pulang”

Hmm.. Pengen denger lebih lengkap ceritanya? Bisa tonton langsung talkshow-nya ya!

Tantangan terbesar sebagai perempuan: The guilty feeling.

“Sebagai seorang perempuan, istri, dan Ibu, apapun yang kita lakukan pasti seringkali kita merasa bersalah. Am I doing the right thing? Bagaimana ya tanggapan keluarga? Sampai akhirnya saya merasa bahwa perasaan bersalah ini tidak produktif.”

Setuju nggak sih sama Merry? Perempuan seringkali merasa bersalah karena tekanan dan ekspektasi yang datang dari berbagai pihak terhadap diri kita. Kalau kita terus-terusan membawa perasaan bersalah itu, yang ada malah segala urusan nggak ada yang beres, beb!

Menurut Merry, cara terbaik mengatasi guilty feeling adalah dengan dua hal. Pertama, kita harus tau dulu kenapa sih kita punya mimpi tertentu? Kenapa kita memilih untuk menjalani pekerjaan yang kita kerjakan saat ini? Apa sih value hidup yang kita peraya? Apa yang kita inginkan untuk masa depan kita? Ketika seorang perempuan sudah tau dan paham, maka Ia akan lebih yakin dalam menjalani hidupnya tanpa perasaan bersalah.

Kedua, kita harus punya support system yang memadai. Setiap perempuan harus menyadari bahwa tidak semua hal bisa kita kerjakan sendiri, it’s okay to ask for help! Misalnya, komunikasikan perasaan kita kepada orang-orang terdekat.

“Biasanya kita udah merasa bersalah duluan saat ada waktu di mana kita fokus ke pekerjaan, misalnya ke suami. Padahal bisa saja itu hanya asumsi, lho. Jadi lebih baik dikomunikasikan aja” Kata Merry Riana terkait komunikasi dan support system.

Bener banget ya? Daripada kebanyakan asumsi, mendingan kita komunikasiin deh!

Merry Riana masih punya mimpi yang belum tercapai.

“Saya selalu mengevaluasi mimpi saya setiap 10 tahun. Di ulang tahun saya yang ke-40, saya punya mimpi untuk memberikan dampak positif yang lebih luas lagi ke dunia, bukan hanya di Indonesia saja. Saya ingin bisa memaksimalkan penggunaan teknologi untuk bisa mencapai mimpi saya ini”

Ternyata seorang Merry Riana dengan segala pencapaiannya masih punya banyak mimpi untuk dicapai kedepannya, lho! Setelah membangun program-program edukasi life skills dan ventures di bawah Merry Riana Group, ternyata Merry punya mimpi untuk membangun platform edukasi digital yang bisa digunakan di seluruh dunia. Katanya sih, semua program-program edukasi yang sudah dibentuk oleh Merry Riana Group akan disinergikan untuk menjadi sebuah platform digital. Keren banget ya!

“That’s really what I want to be focusing on and challenging myself for the next 10 years.”

Inspiratif banget nggak sih? Sukses terus untuk Merry Riana dan segala rencana-rencananya kedepan ya!

Bukan hanya Merry Riana aja, kamu juga bisa lho mewujudkan mimpi kamu. Walaupun pasti banyak tantangan dari internal maupun eksternal yang datang menghampiri, seperti perasaan ragu dengan diri sendiri atau orang yang tidak mendukungmu, atau bahkan meremehkanmu, kamu harus tetap yakin dengan passion-mu & percaya kalau kamu bisa mewujudkan mimpimu.

Yuk mulai dari sini, beranikan diri kamu mengambil langkah untuk mencapai mimpi itu!

Tuliskan mimpimu di microsite Sunsilk dan dapatkan beragam kelas pengembangan diri secara online GRATIS untuk mengasah potensimu. Mulai dari kelas soft skill seperti bagaimana merencanakan mimpi, mengenali potensi diri, mahir berkomunikasi, dan dapatkan sertifikat hingga voucher diskon Rp100.000 untuk akses kelas apapun di Skill Academy.

Tidak ada yang bisa menghentikanmu untuk bermimpi. Bersama Sunsilk, jadilah #TakTerhentikanTukBerkilau!

No Comments

    Leave a Reply