Menu
Stories

Cara Mengatur Keuangan Bagi First Jobber

Abis dapat transfer gajian pertama pasti rasanya seneng banget ya. Rasanya pengen kita spend untuk beli barang-barang yang kita suka, atau traktir keluarga. Tapi kamu mesti tau nih, udah dapat gaji, itu berarti kamu udah mesti mulai belajar untuk mengelolanya.

Kenapa kita mesti belajar mengatur keuangan kita?

Banyak yang mengeluh bilang gaji cuma ‘numpang lewat’. Itu berarti keuangannya tidak di kontrol dengan baik. Kebiasaan mengatur keuangan dengan baik juga bakal kasih manfaat besar bagi kamu di masa depan, your future self will thank you!

Dengan mengatur pemasukan dan pengeluaran kamu, kamu jadi bisa bikin financial goals dan tentunya, achieving it.

Buat budgeting

Ini dia step yang penting banget tapi banyak yang males melakukannya. Padahal, di jaman sekarang udah banyak banget tools dan aplikasi yang bisa membantu kamu untuk bikin budgeting dengan mudah. Gaji pertama kamu rasanya sangat banyak, apalagi kalau ini pemasukan pertama kamu selain jajan dari orang tua. Tapi mesti diingat banyak juga pengeluaran yang harus keluar ketika kamu sudah memulai bekerja. Nah, kamu bisa bikin estimasi kira-kira berapa pengeluaranmu yang pasti keluar. Misalnya, untuk beli makan, listrik, kebutuhan rumah tangga, biaya transportasi, pulsa, dan lainnya. Kamu bisa pakai Notion, Google Sheets, Excel, atau aplikasi di Play Store dan App Store.

Template budget planning di Notion

Sediakan rekening terpisah untuk tabungan

Setelah kamu tahu berapa banyak yang kamu butuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kamu bisa mulai pakai rumus 50/30/20. Jadi, kamu bisa alokasikan 50% gaji kamu untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan, jajanan, entertainment dan 20% sisanya untuk ditabung. Nah, ada baiknya kalau kamu punya rekening terpisah untuk tabungan dari rekening yang kamu gunakan untuk pengeluaran sehari-hari. Kenapa? supaya kamu nggak tergoda untuk ngambil uang tabungan kamu.

Gimana cara bedain needs vs wants? Needs itu adalah segala hal yang kamu butuhkan untuk hidup dan berfungsi memenuhi role kamu. Sementara ‘wants’ itu semua yang kamu inginkan tapi belum tentu kamu butuhkan. Misalnya, untuk menjaga kesehatan kulit, kamu butuh skincare. Tapi lipstick baru dengan shade yang kamu suka? Bisa aja itu wants. Kamu mesti cermat mengatur yang mana yang kamu harus prioritaskan, karena hanya kamu sendiri yang tahu kebutuhanmu.

Kamu bisa banget menghemat pengeluaran untuk your beauty needs dengan datang ke acara JakartaXBeauty yang diadakan oleh Female Daily Network. Ada ratusan brand beauty yang memberikan diskon, promo dan freebies! Yuk manfaatin diskon nya supaya kamu bisa berhemat dan nabung lebih banyak.

Cara beli tiketnya, bisa dibeli di BliBli dengan harga spesial Early Bird atau kamu bisa datang langsung dan ngerasain keseruan acaranya di JCC Hall A & B Senayan. Untuk informasi selanjutnya kamu bisa follow Instagram @femaledailynetwork dan @fdxbeauty ya!

No Comments

    Leave a Reply