Menu
Education

5 Jurusan Teknik yang Direkomendasikan bagi Perempuan

Teknik merupakan salah satu bidang keilmuan yang identik dengan laki-laki. Data dari American Association of University Women (AAUW) menunjukkan bahwa partisipasi perempuan dalam bidang STEM hanya 28% saja. 

Minimnya partisipasi perempuan di bidang STEM dikarenakan adanya anggapan bahwa laki-laki lebih cocok berkecimpung di sana. Masih banyak orang yang percaya bahwa perempuan lebih mengandalkan emosi daripada logika. Karenanya, perempuan dianggap nggak cocok kuliah atau kerja di bidang STEM.

Namun, jangan patah semangat dulu, girls! Pada dasarnya, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menuntut ilmu dan bekerja. Buat kamu yang ingin terjun ke bidang STEM, berikut adalah sejumlah program studi teknik yang direkomendasikan untukmu!

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Adakah Pilihanmu?

Teknik Biomedis

Perkembangan teknologi sangat dibutuhkan dalam berbagai sektor, tak terkecuali kesehatan. Keberadaan peralatan yang canggih dan berteknologi tinggi dapat meningkatkan mutu layanan kesehatan. Nah, di sinilah teknik biomedis dibutuhkan. 

Teknik biomedis merupakan program studi yang menggabungkan ilmu teknik dengan ilmu kesehatan. Di sini, kamu akan belajar caranya merancang serta mengembangkan berbagai macam alat maupun sistem informasi kesehatan. Produk-produk inovasi dari teknik biomedis berguna untuk mempermudah proses diagnosis dan penanganan penyakit, maupun pendataan di fasilitas kesehatan. 

Lulusan teknik biomedis memiliki beberapa prospek kerja, seperti teknisi biomedis, teknisi alat kesehatan, teknisi laboratorium klinis, dan teknisi radiologi medis. Kamu juga bisa bekerja sebagai tenaga ahli rekam medis maupun akademisi atau peneliti.

Baca juga: 10 Prodi Langka Ini Cuma Ada Satu di Indonesia

Teknik Kimia

Jurusan teknik kimia sudah lama dikenal “laris” di kalangan pelajar perempuan. Di prodi ini, kamu akan mempelajari teknologi perancangan pabrik, baik yang bergerak di sektor makanan, obat-obatan, kosmetik, bioproses, dan sebagainya. 

Meski namanya teknik kimia, tapi nantinya kamu juga akan belajar soal biologi, fisika, matematika, ekonomi, hingga desain. Lulusan teknik kimia bisa bekerja sebagai teknisi laboratorium, researcher, tenaga ahli quality assurance (QA) dan quality control (QC), dan sebagainya. 

Kamu mungkin sering banget merasa khawatir dengan bahan-bahan yang ada di dalam produk skincare atau makeup favoritmu. Sebab, memang masih banyak produk kecantikan yang mengandung bahan kimia berbahaya. Parahnya lagi, efek sampingnya kadang baru terasa setelah bertahun-tahun dan telanjur fatal. 

Nah, karir di sektor teknik kimia ini cocok buat kamu yang punya concern terhadap produk kecantikan. Nantinya kamu bisa mengembangkan produk-produk skincare maupun makeup yang berkualitas serta aman bagi manusia maupun lingkungan. 

Baca juga: Mengejar Passion dalam Karier: Yes or No?

Teknik Industri

Jurusan teknik yang satu ini sering disebut sebagai prodi yang “nggak teknik banget”. Wah, kenapa, tuh? Jurusan teknik industri mendalami serangkaian proses industri dari sudut pandang teknik dan manajemen. Kamu bakal belajar tentang optimalisasi produksi dan pengelolaan produk industri di sini.

Meski dibilang “nggak teknik banget”, tapi prodi teknik industri hampir nggak pernah sepi peminat, terutama dari kalangan perempuan. Prospek karir di bidang ini pun sangat menjanjikan. Mulai dari tenaga ahli operasional dan logistik, manajer produk, product analyst, market researcher, hingga tenaga ahli personalia (human resource). 

Baca juga: 10 Pekerjaan Ini Bisa Kamu Lakukan Secara Remote

Teknik Informatika

Keterlibatan perempuan di bidang teknologi lagi gencar-gencarnya disuarakan. Sebab, menurut data, saat ini perempuan yang bekerja di bidang tersebut hanya 26,7% saja. Padahal, karir di bidang teknologi memiliki prospek yang sangat menjanjikan di era transformasi digital ini. 

Nah, buat kamu yang pengen terjun ke bidang STEM tapi masih bingung, kamu bisa ambil jurusan teknik informatika. Kamu akan belajar mengenai optimalisasi teknologi komputer dalam berbagai aspek dan kepentingan. Beberapa hal yang bakal kamu pelajari di jurusan ini, antara lain programming, pengembangan software, hingga teknologi jaringan komputer.

Teknik informatika memiliki segudang prospek kerja yang bermasa depan cerah. Misalnya, programmer, web developer, software developer/engineer, cloud architect/engineer, data analyst/scientist, IT consultant, IT support, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Susah Cari Kerja? Jangan-jangan Kamu Alami Skills Gap

Arsitektur

Jurusan teknik yang nggak kalah populer di kalangan perempuan adalah arsitektur. Arsitektur merupakan sebuah bidang keilmuan yang mendalami tentang perancangan sebuah bangunan. Di sini, kamu bakal belajar bagaimana caranya merancang sebuah bangunan yang kokoh, serta memiliki nilai manfaat sekaligus nilai estetika. Kamu juga akan dibekali dengan ilmu perencanaan anggaran pembangunan.

Setelah lulus kuliah, kamu bisa memilih spesialisasi kamu sebagai arsitek nantinya. Misalnya, arsitek rumah tinggal, bangunan komersial, kawasan industri, lanskap, dan sebagainya. Kamu juga bisa berkarir sebagai desainer interior, drafter, surveyor, kontraktor, developer, dan sebagainya.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Itu tadi 5 jurusan teknik yang populer dan direkomendasikan bagi perempuan. Tentu saja kamu boleh memilih jurusan-jurusan STEM lainnya yang nggak kalah menarik dari 5 prodi di atas. Yuk, kita buktikan kalau perempuan juga bisa bersinar di bidang STEM! You go, girl! Tetap semangat dan semoga berhasil, ya!

Baca juga: Pekerjaan Paling Dicari Hingga Lima Tahun ke Depan

Pengen ngobrol lebih banyak seputar pendidikan dan karir? Gabung dengan Girls Beyond Circle, yuk! Klik di sini untuk join, ya!

No Comments

    Leave a Reply