Menu
Career

Tips Bangkit Lagi Setelah Kena PHK

Siapa, sih yang nggak sedih ketika mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK)? PHK merupakan salah satu mimpi terburuk bagi setiap pegawai tanpa terkecuali. Sebab, PHK nggak cuma dialami oleh pegawai yang dianggap kurang kompeten. Pegawai-pegawai dengan kinerja baik pun nggak luput dari ancaman PHK karena beberapa faktor, salah satunya kebangkrutan dan kerugian finansial yang dialami perusahaan, sehingga terpaksa memotong jumlah pegawai. 

Sejak virus corona mewabah hampir tiga tahun yang lalu, PHK massal atau lay-off seolah menjadi hal lumrah di dunia kerja. Belakangan ini, banyak perusahaan yang melakukan PHK massal akibat inflasi dan berbagai krisis ekonomi lainnya sebagai buntut dari pandemi COVID-19 dan konflik antarnegara di belahan dunia lain. 

Kamu sendiri mungkin merupakan salah satu pegawai yang mengalami PHK massal. Namun, jangan berkecil hati, girls! PHK bukanlah akhir dari segalanya! Berikut beberapa tips buat kamu supaya bisa bangkit lagi setelah mengalami PHK.

Merefleksikan Kinerja Selama Ini

Pernah nggak, sih kamu melihat orang yang sering banget kena PHK? Padahal baru kemarin keterima di satu perusahaan, eh nggak lama kemudian udah di-PHK lagi, lalu pindah lagi ke tempat kerja baru. Nggak lama kemudian kena PHK lagi, begitu seterusnya. 

Hal seperti ini bisa terjadi apabila kamu nggak mau merefleksikan kinerja kamu sebagai pegawai, girls. Kurangnya introspeksi diri bikin kita jadi kurang mengenal diri sendiri juga. Alhasil, kita sering mengulang kesalahan yang sama. Dalam konteks pekerjaan, kebiasaan buruk ini bisa berakibat fatal, yaitu lama-lama nggak ada lagi perusahaan yang mau mempekerjakan kamu. 

Karenanya, yang perlu kamu lakukan setelah mengalami PHK adalah merefleksikan kinerja kamu selama ini. Kenali kelebihan dan kekurangan kamu sebagai seorang pekerja, serta keberhasilan maupun kesalahan yang pernah kamu lakukan di tempat kerja kamu sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan jauh lebih siap bekerja di tempat baru.

Jangan Tergesa-gesa Mencari Pekerjaan Baru

Setelah mengalami PHK, kebanyakan orang pasti inginnya segera mendapat pekerjaan baru. Hal ini sebenarnya wajar, karena kita punya kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Namun, kamu tetap harus berhati-hati dalam proses mencari kerja, ya, girls

Nggak sedikit orang yang cenderung impulsif dan tergesa-gesa dalam mencari pekerjaan baru setelah di-PHK. Akibatnya, kamu nggak bisa melalui proses rekrutmen secara optimal. Alih-alih dapat pekerjaan baru, kamu malah nggak lolos-lolos seleksi. Selain itu, kamu juga jadi rentan terkena penipuan berkedok lowongan kerja karena kurang teliti dalam melamar pekerjaan. 

Karenanya, tetap bersikap tenang, cermat, dan bijaksana saat mencari pekerjaan baru, ya, girls.

Mengatur Ulang Keuangan

Kehilangan pekerjaan berarti kehilangan sumber penghasilan. Mau nggak mau, kamu harus menyiasati situasi finansialmu setelah kamu di-PHK, dan belum mendapat pekerjaan baru. Kamu harus menghemat pengeluaran supaya nggak keteteran. 

Setelah mengalami PHK, pastikan kamu mengatur ulang keuanganmu. Misalnya, menunda hal-hal yang bukan kebutuhan primer alias sifatnya nggak mendesak. Kalau kamu biasanya belanja di supermarket, kamu bisa mulai berbelanja di pasar atau tukang sayur keliling yang harganya relatif lebih ekonomis. Kalau kamu biasanya membeli deterjen merek A, kamu bisa membeli deterjen merek B yang harganya lebih murah. 

Kamu juga bisa mengambil opsi meminjam uang melalui kredit bank maupun penyedia jasa keuangan lainnya. Namun, kamu perlu berhati-hati, ya dalam melakukannya. Pastikan keputusan tersebut diambil atas pertimbangan yang matang. Jangan sampai di kemudian hari kamu mendapat masalah karena nggak mampu membayar tagihan kreditmu. Selain itu, jangan sampai kamu terkena penipuan oleh pihak-pihak nggak bertanggungjawab, ya.

Berinteraksi dengan Kenalan

Kamu pasti sudah tahu, dong kalau pekerjaan bisa datang dari mana saja, termasuk dari koneksi dengan kenalan. Karenanya, penting buat kamu untuk menjaga hubungan baik dengan keluarga, sanak saudara, teman, maupun rekan kerja kamu sebelumnya. Bisa jadi kamu justru mendapat tawaran pekerjaan dari mereka. 

Berinteraksi dengan orang-orang terdekat juga bisa membantu kamu mengurangi stres setelah terkena PHK. Kamu punya wadah untuk berkeluh-kesah, dan mereka pun dapat memberikan solusi atas masalah yang tengah kamu hadapi. 

Mengikuti Kursus Pengembangan Skill

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan setelah terkena PHK adalah mengembangkan dan mengasah skill yang kamu punya. Saat ini, banyak lembaga atau komunitas yang membuka kursus pengembangan skill dengan biaya terjangkau, serta bisa diakses secara online. Jadi, kamu bisa mengikuti kursus dari rumah hanya dengan bermodalkan gadget saja.

Mengikuti kursus pengembangan skill jelas bikin kamu punya poin plus saat hendak melamar pekerjaan baru nantinya. Bahkan, kesempatan kerja yang kamu punya pun bisa jadi lebih luas.

Mencari Hobi Baru

Setelah mengalami PHK, kamu bisa mengisi waktu dengan mencari hobi baru yang produktif dan bermanfaat. Contohnya, memasak, merajut, bercocok tanam, melukis, dan sebagainya. Hal ini bisa membantu kamu mengurangi stres akibat terkena PHK.

Selain itu, hobi yang kamu punya juga bisa berkembang jadi sumber penghasilan kamu. Kamu bisa memulai usahamu sendiri, atau mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobi kamu nantinya. 

Mempertimbangkan Opsi Kerja Freelance atau Membuka Usaha Sendiri

Selain mencari pekerjaan baru, kamu juga bisa mempertimbangkan opsi kerja freelance. Bekerja secara freelance cocok untuk kamu, terutama yang bergerak di bidang pekerjaan yang berkaitan dengan teknologi, penerjemahan, dan pembuatan konten. Pekerjaan freelance juga relatif fleksibel, baik dari segi waktu maupun beban kerja. Kamu nggak akan terikat kontrak dengan perusahaan tertentu, dan bisa melakukan pekerjaanmu dari rumah. 

Kamu juga bisa membuka bisnis sendiri. Nggak sedikit, loh orang yang banting setir jadi pengusaha setelah terkena PHK. Selain itu, kamu bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dengan usaha yang kamu punya. 

Nah, itu tadi beberapa tips bangkit setelah mengalami PHK yang bisa kamu terapkan, ya. Tetap semangat dan jangan putus asa, girls! Kamu pasti bisa!

Mau sharing seputar karir dengan sesama cewek keren dari seluruh Indonesia? Yuk, gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini, ya!

No Comments

    Leave a Reply