Site icon Girls Beyond

Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Memilih jurusan kuliah memang bukan perkara mudah bagi banyak orang. Ada sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah prospek karier. Tentunya, nggak ada orang yang ingin mengambil prodi yang minim peluang kerja. Selain prospek karier, banyaknya peminat jurusan tersebut juga seringkali menjadi bahan pertimbangan, terutama bagi yang hendak mendaftar ke PTN. Semakin banyak peminat, maka semakin ketat pula seleksi untuk masuk ke prodi tersebut. 

Di bawah ini, terdapat sejumlah jurusan kuliah yang relatif sepi peminat, tetapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Apa saja kira-kira?

Baca juga: Butuh Tempat Buat Nugas? Yuk, Berkunjung ke Perpustakaan Keren Ini!

Oseanografi

Oseanografi merupakan prodi yang mempelajari ekosistem lautan, terutama dari sudut pandang fisika, kimia, dan geologi. Saat ini, manusia diperkirakan baru bisa mengeksplor kurang dari 10% wilayah perairan global. Kita masih punya banyak PR dalam hal eksplorasi ekosistem laut. Itu sebabnya jurusan oseanografi sangat direkomendasikan bagi kamu. 

Lulusan oseanografi memiliki peluang berkarier di sektor publik maupun privat dengan gaji yang menggiurkan. Bahkan bagi fresh graduate jurusan oseanografi saja bisa menerima gaji hingga 10 juta rupiah per bulan. Saat ini, hanya ada 2 perguruan tinggi yang membuka prodi oseanografi, yaitu Universitas Diponegoro (Undip) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Kehutanan

Sesuai namanya, kehutanan merupakan prodi yang mempelajari ekosistem hutan. Kamu akan belajar seputar keanekaragaman hayati, konservasi lingkungan, teknologi kehutanan, hukum pemanfaatan sumber daya hutan, dan sebagainya. Saat ini, lulusan kehutanan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja. Sebab, kesadaran masyarakat akan krisis lingkungan semakin meningkat, sehingga upaya konservasi alam pun semakin gencar dilakukan. 

Indonesia memiliki 95,5 juta hektare wilayah hutan, alias 50,9% dari keseluruhan daratan Indonesia. Maka dari itu, jurusan kehutanan memiliki sejumlah prospek karier yang menjanjikan buatmu. Mulai dari konservator alam, peneliti, dosen, hingga pegawai Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Kisaran gaji konservator alam adalah 3,5-5,5 juta rupiah per bulan.

Selain itu, kamu juga bisa merintis bisnis pemanfaatan sumber daya hutan yang ethical dan eco-friendly. Sebagai pengusaha, tentunya kamu nggak hanya meraup keuntungan, tetapi juga membuka lapangan kerja, sekaligus berkontribusi dalam upaya melestarikan lingkungan.

Baca juga: Pekerjaan Paling Dicari Hingga Lima Tahun ke Depan

Astronomi

Astronomi merupakan jurusan yang mempelajari fenomena benda-benda langit. Prodi ini dibagi menjadi 3 bidang keahlian, yaitu tata surya, fisika bintang, serta galaksi dan kosmologi. Saat ini, baru ada satu perguruan tinggi Indonesia saja yang membuka prodi astronomi, yaitu Institut Teknologi Bandung (ITB). 

Jurusan ini memiliki prospek karier yang cerah, terutama di Indonesia. Sebab, nantinya kamu bisa berkontribusi dalam upaya mengembangkan riset astronomi di Tanah Air. Di Indonesia, gaji seorang astronom profesional diperkirakan mencapai 5 juta per bulan.

Baca juga: 10 Prodi Langka Ini Cuma Ada Satu di Indonesia

Teknik Perkapalan

Indonesia dikenal sebagai negara maritim. Selain karena wilayah lautnya yang luas, tetapi juga teknologi kelautannya yang mumpuni. Bahkan sejak kemajuan teknologi maritim Indonesia telah dikenal sejak masa kerajaan Hindu dan Buddha. Karenanya, jurusan yang satu ini bisa kamu pertimbangkan sebagai pilihan berkuliah.

