gagal menampilkan data

Article

Tips Menonton Konser Sendirian agar Tetap Asyik dan Aman

Written by Angela Ranitta

Menjelang akhir tahun, semakin banyak konser yang digelar di berbagai belahan dunia, tak terkecuali Indonesia. Ya, setelah dua tahun lebih, kita akhirnya bisa kembali mengadakan kegiatan offline berskala besar seperti konser. Konser demi konser diadakan dengan mengundang artis dalam negeri maupun mancanegara sebagai penampilnya. Apakah kamu sendiri termasuk salah satu yang berencana menonton konser dalam waktu dekat?

Menonton konser emang identiknya bareng-bareng sama temen. Tapi, gimana kalau kamu mau menonton konser sendirian? It’s okay, kok! Banyak orang yang menonton konser sendirian, entah karena memang pengennya begitu atau kebetulan nggak ada yang bisa diajak bareng. Duh, tapi bakalan aman nggak, ya? Apalagi konsernya di luar kota, nanti kalau terjadi sesuatu yang nggak diinginkan gimana, dong?

Tenang, girls! Kamu tetap bisa have fun dengan aman, kok meskipun menonton konser sendirian. Nah, berikut ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelumnya. Check this out!

Baca juga: Tips Menabung untuk Menonton Konser Idamanmu

Kenali Lokasi Konser dan Daerah Sekitarnya

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum menonton konser sendirian adalah mengenali lokasinya. Ini penting terutama jika lokasi konser jauh dari tempat tinggalmu dan berada di daerah atau kota yang nggak familiar buatmu. Kamu bisa menggali informasi sebanyak-banyaknya melalui internet. Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada kenalan yang tinggal atau pernah berkunjung ke sana. 

Selain mengenali lokasi konser, kamu juga perlu mempersiapkan hal-hal terkait transportasi dan akomodasi. Kamu mau ke sana naik apa? Mau menginap di mana? Berapa banyak uang yang perlu kamu persiapkan? Hal ini guna menghindari kejadian nggak menyenangkan, seperti tersesat, lokasi penginapan terlalu jauh, hingga terjadi pengeluaran tak terduga. 

Datang Lebih Awal

Jika kamu hendak menonton konser, kamu disarankan untuk datang ke lokasi lebih awal. Pertama, kamu dapat menghindari kemacetan di jalan, maupun keramaian di lokasi. Kedua, kamu punya waktu untuk mengenali lokasi konser maupun daerah sekitarnya. Misalnya, pintu keluar-masuk venue, toilet, hingga di mana kamu bisa membeli makanan atau minuman. 

Jangan takut mati gaya, girls! Kamu bisa mengisi waktu dengan berbagai hal. Contohnya, membaca buku, menonton YouTube, atau bahkan berinteraksi dengan sesama penonton yang sudah datang. 

Pakai Pakaian yang Nyaman dan Bawa Barang Secukupnya

Selanjutnya, pakailah pakaian yang nyaman. Menggunakan pakaian yang kita suka memang bikin kita semakin percaya diri. Sayangnya, nggak semua pakaian favoritmu cocok untuk menghadiri konser. Maka dari itu, pilihlah pakaian yang nyaman dan nggak membatasi mobilitasmu. Hindari penggunaan atribut fashion yang berpotensi menyakiti atau mencelakai kamu, seperti sepatu hak tinggi. 

Selain itu, bawalah barang secukupnya. Jangan sampai nantinya kamu repot sendiri karena terlalu banyak barang bawaan. Akibatnya, kamu jadi nggak bisa menikmati konser yang berlangsung. Kamu bisa membuat list barang-barang yang perlu dibawa jauh sebelum hari H konser. 

Makan dan Sedia Air Putih yang Cukup

Jangan lupa makan sebelum konser dimulai. Berada di tengah kerumunan selama berjam-jam bisa sangat menguras energi. Belum lagi, biasanya kita berjoget atau lompat-lompat tanpa sadar karena terbawa suasana. Karenanya, pastikan kamu sudah makan agar kamu punya cukup tenaga untuk mengikuti konser sampai selesai. 

Selain itu, pastikan juga kamu membawa air putih yang cukup. Kamu juga bisa membawa minuman isotonik yang dapat menggantikan cairan tubuh. Jangan sampai pengalaman konsermu berakhir pahit karena kamu dehidrasi. Kamu juga bisa minum suplemen penambah darah atau vitamin sebelum menghadiri konser. 

Bawa Obat-obatan Pribadi

Membawa obat-obatan nggak cuma untuk kamu yang punya penyakit kambuhan, loh. Meskipun kamu dalam keadaan sehat, tetap bawa obat yang sekiranya diperlukan untuk berjaga-jaga. Misalnya, membawa obat pereda nyeri atau painkillers. Kamu juga bisa membawa koyo atau salep pereda nyeri. 

Biasanya pihak penyelenggara akan menyediakan petugas medis selama berlangsungnya konser. Nah, kamu bisa memilih untuk berdiri di dekat mereka. Ketika terjadi hal-hal nggak diinginkan, kamu bisa segera meminta tolong dan mendapat penanganan. 

Bawa Powerbank

Selanjutnya, jangan lupa bawa powerbank untuk recharge ponsel kamu nantinya. Jangan sampai kamu bikin panik orang rumah, atau nggak bisa memesan transportasi online selepas konser karena HP kamu mati. 

Selain bawa powerbank, kamu juga bisa berjaga-jaga dengan mengisikan pulsa pada nomormu yang aktif. Susah sinyal adalah permasalahan yang lumrah ditemui di lokasi konser. Jika kamu kesulitan menghubungi orang terdekatmu via aplikasi chat atau media sosial, kamu masih bisa menelepon atau mengirim SMS ke mereka. 

Kenalan dengan Orang Baru

Meskipun kamu datang sendirian, nggak ada salahnya berkenalan dengan orang baru sesampainya di lokasi konser. Kamu bisa berinteraksi dengan mereka sambil menunggu konser dimulai. Kamu juga bisa berdiri di dekat mereka selama konser berlangsung. Jika sampai terjadi hal-hal nggak diinginkan, kalian bisa saling membantu. Bahkan perkenalan tersebut bisa menjadi awal dari sebuah pertemanan nantinya.

Jangan sungkan pula untuk bertanya atau meminta bantuan kepada pihak penyelenggara konser. Misalnya, staff promotor atau event organizer, petugas keamanan, dan sebagainya. Jangan ragu untuk melaporkan kepada mereka jika terjadi hal-hal nggak diinginkan selama konser berlangsung. Contohnya, penonton yang membuat kerusuhan atau melakukan gerak-gerik mencurigakan. 

Baca juga: Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjebak dalam Crowd Crush

Menonton konser sendirian memang bukan hal yang mudah, terlebih bagi para first-timer. Intinya, persiapkan dirimu sebaik mungkin. Rajin-rajinlah mencari informasi yang berkaitan dengan konser tersebut. Selain itu, meskipun rasanya mustahil nggak terbawa suasana di tengah-tengah konser, tetap waspada terhadap sekelilingmu, ya. Kenalilah tanda-tanda kerusuhan, keramaian tak terkendali, maupun tindakan kriminal, seperti pencopetan atau pelecehan seksual. Stay safe and have fun, girls!

Kamu pengen ngobrol seputar isu-isu terkini dan berbagi tips bermanfaat? Gabung dengan Girls Beyond Circle, yuk! Klik di sini untuk bergabung, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond