Site icon Girls Beyond

Kuliah di Tiongkok dan Taiwan dengan 8 Program Beasiswa Menarik Ini

Republik Rakyat Tiongkok (RRT) dan Taiwan merupakan dua negara di Asia Timur yang cukup populer sebagai tujuan studi. Kedua negara tersebut merupakan negara maju dengan kualitas pendidikan yang nggak perlu diragukan. Biaya hidup di RRT maupun Taiwan pun relatif terjangkau. Selain itu, baik RRT maupun Taiwan sama-sama menawarkan program beasiswa bagi pelajar internasional yang hendak berkuliah di sana. Wah, menarik banget, ‘kan?

Kamu penasaran apa saja beasiswa yang ditawarkan untuk melanjutkan studi di RRT dan Taiwan? Yuk, simak daftar di bawah ini!

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Chinese Government Scholarship

Program beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Tiongkok bagi pelajar internasional yang hendak berkuliah di sana. Chinese Government Scholarship (CGS) dibuka untuk jenjang S1, S2, hingga S3. Cakupan beasiswa ini, antara lain biaya kuliah (fully-funded), fasilitas asrama kampus atau subsidi apartemen, asuransi kesehatan, serta biaya hidup 2,5-3,5 ribu yuan per bulan. Selain itu, kamu akan mendapatkan kursus Bahasa Mandarin selama satu tahun sebelum memulai perkuliahan di Tiongkok.

Informasi lebih lengkap mengenai Chinese Government Scholarship bisa kamu lihat di sini, ya. 

MOFCOM Scholarship

Masih dari pemerintah Tiongkok, program beasiswa yang satu ini juga nggak kalah menarik. MOFCOM Scholarship merupakan beasiswa yang ditawarkan oleh Kementerian Perdagangan Tiongkok untuk pelajar asing dari negara-negara berkembang. 

Program ini dibuka bagi kelas internasional (berbahasa Inggris) pada jenjang S2 dan S3 di 26 universitas RRT terpilih. Universitas-universitas tersebut, antara lain Peking University, Beijing Normal University, dan Wuhan University. MOFCOM Scholarship meliputi biaya kuliah, biaya akademik lainnya (buku, penelitian, bimbingan tesis/disertasi, dll.), asuransi kesehatan, asrama mahasiswa, tiket pesawat, arrival allowance, serta biaya hidup 36-42 ribu yuan per tahun. 

Kamu bisa cek informasi selengkapnya mengenai MOFCOM Scholarship di sini

ASEAN-China Young Leaders Scholarship

Beasiswa ini diberikan oleh ASEAN kepada pelajar dari negara-negara Asia Tenggara yang tertarik menuntut ilmu di Tiongkok. ASEAN-China Young Leaders Scholarship (ACYLS) ditawarkan untuk perkuliahan jenjang S2 dan S3. Selain itu, ACYLS juga ditawarkan bagi kamu yang ingin melakukan riset akademik jangka pendek selama 4-5 bulan di Tiongkok. 

Beasiswa ACYLS bekerja sama dengan 22 universitas pilihan di Tiongkok, antara lain Xiamen University, Tianjin University, dan Renmin University of China. Cakupan pembiayaannya meliputi biaya kuliah (langsung dibayarkan ke universitas), tiket pesawat (dengan metode reimbursement maksimal 3 ribu yuan per tiket), arrival allowance, asuransi kesehatan, asrama mahasiswa, serta biaya hidup 4-5 ribu yuan per bulan. 

Informasi lebih lengkap mengenai ASEAN-China Young Leaders Scholarship bisa kamu baca di sini.

Shanghai Government Scholarship

Shanghai merupakan kota terbesar di Republik Rakyat Tiongkok (RRT). Kota ini merupakan rumah bagi puluhan universitas berkualitas di Tiongkok. Setiap tahun, pemerintah Shanghai menawarkan beasiswa untuk mahasiswa asing yang ingin berkuliah di sana. Shanghai Government Scholarship ditawarkan untuk jenjang S1, S2, dan S3. 

Shanghai Government Scholarship dibagi menjadi dua jenis, yaitu tipe A (full scholarship) dan tipe B (partial scholarship). Beasiswa tipe A meliputi biaya kuliah, tempat tinggal, biaya hidup, dan asuransi kesehatan. Sementara itu, beasiswa tipe B mencakup biaya kuliah dan asuransi kesehatan saja. 

Informasi selengkapnya seputar Shanghai Government Scholarship bisa kamu cek di sini, ya. 

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Hong Kong Baptist University Scholarship

Hong Kong Baptist University (HKBU) merupakan perguruan tinggi di Hong Kong yang fokus pada pendidikan liberal arts. Kampus ini menawarkan berbagai program beasiswa, baik untuk mahasiswa Tiongkok maupun mancanegara. Salah satu beasiswa yang ditawarkan adalah Belt & Road Scholarship. Beasiswa ini ditawarkan kepada mahasiswa dari Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Mongolia yang ingin berkuliah S1 di HKBU. Skema beasiswa ini meliputi pembiayaan kuliah secara penuh untuk 10 mahasiswa yang terpilih.

Selain Belt & Road Scholarship, HKBU juga menawarkan sejumlah skema beasiswa yang nggak kalah menarik bagi pelajar asing. Contohnya, Admission Scholarship Scheme for Overseas Applicants. Beasiswa ini ditawarkan untuk WNA yang ingin berkuliah S1 di HKBU. Skema pembiayaannya dibagi menjadi 3 jenis, yaitu fully funded, tuition waiver (keringanan biaya kuliah), dan half-funded

Jika kamu tertarik, kamu bisa membaca lebih lanjut mengenai informasi beasiswa di Hong Kong Baptist University di sini

MOE Taiwan Scholarship

Beralih ke Taiwan, negara yang satu ini juga menawarkan beasiswa buat kamu yang pengen kuliah di sana. Salah satu beasiswa yang ditawarkan adalah MOE Taiwan Scholarship. Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pendidikan untuk jenjang S1, S2, dan S3. Cakupannya meliputi biaya kuliah dan keperluan akademik lainnya hingga 40 ribu dollar Taiwan per semester. Selain itu, kamu akan mendapatkan uang saku sebesar 15-20 ribu dollar Taiwan per bulan. 

Informasi selengkapnya mengenai MOE Taiwan Scholarship bisa kamu cek di sini

Huayu Enrichment Scholarship

Satu lagi beasiswa menarik yang dibuka oleh Kementerian Pendidikan Taiwan. Huayu Enrichment Scholarship diberikan buat kamu yang tertarik untuk belajar Bahasa Mandarin di Taiwan. Kamu akan diberi kesempatan untuk belajar Bahasa Mandarin secara intensif selama 6 bulan di sana. Cakupan beasiswa ini meliputi tunjangan biaya hidup sebanyak 25 ribu dollar Taiwan per bulan. 

Jika kamu tertarik dengan Huayu Enrichment Scholarship, kamu bisa baca informasi lengkapnya di sini.

ICDF Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan oleh International Cooperation and Development Fund (ICDF) kepada pelajar asing yang ingin berkuliah di Taiwan. ICDF Scholarship dibuka untuk jenjang S1, S2, hingga S3 di 30 perguruan tinggi terpilih, antara lain Taipei Medical University, National Taiwan University, dan Yuan Ze University. Cakupan beasiswa ini, antara lain biaya kuliah (termasuk uang SKS), biaya pembelian buku, asrama mahasiswa, asuransi kesehatan dan kecelakaan, tiket pesawat, serta uang saku sebesar 12-17 ribu dollar Taiwan per bulan. 

Kamu bisa baca informasi lebih lengkap mengenai ICDF Scholarship di sini, ya. 

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Itulah 8 program beasiswa yang bisa kamu coba jika ingin menimba ilmu di Tiongkok maupun Taiwan. Segera persiapkan dirimu sebaik mungkin jika berminat untuk mendaftar, ya! Jangan lupa sering-sering kepoin seputar beasiswa incaranmu agar nggak ketinggalan informasi. Semoga beruntung, girls!

Kalau kamu pengen sharing seputar beasiswa dan pendidikan, kamu bisa gabung sama Girls Beyond Circle, loh! Klik di sini untuk join, ya!

Exit mobile version