Menu
Health

5 Rekomendasi Layanan Psikolog Mudah dan Murah di Indonesia

Tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia. Peringatan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kesehatan mental. 

Tahukah kamu bahwa Indonesia termasuk salah satu negara dengan angka orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) yang relatif tinggi? Prevalensi ODGJ di Indonesia adalah 1:5 alias 20% dari keseluruhan populasi. Selain itu, data dari Badan Penelitian dan Pembangunan Kesehatan (Litbangkes) menemukan bahwa setiap tahun jumlah penduduk Indonesia yang bunuh diri mencapai 1.800 orang, atau setara dengan 5 orang per hari. Hampir separuh di antaranya pun masuk dalam usia anak dan remaja, serta usia produktif.

Karenanya, PR kita nggak cuma meningkatkan kesadaran akan kesehatan mental, tetapi juga kualitas pelayanannya. Hari Kesehatan Mental Sedunia seharusnya menjadi wake up call bagi sektor kesehatan Indonesia untuk terus meningkatkan mutu pelayanan dan fasilitas kesehatan mental. Sebab, nggak sedikit, loh ODGJ yang kesulitan mendapatkan penanganan karena masalah aksesibilitas. Contohnya, fasilitas kesehatan mental yang belum merata, atau biaya yang kurang terjangkau. Belum lagi nggak sedikit kasus ketika pasien bertemu dengan oknum tenaga kesehatan yang judgmental dan diskriminatif.

Namun, jangan khawatir dulu, girls! Saat ini, sudah cukup banyak layanan kesehatan mental yang mudah diakses dengan biaya terjangkau. Tenaga kesehatannya pun dijamin profesional dan siap melayani kamu tanpa pandang bulu.

Baca juga: Hindari Self Diagnosis, Segera ke Psikolog atau Psikiater Kalau Kamu Alami 10 Gejala Ini

Berikut adalah 5 layanan kesehatan mental yang bisa kamu jadikan pilihan!

Riliv

Riliv adalah aplikasi kesehatan mental pertama di Indonesia. Melalui aplikasi ini, kamu bisa berkonsultasi dengan konselor atau psikolog sesuai dengan kebutuhan dan permasalahanmu. Sesi konseling dapat dilakukan via chat, telepon, maupun video call. Riliv menyediakan berbagai paket layanan konseling dengan harga yang beragam, mulai dari 100 ribu rupiah untuk satu kali sesi selama 60 menit. 

Selain konseling, aplikasi Riliv juga menyediakan fitur meditasi, loh. Fitur ini dilengkapi dengan koleksi audio yang bikin suasana hati jadi lebih tenang dan pikiran lebih mindful. Kamu juga bisa melakukan guided meditation dengan aplikasi Riliv. Guided meditation ini cocok buat kamu yang baru pertama kali mencoba meditasi, atau sering sulit berkonsentrasi saat meditasi.

Aplikasi Riliv bisa kamu download di Google Play maupun App Store. Kamu bisa kunjungi situs resmi Riliv di https://riliv.co/ untuk cari tahu lebih lengkap soal aplikasi ini.

KALM

Selain Riliv, aplikasi kesehatan mental yang satu ini nggak kalah oke. KALM merupakan platform konseling online yang berbasis di Indonesia. KALM mengkurasi konselor dan psikolog berkualitas yang disebut “kalmselor”. 

KALM menyediakan fitur konseling via chat yang bersistem on-going. Layanan konseling yang ditawarkan berlangsung selama tiga hari dengan balasan yang nggak bersifat real time. Layanan ini bertujuan supaya kamu punya waktu untuk refleksi, bisa konseling sembari tetap melakukan aktivitas sehari-hari, dan lebih santai ketika berkonsultasi dengan kalmselor. Harga yang dipasang pun relatif terjangkau, yaitu mulai 99 ribu rupiah saja. 

Selain konseling on-going via chat, kamu juga bisa berkonsultasi via video call melalui aplikasi telekonferensi Zoom. Khusus video counseling, terdapat 2 jenis layanan, yaitu 1-on-1 atau konseling pribadi dan couple atau konseling pasangan. Tarif video counseling KALM sekitar 350-500 ribu dengan durasi 50-75 menit.

Aplikasi KALM bisa kamu download melalui Google Play atau App Store. Cek https://get-kalm.com/#/ untuk informasi selengkapnya tentang KALM, ya.

Baca juga: 5 Film Indonesia yang Bahas Kesehatan Mental

Halodoc

Kamu mungkin sudah cukup familiar dengan yang satu ini. Halodoc merupakan website sekaligus aplikasi layanan kesehatan yang didirikan sejak tahun 2016. Halodoc nggak cuma memberikan informasi seputar kesehatan, tetapi juga menghubungkan pasien dengan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan, dan toko kesehatan atau apotek. 

