Menu
Stories

Kisah Perempuan Indonesia yang Sukses Bangun ‘Empire’ Mereka Sendiri

Kita sering banget denger nama Elon Musk, Mark Zuckerberg atau Nadiem Makarim ketika sedang membahas pengusaha yang bisa dibilang ‘sukses’. Tapi sebenernya banyak loh sosok pengusaha perempuan yang berhasil membesarkan bisnis nya menjadi sebuah ‘empire’ bagi dirinya sendiri.

Apa sih yang disebut sebagai ‘business empire’? Sebenarnya tidak ada definisi khususnya, tapi sering diasosiasikan dengan bisnis yang berhasil menghasilkan banyak unit bisnis lainnya. Tentunya mencapai hal tersebut nggak gampang, butuh waktu bertahun-tahun, kerja keras, kesabaran dan pastinya, keberuntungan. 

Perempuan-perempuan ini berhasil membangun bisnis yang terus berkembang dan memiliki manajemen yang baik hingga bisa melahirkan lini bisnis lain dibawahnya. Siapa saja mereka? Simak daftar dibawah ini !

  1. Nurhayati Subakat (Paragon Group)

Kamu pasti paling tidak pernah tahu brand yang dibuat oleh Bu Nurhayati. Beliau adalah salah satu pendiri dari Paragon Group, korporasi yang membawahi brand seperti Wardah, Emina, Make Over, Kahf, Instaperfect, Crystallure, dan lainnya. 

Perjalanan Bu Nurhayati pada awalnya tidak bisa dimulai mudah. Sebelumnya, Bu Nurhayati adalah seorang apoteker di rumah sakit di Bandung, kemudian ia pindah ke Jakarta setelah menikah dengan suaminya, Subakat Hadi. Ia sempat bekerja di perusahaan kosmetik multinasional sebagai staf pengendali mutu. Setelah ia resign dari perusahaan tersebut, ia bertekad untuk membuat perusahaan kosmetik sendiri yang berkualitas baik namun berharga terjangkau.

Akhirnya pada tahun 1985 ia bersama suami merintis usaha rumahan dengan produk haircare bernama Putri. Usahanya terus berkembang hingga memiliki 25 karyawan. Namun pada tahun 1990, ia mendapat musibah, pabriknya terbakar hingga ia harus terlilit utang. Dengan keberanian dan tekad yang kuat, beliau akhirnya mengambil kredit di bank dan menjalankan kembali usahanya. Wardah pun lahir di tahun 1995 dan menjadi brand kosmetik pertama dengan branding halal. Paragon pun terus berkembang dengan melahirkan brand-brand lain seperti Make Over di tahun 2010, dan Emina di tahun 2014. Sekarang Paragon memiliki 12.000 karyawan lebih yang tersebar di Indonesia dan Malaysia

  1. Shinta Nurfauzia (Lemonilo)

Shinta mengawali karirnya sebagai pengacara setelah sebelumnya ia merasa masalah keluarganya terbantu karena adanya sosok seorang pengacara. Shinta pun berhasil lulus jurusan hukum dari Universitas Indonesia. Setelah menjalani karir di hukum dan konsultansi selama beberapa tahun, pada umur 25 tahun ia mengalami quarter life crisis yang menyebabkan ia mempertanyakan apa lagi yang ingin dia kejar. Akhirnya Shinta berhasil mendapatkan beasiswa LPDP S2 ke Harvard Law School. 

Di Harvard, ia bertemu dengan partner bisnis nya Johaness Ardiant dan Ronald Wijaya yang akhirnya mereka mendirikan Lemonilo. Lemonilo awalnya adalah sebuah e-commerce yang berfokus pada healthy food. Kini, Lemonilo merambah memproduksi berbagai produk dengan brand sendiri seperti mie instan, camilan keripik, bumbu-bumbu dan lainnya. Shinta juga berujar ia memiliki visi kedepan untuk mengatasi berbagai masalah terkait healthy lifestyle. 

  1. Jessica Lin (Deca Group) 

Brand Everwhite beberapa tahun lalu sempat mengguncang para fans drakor dengan mengusung Kim Seon-Ho sebagai brand ambassador nya. Ternyata dibalik itu ada sang founder, Jessica Lin yang juga merupakan fans dari Kim Seon-Ho. Jessica Lin mendirikan Deca Group, korporasi yang membawahi brand skincare seperti Everwhite, Trueve, Whitelab, Everpure, Everslim dan masih banyak lagi. 

Berawal dari keinginan untuk mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang terjangkau, membuatnya mencari cara untuk menciptakan produk lokal yang tidak kalah dari produk luar. Jessica pun memberanikan diri untuk membuat brand Everwhite. Ia bahkan sempat mengalami masalah keuangan untuk modal produksi sampai harus menggunakan jasa Kredit Tanpa Agunan. Bersama suaminya, Jessica berhasil mendirikan multiple brands dibawah Deca Group dan memenangkan berbagai awards, termasuk Forbes 30 under 30.

Apakah kamu tertarik untuk start your own business empire? Kalau jawabannya iya, kamu wajib banget dateng ke acara JakartaXBeauty 2022 pada tanggal 28-31 Juli ini ! Karena disana kamu bisa networking dan ketemu dengan banyak banget kenalan dan temen baru. Siapa tahu bisa jadi potential business partner atau investor di bisnis kamu. Kamu bisa datengin acara #FDKopdar Community Session – Building a Gen Z Beauty Empire, dimana kamu bisa ketemu dengan member dari Female Daily Network

Acara ini juga dihadiri oleh ratusan brand beauty yang ngasih promo dan freebies yang super banyak. Rugi banget kalau kamu ketinggalan. Cara beli tiketnya, bisa dibeli di BliBli dengan harga spesial Early Bird atau kamu bisa datang langsung dan ngerasain keseruan acaranya di JCC Hall A & B Senayan. Untuk informasi selanjutnya kamu bisa follow Instagram @femaledailynetwork dan @fdxbeauty ya!

See you there !

No Comments

    Leave a Reply