Menu
Scholarship

8 Beasiswa Khusus Perempuan, Kamu Perlu Tahu!

Kamu pasti familiar, dong dengan sosok R. A. Kartini? Pahlawan nasional asal Jepara, Jawa Tengah tersebut dikenal karena memperjuangkan emansipasi perempuan dalam bidang pendidikan. Dulunya, cuma laki-laki yang boleh mengenyam pendidikan formal. Sementara perempuan, termasuk Kartini, hanya boleh tinggal di rumah aja. Bahkan ketika memasuki masa pubertas, perempuan-perempuan pada zaman itu bakal dipingit atau “dikurung” di dalam kamarnya hingga ada laki-laki yang untuk melamar mereka. 

Kartini menyadari bahwa hal tersebut sangatlah nggak adil. Karenanya, setelah menikah dengan suaminya yang merupakan bupati Rembang, Kartini berinisiatif mendirikan sekolah khusus perempuan di kantor kabupaten. Sayangnya, kiprah Kartini hanya seumur jagung. Di usianya yang baru 25 tahun, ia meninggal dunia setelah melahirkan putra semata wayangnya. 

Pahlawan emansipasi perempuan Indonesia, R. A. Kartini

Meski demikian, buah-buah pemikiran Kartini terekam dalam surat-surat yang pernah ia tulis. Surat-surat tersebut yang kemudian menginspirasi upaya kesetaraan gender dalam dunia pendidikan Indonesia. Hasilnya pun bisa kamu rasakan sendiri saat ini. Perempuan nggak lagi dilarang bersekolah seperti dulu.

Walau begitu, realitanya diskriminasi gender masih sering terjadi dalam dunia pendidikan. Masih ada sebagian orang yang beranggapan bahwa perempuan nggak perlu sekolah tinggi-tinggi. Ada juga beberapa jurusan atau instansi yang lebih mengutamakan murid atau mahasiswa laki-laki daripada perempuan. 

Tapi, jangan khawatir, girls! Tahukah kamu kalau saat ini mulai banyak beasiswa yang dikhususkan untuk perempuan? Hal ini merupakan salah satu upaya untuk memerangi kesenjangan gender di bidang pendidikan. 

Yuk, simak daftar beasiswa khusus perempuan di bawah ini!

American Association of University Women (AAUW)

American Association of University Women (AAUW) merupakan sebuah organisasi nirlaba asal Amerika Serikat yang berkomitmen dalam pendidikan bagi perempuan. AAUW menawarkan bantuan pendidikan dalam bentuk beasiswa, hibah, dan fellowships

Kalau kamu tertarik melanjutkan pendidikan S2, S3, maupun post-doctoral di AS, kamu bisa mencoba program International Fellowships yang ditawarkan oleh AAUW. Kamu akan mendapatkan bantuan biaya pendidikan sebesar 20-50 ribu dollar AS.

Selain program International Fellowships, AAUW juga menawarkan International Project Grants. Hibah ini diberikan kepada penerima International Fellowships yang telah kembali ke negara asalnya. Hibah yang diberikan sebesar 5-7 ribu dollar AS. 

Kamu bisa cek informasi lebih detail mengenai program beasiswa dan hibah dari AAUW di https://www.aauw.org/resources/programs/fellowships-grants/current-opportunities/, ya. 

Margaret McNamara Education Grants (MMEG)

Nggak jauh beda dengan AAUW, Margaret McNamara Education Grants (MMEG) adalah sebuah organisasi nirlaba asal Amerika Serikat yang punya visi memberdayakan perempuan dari negara-negara berkembang dalam bidang pendidikan. Organisasi ini terinspirasi oleh sosok Margaret McNamara, istri Presiden Bank Dunia ke-5, Robert McNamara yang memiliki perhatian besar terhadap pendidikan bagi perempuan. 

Melalui program beasiswa yang ditawarkan oleh MMEG, kamu bisa berkuliah di universitas top yang ada di AS, Kanada, Afrika Selatan, maupun Amerika Latin. Bantuan pendidikan yang diberikan sebesar 7-15 ribu dollar AS untuk masing-masing penerima beasiswa. 

Kalau kamu tertarik dengan beasiswa MMEG, kamu bisa cek informasi selengkapnya di https://www.mmeg.org/apply

Beasiswa Perdamaian Internasional P.E.O

Beasiswa ini diperuntukkan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di Amerika Serikat atau Kanada. Bantuan yang diberikan melalui program Beasiswa Perdamaian Internasional sebesar 12,5 ribu dollar AS per orang. 

Sesuai namanya, penerima Beasiswa Perdamaian Internasional diharapkan dapat mewujudkan agenda perdamaian dunia setelah menyelesaikan studinya. Dengan beasiswa ini, kamu bisa berkuliah di kampus-kampus terakreditasi di AS maupun Kanada, termasuk Cottey College, universitas swasta khusus perempuan di Nevada, Missouri, AS yang bernaung di bawah P.E.O Sisterhood.