Layanan yang diberikan mencakup layanan kesehatan mental. Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa berkonsultasi dengan psikolog maupun psikiater melalui chat atau video call. Kamu juga bisa membuat janji untuk konseling secara tatap muka dengan tenaga profesional yang paling dekat dengan lokasimu saat ini.

Biaya konseling online melalui aplikasi Halodoc pun relatif murah, yaitu mulai dari 35-50 ribu saja untuk satu kali sesi. Aplikasi Halodoc bisa di-download melalui Google Play atau App Store. Kamu bisa cek situs https://www.halodoc.com/ untuk cari tahu lebih banyak soal layanan di Halodoc.

Psylution

Ingin mengakses konseling online tanpa melalui aplikasi? Kamu bisa mencoba layanan dari Psylution. Meskipun baru didirikan pada tahun 2020, tetapi Psylution telah menjadi salah satu lembaga psikologi yang paling terpercaya di Indonesia. Lembaga ini memiliki tujuan utama membuat layanan psikologis menjadi terjangkau untuk semua orang. Karenanya, Psylution membuka konseling secara online dengan harga yang ramah di kantong. 

Psylution juga memiliki mitra psikolog dengan jam terbang, spesialisasi, dan tarif yang beragam. Kamu juga bisa meminta bantuan contact person atau admin Psylution jika kamu kebingungan memilih psikolog yang sesuai dengan kondisi atau kebutuhanmu. Saat ini, Psylution juga sudah membuka layanan konseling tatap muka di Bizzcentrum, Menteng, Jakarta Pusat. 

Selain layanan konseling, Psylution juga sering banget mengadakan webinar yang mengangkat isu seputar kesehatan mental dan menghadirkan narasumber terpercaya. Bahkan nggak jarang webinarnya diadakan secara gratis! Kamu bisa banget mengikuti webinar-webinar dari Psylution untuk belajar lebih banyak seputar kesehatan mental.

Nah, buat kamu yang tertarik dengan layanan konseling dari Psylution, kamu bisa cek informasi selengkapnya di situs https://www.psylution.id atau akun Instagram @psylution.id.

Yayasan Pulih

Lembaga penyedia layanan kesehatan mental yang satu ini bisa dikatakan cukup unik. Yayasan Pulih terkenal sebagai organisasi nirlaba yang menaruh perhatian khusus pada isu kesehatan mental akibat kekerasan berbasis gender (KBG), seperti pemerkosaan, pelecehan seksual, kekerasan dalam pacaran, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), dan sebagainya. Jika kamu atau orang terdekatmu merupakan korban KBG yang sedang membutuhkan pemulihan psikis, Yayasan Pulih adalah pilihan yang tepat. 

Baca juga: Bahaya Dampak Kekerasan Seksual: Dari Fisik Hingga Mental

Yayasan Pulih menyediakan layanan konseling online maupun offline. Untuk konseling online, kamu cukup membayar sebesar 150 ribu rupiah untuk sekali sesi melalui Google Hangouts. Sementara itu, tarif untuk konseling offline adalah 200-300 ribu rupiah per sesi. Uniknya, Yayasan Pulih menerapkan sistem subsidi silang dalam hal pembayaran konseling. Yayasan Pulih akan mempertimbangkan pengurangan hingga penggratisan biaya bagi klien yang kurang mampu. 

Di sisi lain, Yayasan Pulih juga terbuka kepada klien yang memberikan bayaran lebih. Kamu juga bisa memberikan dukungan melalui donasi, serta membeli buku atau merchandise dari Yayasan Pulih. Hasil donasi maupun keuntungan dari penjualan buku dan merchandise tersebut akan digunakan untuk memberikan layanan konseling yang optimal bagi klien yang terbatas secara finansial. 

Kamu bisa cek informasi detail soal Yayasan Pulih di situs resmi https://yayasanpulih.org/ atau akun Instagram @yayasanpulih, ya. 

Nah, itu tadi 5 layanan kesehatan mental di Indonesia yang recommended dan terpercaya. Jika kamu merasakan adanya tanda-tanda gangguan pada kondisi mental kamu, jangan ragu untuk segera menghubungi tenaga profesional. Perlu diingat juga kalau kamu nggak boleh self diagnosis atau mendiagnosis dirimu sendiri dengan kondisi kejiwaan tertentu, ya, girls! Sebab, akibatnya bisa sangat fatal! Tetap semangat, tetap jaga diri, dan semoga sehat selalu!

Baca juga: Dalami Isu Mental Health Lewat 5 Buku Ini!

Pengen sharing lebih banyak seputar kesehatan mental? Girls Beyond Circle is the right place for you! Yuk, klik di sini untuk bergabung! Kami tunggu kehadiranmu, girls!

No Comments

    Leave a Reply