Teknik perkapalan merupakan prodi yang mempelajari segala hal yang berkaitan dengan kapal. Hal ini meliputi perancangan, teknologi, dan navigasi kapal. Lulusan jurusan ini akan sangat dibutuhkan, terutama di sektor perkapalan Indonesia. Kamu bisa bekerja sebagai engineer, arsitek, mekanik, maupun surveyor perkapalan. Kisaran gaji yang akan kamu terima di bidang teknologi perkapalan adalah 5-10 juta rupiah per bulan.

Baca juga: 5 Jurusan Teknik yang Direkomendasikan bagi Perempuan

Pendidikan Luar Biasa

Guru merupakan salah satu profesi yang paling dibutuhkan di dunia kerja, terutama sektor pendidikan. Sayangnya, prodi pendidikan luar biasa masih sangat sepi peminat. Hal ini dikarenakan banyaknya stigma negatif yang meliputi pendidikan luar biasa maupun penyandang disabilitas. 

Jika kamu mengambil jurusan pendidikan luar biasa, tentunya apa yang kamu pelajari akan berbeda dengan prodi pendidikan keguruan pada umumnya. Sebab, nantinya kamu akan menghadapi anak-anak membutuhkan pendekatan pendidikan yang berbeda. Nggak hanya belajar cara mendidik anak, melainkan juga psikologi anak berkebutuhan khusus. 

Jika kamu kuliah di jurusan ini, kamu bisa bekerja sebagai guru di sekolah luar biasa milik pemerintah (negeri) maupun swasta. Selain itu, kamu juga bisa menjadi konselor, pengasuh, maupun terapis wicara atau perilaku anak berkebutuhan khusus. Gaji yang akan kamu terima tentunya beragam sesuai dengan pengalaman maupun bidang pekerjaannya. Namun, kamu bisa menerima gaji hingga 3-5 juta rupiah setiap bulannya.

Baca juga: Jurusan Soshum dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Ilmu Perpustakaan

Jurusan yang satu ini masih sering dipandang sebelah mata oleh masyarakat. “Cuma jaga perpustakaan dan ngerapiin buku, ngapain harus kuliah?” Tentunya, bukan cuma itu yang bakal kamu pelajari di prodi ilmu perpustakaan. Di jurusan ini, kamu akan belajar tentang sistem pengarsipan, pengelolaan informasi, hingga prosedur penyimpanan buku maupun dokumen yang benar. 

Meskipun namanya jurusan ilmu perpustakaan, tetapi prospek kariermu nantinya nggak cuma sebatas kerja di perpustakaan. Kamu bisa bekerja di bagian kearsipan maupun pengelolaan informasi di mana saja. Bahkan, kamu memiliki peluang untuk bekerja sebagai peneliti, penulis, atau jurnalis. Gaji yang didapatkan oleh lulusan prodi ilmu perpustakaan mulai dari 3 juta rupiah per bulan.

Antropologi Sosial

Antropologi merupakan disiplin ilmu yang mempelajari manusia sebagai entitas biologis sekaligus makhluk sosial. Ilmu ini dibagi ke dalam beberapa cabang, salah satunya antropologi sosial. Di jurusan antropologi sosial, kamu akan belajar tentang hubungan antara orang-orang dalam suatu kelompok masyarakat. Subjek utama bidang keilmuan ini adalah struktur sosial dan lembaga sosial yang dilengkapi dengan budaya. 

Lulusan jurusan antropologi sosial akan selalu dibutuhkan di dunia kerja. Sebab, manusia sebagai individu maupun kelompok akan selalu berkembang, sehingga akan selalu ada hal baru untuk diteliti dan dipelajari. Jika kamu mengambil jurusan ini, nantinya kamu bisa bekerja sebagai antropolog, peneliti dan pengembang, dosen, jurnalis, penulis, dan sebagainya. 