Kamu yang tertarik dengan program Beasiswa Perdamaian Internasional dari P.E.O bisa mengecek informasi detailnya di https://www.peointernational.org/ips

Google Women Techmakers Scholars Program

Sesuai namanya, beasiswa ini ditawarkan oleh Google untuk perempuan dari berbagai belahan dunia yang berkuliah di bidang Computer Science atau Computer Engineering. Hal ini guna mewujudkan kesetaraan gender di bidang STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang selama ini didominasi oleh laki-laki. 

Melalui program Google Women Techmakers Scholars, Google memberikan bantuan dana pendidikan sebesar 10 ribu dollar AS untuk jenjang pendidikan S1 dan S2. Selain itu, Google juga memberikan beasiswa bagi perempuan yang menempuh pendidikan yang berkaitan dengan gaming, seperti game programming, game engineering, game design, dan game development

Buat kamu yang ingin berkuliah di bidang ilmu dan teknologi komputer, kamu bisa cek informasi selengkapnya tentang Google Women Techmakers Scholars Program di https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/google-scholarship-recipients

FINCAD Women in Finance Scholarship 

Nah, kalau beasiswa yang satu ini khusus buat kamu yang berkuliah di bidang keuangan. Beasiswa dari FINCAD ini diberikan kepada perempuan yang sedang menempuh pendidikan S2 dan S3. Fokus studi yang diutamakan oleh FINCAD, yaitu manajemen aset finansial, manajemen risiko pasar, dan pasar modal.

Dana pendidikan yang diberikan dalam program Women in Finance Scholarship sebesar 20 ribu dollar AS. Syarat penerima beasiswa ini juga sangat sederhana, yaitu mahasiswi S2 atau S3 dari universitas terakreditasi dengan pengalaman kerja di bawah 10 tahun. 

Kamu bisa melihat informasi selengkapnya mengenai program beasiswa ini di https://fincad.com/about#women-in-finance

Princess Nourah University Scholarship

Kamu tertarik berkuliah di Arab Saudi? Princess Nourah University bisa jadi kampus tujuan kamu di sana! Kampus ini merupakan universitas negeri khusus perempuan yang ada di Riyadh. Princess Nourah University juga menawarkan beasiswa untuk mahasiswi internasional, loh.

Beasiswa dari Princess Nourah University nggak cuma menyokong biaya pendidikan kamu selama berkuliah di sana. Kamu juga akan mendapatkan fasilitas asrama, layanan kesehatan, buku penunjang perkuliahan, hingga potongan biaya makan sehari-hari. Selain itu, apabila kamu berhasil membuktikan prestasimu di kampus, kamu juga akan mendapatkan reward sebesar 1.000 riyals per tahun. 

Menarik, ‘kan? Kamu bisa cek informasi selengkapnya di https://www.pnu.edu.sa/en/pages/scholarships.aspx, ya. 

Beasiswa Toeti Heraty

Nggak cuma beasiswa internasional, ternyata Indonesia juga punya sejumlah beasiswa khusus perempuan untuk kamu yang berkuliah di dalam negeri. Beasiswa Toeti Heraty dari Yayasan Jurnal Perempuan merupakan salah satunya.

Beasiswa ini memiliki misi utama memberdayakan perempuan dalam bidang ilmu filsafat dan kajian gender. Dana pendidikan yang diberikan sebesar 5-15 juta per tahun dan berlaku bagi mahasiswi S1, S2, hingga S3. Selain itu, penerima Beasiswa Toeti Heraty juga berkesempatan magang selama 3 bulan di Yayasan Jurnal Perempuan.

Nah, buat kamu yang tertarik, kamu bisa baca informasi lebih lengkapnya di https://www.jurnalperempuan.org/toeti-heraty-scholarship.html

Beasiswa Glow and Lovely

Beasiswa ini ditawarkan oleh salah satu brand produk kecantikan ternama, Glow and Lovely. Program yang disebut juga sebagai Bintang Beasiswa ini diberikan kepada perempuan yang ingin melanjutkan pendidikan S1 di PTN seluruh Indonesia.

Dana pendidikan dari beasiswa ini didistribusikan di setiap awal semester ganjil. Selain bantuan pendidikan secara tunai, program Beasiswa Glow and Lovely juga memberikan capacity building bagi para penerimanya selama 4 tahun penuh.

Informasi lengkap mengenai Beasiswa Glow and Lovely dapat kamu simak di https://www.kelasberbagicerah.com/id/beasiswa

Nah, itu tadi 8 beasiswa khusus perempuan yang bisa kamu coba. Selamat mencoba dan semoga berhasil, girls!

Kalau kamu ingin sharing seputar pendidikan, beasiswa, dan karir, Girls Beyond Circle adalah tempat yang tepat buat kamu! Yuk, klik di sini buat gabung!

No Comments

    Leave a Reply