Menu
Stories

4 Tren Beauty Paling Viral di TikTok, Kamu Udah Tahu Belum?

Another day, another TikTok trends! Hari ini, TikTok hampir dianggap sebagai sumber informasi utama bagi para generasi muda. Mulai dari konten berita, edukasi, hingga hiburan, konten TikTok selalu memilik penggemar setianya. Tidak ketinggalan dunia beauty nih! Banyaknya beauty enthusiast yang membagikan konten seputar kecantikan di TikTok menjadikan beauty sebagai salah satu genre konten paling viral di aplikasi asal Tiongkok ini. 

Sejak awal pandemi di 2020, beragam tren seputar beauty berseliweran di TikTok hingga membuat heboh para komunitas pecinta dunia kecantikan! Apa aja sih tren yang paling viral di tahun 2021 dan awal 2022? Simak selengkapnya di artikel ini, ya!

  1. Penggunaan Air Beras untuk Rambut Berkilau

Air beras sempat mendulang pamor di TikTok karena dipercaya dapat membuat rambut lembut dan lebih berkilau. Dipopuleri oleh para Hairtoker (sebutan untuk para kreator di TikTok yang fokus membuat konten tentang rambut). Tren ini mendorong munculnya opini yang berbeda dari berbagai pakar. Di satu sisi, air beras dipercaya memiliki kandungan protein natural, vitamin, dan mineral yang sangat baik untuk menutrisi rambut. Namun, ada juga penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat air beras untuk rambut hanyalah mitos.

Kalau kamu tertarik untuk mencoba tren ini, setelah mencuci beras di dapur airnya jangan dibuang ya! Taruh di wadah tertutup dan diamkan selama 12-24 jam supaya proses fermentasi dapat berjalan. Bakteri yang terbentuk dari fermentasi itu lah yang dipercaya mengandung banyak vitamin dan mineral untuk rambut. 

Pindahkan air beras ke botol spray, dan DIY perawatan rambutmu siap digunakan. Semprot ke seluruh bagian rambut setelah selesai menggunakan sampo ya!

  1. Henna Freckles

Freckles alias bintik-bintik gelap pada wajah emang bikin tampilan seseorang jadi gemes, ya! Dimulai dari tren membuat faux freckles menggunakan produk makeup seperti eyeliner atau pensil alis, berkat TikTok sekarang mulai nge-in juga freckles yang dibuat dari tinta henna!

Terlihat dari video-video yang beredar, para kreator mengaplikasikan tinta henna di area wajah secara acak untuk meniru tampilan freckles. Tujuannya adalah supaya freckles buatan ini bisa bertahan lebih lama, kira-kira satu hingga dua minggu.

@babyoliv62

Reply to @babylilith44 here’s the process!! #hennafreckles

♬ original sound – pradasaint

Sebelum mencoba tren ini, pastikan kamu menggunakan produk henna yang tepat dan aman untuk wajah, ya! Cek tinta henna yang kamu punya, apakah produk tersebut diperuntukkan untuk rambut atau khusus untuk wajah? Perlu diingat juga, setiap kulit wajah memiliki tingkat sensitivitas yang berbeda-beda. Kamu bisa coba patch test terlebih dahulu, alias mengaplikasikan sedikit saja pada area yang tidak terlalu terekspos, untuk memastikan kulit wajahmu tidak memiliki respon negatif terhadap tinta henna.

  1. Sunscreen Contouring

Sebelum mulai membahas tren ini, peringatan dari aku: tren ini jangan ditiru ya temen-temen! Entah dari mana mulainya, tren sunscreen contouring dalam waktu singkat tersebar luas di TikTok. Inti dari tren ini adalah berjemur dengan menggunakan sunscreen di wajah, tetapi menyisakan beberapa area untuk tidak diberikan krim sunscreen. Tujuannya supaya area tersebut terlihat ‘lebih gelap’ seperti menggunakan produk contour.

Menurut berbagai kalangan dokter, tren ini bisa berbahaya karena kurangnya menggunakan sunscreen saat berjemur bisa mengakibatkan kulit terbakar hingga iritasi atau melepuh. Selain itu, kulit yang terus-terusan terpapar sinar matahari langsung dapat meningkatkan risiko kanker kulit. Jadi jangan ditiru ya tren ini!

  1. Beauty Blender Beku untuk Tampilan Pori-pori yang lebih Samar

Tren ini dimulai oleh @briana.pelaez, seorang kreator TikTok yang menjadi viral setelah mem-posting video dirinya saat menggunakan beauty sponge yang beku setelah dimasukkan ke dalam freezer. Terlihat Briana mengaplikasikan make up dengan sponge beku tersebut, dan hasil polesan make up-nya terlihat lebih glowing, tekstur wajah lebih halus, serti pori-pori terlihat lebih samar.

Video ini ditonton hingga 3 juta kali di TikTok. Banyak beauty enthusiast lain yang mengikuti tren ini dan respon yang diberikan cukup beragam. Ada yang merasa sangat puas dengan hasil TikTok hack ini dan kembali mempromosikan pada akun mereka, namun tidak sedikit juga yang memberikan klaim bahwa tren ini hanya mitos!

Kalau kamu punya masalah dengan tampilan pori-pori, menurutku lebih baik pakai cari yang pasti-pasti aja! Coba deh pakai Pore Tightening & Oil Control Serum dari Azarine. Serum wajah dengan Instammate Balancing Treatment yang efektif untuk mengontol sebum berlebih dan menyamarkan tampilan pori-pori. Produk ini diformulasikan tanpa alkohol, fragrance, BHA, dan oil, sehingga aman untuk kamu yang punya kulit sensitif. Oh iya, bahkan aman untuk ibu hamil dan menyusui juga, lho!

No Comments

    Leave a Reply