Seorang fresh graduate jurusan antropologi bisa mendapatkan gaji dalam kisaran 2,5-6 juta rupiah per bulan. Seiring berjalannya waktu, gaji yang kamu terima akan terus bertambah dan bisa mencapai angka belasan juta per bulannya.

Arkeologi

Arkeologi adalah prodi yang mempelajari peninggalan dari peradaban di masa lampau. Jurusan ini menggabungkan disiplin ilmu sejarah dengan geologi. Jika berkecimpung di bidang ini, kamu akan sering berjumpa dengan benda-benda, seperti fosil, artefak, mumi, prasasti, arsip kuno, dan sebagainya. 

Lulusan jurusan arkeologi tentunya memiliki prospek karier sebagai arkeolog. Profesi ini sangat dibutuhkan karena masih banyak peninggalan peradaban terdahulu yang belum ditemukan maupun dalam proses penelitian. Sebagai arkeolog, kamu bakalan sering traveling ke berbagai tempat di dalam maupun luar negeri untuk melakukan penggalian dan penelitian. 

Selain menjadi arkeolog, prospek kerja jurusan arkeologi yang nggak kalah menarik, antara lain peneliti, dosen, jurnalis, pemandu wisata, sejarawan, dan pengelola museum. Di Indonesia, peluang gaji seorang arkeolog diperkirakan sekitar 4-7 juta rupiah per bulan. Gaji tersebut akan semakin besar seiring dengan bertambahnya pengalaman dan perjalanan kariermu. 

Filsafat

Filsafat adalah bidang ilmu yang mempelajari cara berpikir. Oleh karenanya, nggak jarang filsafat disebut sebagai ibu dari segala ilmu. Filsafat dibagi menjadi sejumlah cabang, seperti hukum, politik, sosial, etika, dan sebagainya. Sayangnya, di Indonesia jurusan filsafat masih sepi peminat karena dianggap sulit dan nggak punya prospek karier yang jelas.

Lulusan jurusan filsafat nggak melulu harus jadi filsuf, loh. Ada segudang prospek karier buat kamu yang kuliah di jurusan ini. Kamu bisa bekerja di berbagai sektor, mulai dari ekonomi, politik, pendidikan, hingga media atau hiburan. Berbagai pilihan karier yang bisa kamu pertimbangkan, antara lain penulis, jurnalis, pengamat politik, pengajar, peneliti, sastrawan, hingga seniman. 

Gaji yang diterima oleh lulusan filsafat tentu beragam sesuai dengan pengalaman maupun bidang kerjanya. Namun, rata-rata gajinya bisa mencapai 10 juta rupiah setiap bulan. 

Seni Peran

Sesuai namanya, jurusan ini mempelajari tentang ilmu pertunjukan seni. Jurusan ini sering disebut juga jurusan teater dan drama. Di jurusan seni peran, kamu nggak cuma diajari caranya berakting di panggung, lho. Kamu juga akan belajar menulis naskah, merencanakan dan mengelola pementasan seni, menyutradarai pertunjukan seni, dan sebagainya. 

Maka dari itu, lulusan jurusan seni peran memiliki segudang prospek yang menjanjikan di dunia kerja. Mulai dari event planner, sutradara, produser, scriptwriter, pengarah gaya (fashion stylist), makeup artist, dan sebagainya. Gaji yang kamu terima tentunya akan disesuaikan dengan bidang maupun pengalaman kerja kamu. Misalnya, profesi scriptwriter dapat menghasilkan 5-15 juta rupiah untuk proyek serial televisi, dan 20-200 juta rupiah untuk proyek film.

Baca juga: Museum dan Galeri Seni di Indonesia buat Kamu yang Pengen Healing

Itulah beberapa jurusan kuliah di Indonesia yang masih sepi peminat, tetapi memiliki prospek kerja yang menjanjikan. Semoga bisa membantumu yang masih bimbang menentukan jurusan kuliah, ya. Semangat, girls

Kalau kamu pengen sharing seputar pendidikan dan karier, yuk gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk bergabung, ya!

Exit mobile version