Menu
Education

Jurusan S2 yang Lulusannya Paling Dicari oleh Perusahaan

Apakah kamu berkeinginan untuk melanjutkan studi ke jenjang magister? Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin kuliah S2. Pertama, meningkatkan kompetensi yang dimiliki. Kedua, memperluas kesempatan berkarir. Ketiga, memiliki passion untuk belajar hal-hal baru. Kalau kamu sendiri, apa, nih yang bikin kepengen kuliah S2?

Ada dua tipe orang ketika memilih jurusan S2. Pertama, melanjutkan bidang keilmuan yang telah dipelajari di jenjang sebelumnya. Misalnya, dulu kamu kuliah S1 di jurusan Sastra Inggris. Lalu kamu mengambil jurusan Ilmu Linguistik di jenjang S2. Kedua, memilih prodi yang jauh berbeda dari apa yang dipelajari sebelumnya. Dalam kata lain, melakukan lintas jurusan. Misalnya, dulu kamu kuliah S1 di prodi Teknik Informatika, dan sekarang kamu mempelajari jurusan Manajemen di jenjang S2. 

Nah, kalau kamu masih bingung menentukan pilihan, berikut adalah beberapa jurusan S2 yang lulusannya paling dibutuhkan di dunia kerja.

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Adakah Pilihanmu?

Ilmu Komputer

Ilmu komputer merupakan sebuah bidang keilmuan yang mempelajari komputasi, perangkat keras (hardware), maupun perangkat lunak (software). Prodi magister ilmu komputer dirancang untuk melatih kemampuan riset mahasiswa dalam bidang teknologi informasi. Bidang tersebut meliputi ilmu komputer, sistem informasi, rekayasa perangkat lunak, dan sebagainya.

Di era digital ini, lulusan bidang keilmuan IT memiliki prospek karir yang sangat cerah. Sebab, kebutuhan terhadap talenta digital akan terus mengalami peningkatan. Maka dari itu, kuliah S2 di jurusan ilmu komputer adalah pilihan yang tepat. 

Baca juga: Kenalan dengan Prospek Kerja di Bidang IT, Yuk!

Manajemen

Manajemen merupakan prodi yang hampir nggak pernah sepi peminat, baik pada jenjang sarjana, magister, maupun doktor. Nggak sedikit orang yang mengambil jurusan manajemen di jenjang S2 karena mengejar posisi-posisi kunci di perusahaan. Selain itu, buat kamu yang ingin berwirausaha, prodi S2 manajemen dapat memperkaya wawasan yang dibutuhkan ketika hendak merintis sebuah bisnis.

Baca juga: Tips Bangkit Lagi Setelah Kena PHK

Ilmu Komunikasi

Ilmu komunikasi adalah ilmu yang dibutuhkan oleh setiap orang. Karenanya, lulusan dari prodi ini memiliki kesempatan kerja yang sangat luas di berbagai sektor. Dan karena itu pula, nggak sedikit orang yang kuliah S2 lintas jurusan dengan mengambil prodi ilmu komunikasi. Hal ini guna mengasah keterampilan komunikasi, sehingga dapat meningkatkan performa mereka dalam berkarir.

Baca juga: Berniat untuk Career Switch? Ini 7 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelumnya!

Desain

Dulu, jurusan desain dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Jurusan ini dianggap nggak punya prospek kerja yang menjanjikan nantinya. Seiring berjalannya waktu, profesi desainer justru mengalami peningkatan demand. Karenanya, jurusan desain justru kini menjadi salah satu prodi yang banyak peminatnya. Maka dari itu, prodi S2 desain merupakan jurusan yang tepat buat kamu yang passionate dan ingin berkecimpung di dunia desain. Ada banyak bidang desain yang bisa kamu pilih, seperti desain grafis, fashion (tata busana), hingga desain interior.

Baca juga: 10 Pekerjaan Ini Bisa Kamu Lakukan Secara Remote

Kesehatan Masyarakat

Pandemi COVID-19 yang melanda sejak tahun 2020 telah menjadi wake-up call bagi banyak orang, terutama di sektor kesehatan. Momen ini menjadikan peningkatan kualitas layanan kesehatan semakin gencar dilakukan. Salah satu targetnya, yaitu pemerataan layanan kesehatan sehingga menyentuh seluruh lapisan masyarakat. 

Nah, karena itu prodi kesehatan masyarakat memiliki masa depan yang sangat cerah. Magister kesehatan masyarakat diharapkan dapat menghasilkan penelitian atau penemuan inovatif. Selain itu, mereka juga diharapkan dapat mengembangkan dan meningkatkan layanan kesehatan. 

Baca juga: Breast Cancer Awareness Month: Cegah Tingginya Angka Kanker Payudara dengan SADARI

Bioteknologi

Bioteknologi mempelajari pemanfaatan makhluk hidup maupun produk dari makhluk hidup dalam proses produksi barang/jasa bagi manusia. Jurusan ini juga mencakup ilmu murni maupun terapan lainnya, seperti biologi, mikrobiologi, biokimia, matematika, komputer, dan sebagainya. 

Ilmu bioteknologi dapat diaplikasikan ke berbagai bidang, mulai dari kesehatan, pertanian, lingkungan, hingga industri. Karena itu, nggak heran kalau lulusan prodi ini sangat diminati di dunia kerja. 

Baca juga: 10 Prodi Langka Ini Cuma Ada Satu di Indonesia

Teknik Industri

Jurusan S2 yang nggak kalah populer adalah teknik industri. Jurusan ini mempelajari optimalisasi produksi dan pengelolaan barang/jasa. Karenanya, prodi ini nggak cuma mempelajari ilmu teknik saja, tetapi juga manajemen. Lulusan prodi S2 teknik industri sangat dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai sektor. Nantinya, kamu bisa masuk ke bidang operasional dan logistik, quality assurance and control, manajemen produk, maupun pemasaran.

Baca juga: 5 Jurusan Teknik yang Direkomendasikan bagi Perempuan

Itu tadi 7 jurusan S2 yang lulusannya paling dicari oleh dunia kerja. Gimana, nih? Sudahkah kamu menentukan pilihan? Semangat dan semoga beruntung, ya!

Kepengen ngobrol-ngobrol seputar pendidikan dan karir? Gabung dengan Girls Beyond Circle, yuk! Klik di sini untuk join, ya!

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

No Comments

    Leave a Reply