gagal menampilkan data

Article

Rekomendasi Buku Self Help dari Member “SEVENTEEN”

Written by Angela Ranitta

Pada tanggal 7 November 2022, salah satu personel boy group “SEVENTEEN”, The8 berulang tahun. Laki-laki bernama asli Xu Minghao tersebut merayakan ulang tahunnya yang ke-25 tahun ini. Selain punya kemampuan dance yang keren, The8 dikenal sebagai salah satu anggota “SEVENTEEN” yang bijak. Ia sering memberikan masukan yang insightful dan encouraging, baik kepada sesama anggota atau Carats. Nggak heran, sebab The8 sering banget baca buku, terutama yang bergenre self help atau self improvement.

Namun, The8 bukan satu-satunya personel “SEVENTEEN” yang suka baca buku self help, loh. Penasaran nggak, sih apa saja buku self help yang pernah direkomendasikan oleh “SEVENTEEN”? Yuk, cek di bawah ini!

Baca juga: Rekomendasi Buku dari Wonwoo “SEVENTEEN”

“The Things You Can See Only When You Slow Down”, Haemin Sunim

Haemin Sunim adalah salah satu penulis buku self help ternama asal Korea Selatan. Salah satu bukunya yang laris manis berjudul “The Things You Can See Only When You Slow Down”. Buku ini pernah direkomendasikan oleh The8, loh! 

The Things You Can See Only When You Slow Down” mengajak para pembaca untuk mempraktikkan mindfulness dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Sebab, dunia yang kita jalani seringkali terasa begitu cepat dan melelahkan. Menurut Haemin Sunim, nggak ada salahnya hidup dengan tempo yang lebih lambat dan sering-sering beristirahat. 

“The Power of Now”, Eckhart Tolle

Masih dari The8, buku self help yang nggak kalah menarik, yaitu “The Power of Now”. Buku karya Eckhart Tolle ini juga membahas tentang mindfulness, meski nggak disebutkan secara gamblang. Melalui “The Power of Now”, Tolle ingin para pembaca untuk fokus pada kehidupan dan dirinya yang ada di masa sekarang. Dalam kata lain, kita nggak boleh terlalu berlarut-larut dengan masa lalu.

Baca juga: Daftar Buku Favorit RM BTS dan Member Lainnya

“Being Comfortable without Effort”, Kim Su-hyun

Buku yang satu ini pernah dibaca oleh leader “SEVENTEEN”, S.Coups. “Being Comfortable without Effort” membahas tentang permasalahan dalam berbagai hubungan, baik orang tua dan anak, pertemanan, maupun percintaan. 

Kita mungkin pernah terjebak dalam hubungan yang nggak nyaman untuk dijalani. Di sisi lain, kita nggak bisa kabur atau memutuskan hubungan dengan orang yang bersangkutan. Nah, melalui buku ini, Kim Su-hyun menawarkan berbagai alternatif sikap agar kita bisa menciptakan kenyamanan dalam sebuah hubungan. 

“If I Die, Who Will Come to My Funeral?”, Kim Sang-hyun

Rekomendasi keempat datang dari DK alias Do-kyeom. Meski judulnya terkesan sedih, tapi ternyata isi buku ini heartwarming banget. Sang penulis, Kim Sang-hyun hendak menyampaikan tiga pesan utama dalam buku “If I Die, Who Will Come to My Funeral?” Pertama, harapan agar kita selalu bahagia. Kedua, harapan agar kita menjadi orang baik dan dikelilingi orang-orang baik pula. Ketiga, menerima kenyataan bahwa pada akhirnya, kita semua hanyalah manusia biasa. Buku ini mengajak pembaca untuk terus berbuat kebaikan selama masih hidup. Dengan begitu, nantinya kita akan pergi dengan meninggalkan hal-hal baik di dunia ini.

Baca juga: Dalami Isu Mental Health Lewat 5 Buku Ini!

“Courage to Be Disliked”, Ichiro Kishimi & Fumitake Koga

Terakhir, buku ini direkomendasikan oleh vokalis “SEVENTEEN”, Boo Seungkwan. Buku berjudul “Courage to Be Disliked” ini mengajak pembaca untuk menjadi diri sendiri. Seringkali kita terlalu terobsesi untuk menjadi sosok yang disukai oleh orang lain. Padahal, apa pun yang kita lakukan, pasti ada saja orang yang nggak suka. 

Courage to Be Disliked” juga mengajak kita untuk berani memaafkan dan mencintai diri sendiri. Kita juga diajak untuk mulai mengurangi pemikiran yang kurang penting dan hanya jadi beban bagi diri sendiri.

Nah, itu tadi lima buku yang pernah dibaca atau direkomendasikan oleh para anggota “SEVENTEEN”. Menarik-menarik semua, kan? Yuk, buruan masukin ke reading list kamu! Selamat membaca, girls!

Baca juga: 5 Buku yang Pernah Direkomendasikan oleh Jisoo “BLACKPINK”

Kepengen sharing seputar buku bacaan dan berbagi rekomendasi dengan sesama bookworms? Yuk, gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond