gagal menampilkan data

Article

Sehat Nggak Perlu Mahal, Inilah Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah Aja

Written by Angela Ranitta

Berolahraga memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Contohnya, memperlancar metabolisme, membakar kalori, mengurangi kadar kolesterol, hingga mengurangi stres. Olahraga juga dapat melindungi tubuhmu dari berbagai jenis penyakit. 

Ada banyak olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah. Tentunya, berolahraga di rumah jauh lebih efisien dan hemat uang daripada harus pergi ke pusat kebugaran alias gym. Apa saja jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan di rumah? 

Baca juga: Menemukan Diri Sendiri dalam Olahraga

Jumping Jack

Source: SPOTEBI

Jumping jack adalah gerakan melompat di tempat sambil membuka kedua kaki selebar bahu dan mengangkat kedua tangan ke atas. Gerakan ini sering disebut juga sebagai star jump. Gerakan jumping jump efektif membakar kalori serta menjaga kesehatan jantung. 

Push Up

Source: SPOTEBI

Push up dilakukan dengan cara telungkup di lantai, lalu mengangkat tubuh dengan kedua lengan. Ada pula yang melakukan push up dengan bertumpu pada satu tangan saja. Namun, ada juga yang melakukan push up setengah badan. Gerakan push up sangat efektif dalam pembentukan otot lengan. 

Sit Up

Source: SPOTEBI

Sit up adalah gerakan berbaring lalu duduk tanpa bertumpu pada tangan secara berulang. Biasanya, tangan diletakkan di depan dada atau belakang kepala. Selain itu, biasanya kamu juga butuh orang lain untuk memegangi kedua kakimu agar nggak ikut terangkat. Namun, bagi yang sudah terbiasa melakukan sit up, nggak perlu bantuan orang lain untuk menahan kakinya karena sudah bisa menjaga keseimbangan. Sit up adalah jenis olahraga yang bermanfaat untuk pembentukan otot perut. 

Baca juga: World Diabetes Day 2022: Bahaya Kecanduan Makanan Manis pada Perempuan

Leg Lift

Leg lift adalah gerakan olahraga dengan cara mengangkat kaki. Ada berbagai varian gerakan leg lift. Pertama, naik dan turunkan kedua kaki secara lurus ke atas. Kedua, naik dan turunkan satu kaki dengan posisi tubuh menyamping. Ada juga gerakan leg lift yang dikombinasikan dengan pull up atau mengangkat beban dengan kaki. Gerakan leg lift bermanfaat untuk mengencangkan pantat serta melatih otot pinggul.

Squat

Source: SPOTEBI

Squat adalah gerakan yang diawali dengan berdiri dengan kedua kaki terbuka selebar bahu, lalu menekuk lutut dan menurunkan pantat dengan posisi seperti hendak duduk. Kamu juga bisa melakukan squat sambil mengangkat beban. Gerakan ini bermanfaat untuk mengencangkan perut, pantat, paha, dan betis. Squat juga bisa dikombinasikan dengan gerakan melompat untuk melatih jantung.

Mountain Climber

Source: SPOTEBI

Mountain climber diawali dengan posisi push up, lalu dorong kedua lutut ke arah dada dan tarik kembali secara bergantian. Gerakan ini bisa dilakukan dengan tempo lambat atau cepat seperti sedang berlari. Mountain climber berfungsi untuk memperkuat otot inti, meningkatkan kesehatan jantung, serta melatih fleksibilitas. 

Plank

Source: SPOTEBI

Plank dilakukan dengan cara memposisikan diri seperti hendak push up, dan menahan beban tubuh dengan tangan hingga siku di atas lantai. Kamu dapat melakukan plank dalam hitungan detik maupun menit. Gerakan ini berfungsi untuk memperkuat otot inti, serta memperbaiki postur tubuh. 

Bridge

Source: SPOTEBI

Bridge dilakukan dengan cara telentang dengan kedua tangan lurus di samping badan, serta kaki ditekuk hingga tumit menyentuh pantat. Lalu, naik-turunkan pantat dengan tetap mempertahankan posisi kaki maupun tangan. Kamu juga bisa melakukan variasi dengan mengangkat salah satu kaki. Gerakan bridge dapat menguatkan otot perut, pinggul, pantat, paha, dan lutut sekaligus.

Wall Sit

Source: SPOTEBI

Wall sit adalah gerakan yang dilakukan dengan cara menempelkan punggung ke dinding, lalu menekuk lutut hingga 90 derajat dengan posisi seperti sedang duduk. Kamu bisa melakukan gerakan ini dalam hitungan detik atau menit. Gerakan wall sit bermanfaat untuk membentuk abs, memperkuat otot betis, serta melatih kestabilan tubuh.

Lompat Tali (Jump Rope)

Source: SPOTEBI

Lompat tali merupakan salah satu jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah. Kamu bisa melakukannya di pekarangan, maupun di ruangan yang luas di dalam rumah. Kamu hanya butuh tali skipping yang bisa kamu beli di toko olahraga atau e-commerce dengan harga mulai dari belasan ribu saja. Lompat tali dapat menyehatkan jantung, meningkatkan kepadatan tulang, serta melatih kelincahan tubuh.

Naik-Turun Tangga

Jika kamu tinggal di rumah yang bertingkat, kamu bisa memanfaatkan tangga di rumahmu untuk berolahraga. Lakukan gerakan naik-turun tangga selama beberapa menit. Jenis olahraga ini sangat baik untuk kesehatan jantung, melatih otot-otot kaki, serta membakar kalori.

Jogging

Apabila kamu punya pekarangan yang cukup luas, kamu bisa menggunakannya untuk jogging. Lakukanlah jogging di pekarangan rumahmu selama beberapa putaran. Jogging sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung, memperkuat otot-otot kaki, serta melatih kelincahan tubuh. 

Baca juga: Be Healthy, Not Thin!

Lari di Tempat

Source: SPOTEBI

Jika kamu nggak punya pekarangan yang bisa dipakai untuk jogging, kamu bisa melakukan lari di tempat sebagai alternatifnya. Lari di tempat bisa kamu lakukan di dalam rumah, karena jenis olahraga ini nggak membutuhkan ruang yang luas. Olahraga lari di tempat sangat positif bagi kesehatan jantung, melatih otot-otot kaki, hingga mengurangi risiko cedera.

Senam Aerobik

Senam aerobik termasuk salah satu jenis olahraga yang cocok dilakukan di rumah. Kamu bisa mengikuti gerakan senam aerobik yang ada di YouTube, atau membuat gerakanmu sendiri. Kamu juga bebas memilih lagu untuk mengiringi senam aerobik yang akan kamu lakukan. Senam aerobik efektif menjaga kesehatan jantung dan membakar kalori. Selain itu, irama musik yang catchy dan gerakan yang asyik bisa mengurangi stres.

Angkat Beban

Ternyata, nggak harus ke gym untuk olahraga angkat beban. Kamu bisa melakukan jenis olahraga yang satu ini di rumah. Kamu bisa membeli perlengkapan angkat beban di toko olahraga atau e-commerce. Namun, kamu juga bisa memanfaatkan barang-barang di sekitarmu sebagai alternatif angkat beban yang lebih hemat biaya. Misalnya, karung beras, botol air, tumpukan buku, dan sebagainya. Olahraga angkat beban sangat efektif untuk melatih kekuatan otot-otot tubuh.

Baca juga: Mengenal Orthorexia, Ketika Pola Makan Sehat Jadi Obsesi

Nah, itu tadi beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Nggak cuma efisien, olahraga-olahraga di atas juga relatif hemat biaya. Jadi, nggak ada lagi alasan “sehat cuma untuk orang yang punya uang”, ya! Sebab, siapa pun berhak hidup sehat asalkan mau mengusahakannya. Stay healthy and positive, girls!

Kalau kamu pengen berbagi informasi dan tips seputar kesehatan dan lifestyle, yuk gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond