gagal menampilkan data

Article

Keliling Kota Sambil Jalan Kaki, Yuk! Rekomendasi Walking Tour di Indonesia

Written by Angela Ranitta

Walking tour merupakan salah satu opsi liburan yang belakangan ini semakin populer. Sesuai namanya, kamu akan berwisata ke suatu tempat dengan cara berjalan kaki. Biasanya, walking tour dilakukan di dalam kota dengan rute-rute yang telah ditentukan. Dalam satu rute, kamu bisa mengunjungi lebih dari satu destinasi sekaligus. Kamu akan didampingi oleh pemandu wisata yang memberikan informasi mengenai titik-titik yang kamu kunjungi dalam satu rute.

Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari walking tour. Pertama, tarif walking tour relatif terjangkau apabila dibandingkan dengan opsi liburan lainnya. Kedua, durasinya pun relatif lebih singkat, karena biasanya walking tour hanya berlangsung selama beberapa jam saja. Ketiga, kamu bisa lebih mengenal seluk-beluk suatu kota atau daerah. Keempat, kamu bisa sekalian mempelajari nilai sejarah atau budaya dari suatu tempat atau objek yang kamu kunjungi. Terakhir, menjaga kebugaran tubuh karena kamu akan berjalan sejauh beberapa kilometer selama walking tour.

Di bawah ini sudah ada beberapa pilihan walking tour yang diselenggarakan di sejumlah kota di Indonesia. Penasaran apa saja? Yuk, simak daftar di bawah ini!

Baca juga: 10 Kota di Indonesia yang Aman untuk Perempuan Solo Traveling

Jakarta Good Guide

Jakarta Good Guide merupakan penyelenggara walking tour yang cukup populer di wilayah Jakarta. Mereka menerapkan skema pembayaran pay as you wish, alias disesuaikan dengan kepuasanmu terhadap pelayanan si pemandu wisata. 

Saat ini, Jakarta Good Guide memiliki 2 jenis rute, yaitu rute reguler (diadakan di hari biasa) serta rute akhir pekan. Setiap rute menghabiskan waktu sekitar 2-3 jam dengan jumlah peserta 1-15 orang. Namun, kamu bisa memesan walking tour untuk rombonganmu sendiri dengan biaya 700 ribu rupiah per rombongan. Beberapa rute yang dibuka oleh Jakarta Good Guide saat ini, yaitu Old Town, Chinatown, Menteng, Pasar Baru, dan Tanah Abang. 

Kalau kamu tertarik, kamu bisa cek informasi selengkapnya dan daftar melalui website maupun akun Instagram resmi Jakarta Good Guide, ya.

Walk Indies

Selain Jakarta Good Guide, kamu juga bisa keliling Jakarta bersama Walk Indies. Walk Indies merupakan sebuah agensi perjalanan yang menawarkan berbagai jenis tur, mulai dari kapal pesiar, wisata mancanegara, wisata domestik, hingga walking tour bertajuk Jakarta City Tour. Selain itu, Walk Indies juga menawarkan cycling tour serta virtual tour

Tarif walking tour bersama Walk Indies mulai dari 185 ribu per orang untuk satu rute. Rute-rute yang ditawarkan, antara lain Harmoni di Kwitang, Malam di Pantjoran, Queen of the East, Secret Society of Batavia, serta Jejak Kuno di Salemba. Informasi selengkapnya mengenai Jakarta City Tour bisa kamu baca di website atau akun Instagram resmi Walk Indies. 

Bandung Good Guide

Jakarta Good Guide kini melebarkan sayap hingga ke Bandung. Uniknya, Bandung Good Guide nggak hanya menawarkan walking tour, tetapi juga virtual tour, cycling tour, hingga hiking tour. Sama seperti Jakarta Good Guide, walking tour ini menerapkan sistem pay as you wish

Beberapa rute yang dibuka oleh Bandung Good Guide saat ini adalah Gedung Sate, Ereveld Pandu, Bandung Stad Centrum, dan Viaduct Bandung. Kamu bisa cek informasi lebih lengkap serta daftar melalui website atau akun Instagram resmi mereka. 

Jogja Good Guide

Bagian dari serial Good Guide selanjutnya ada di Yogyakarta. Sama seperti Jakarta Good Guide, Jogja Good Guide menawarkan jadwal walking tour di hari biasa maupun akhir pekan. Rute yang dilalui sepanjang 1-3 kilometer dengan durasi 2-3 jam. Saat ini, Jogja Good Guide membuka beberapa rute, antara lain Malioboro, Kotabaru, Kotagede, Pakualaman, serta Jaba Beteng.

Apabila kamu ingin tahu lebih lanjut atau mendaftar walking tour Jogja Good Guide, kamu bisa cek website serta akun Instagram resminya, ya.

Jogja Walking Tour

Jogja Good Guide bukanlah satu-satunya penyelenggara walking tour di Yogyakarta. Kalau kamu pengen walking tour dengan fokus wisata dan edukasi sejarah, maka Jogja Walking Tour jawabannya. Sebab, walking tour yang satu ini dikelola oleh komunitas pegiat sejarah, Komunitas Malam Museum. 

Jogja Walking Tour menerapkan sistem pembayaran pay as you wish yang disesuaikan dengan kepuasan peserta terhadap pelayanan pemandu wisata. Sejumlah rute yang ditawarkan, yaitu Alun-alun Utara, Kotabaru, Candi Sambisari, Kampung Ketandan, dan Alun-alun Selatan. Kamu bisa mendaftar walking tour dengan menghubungi nomor 08995007066. Jangan lupa cek akun Instagram Jogja Walking Tour untuk informasi lebih lanjut, ya.

Palembang Good Guide

Walking tour Good Guide kini juga telah diselenggarakan di Kota Palembang, Sumatra Selatan. Palembang Good Guide memang relatif masih belia, karena baru muncul pada awal tahun 2021 lalu. Namun, mereka menawarkan rute-rute menarik yang bisa kamu ikuti dengan tarif terjangkau. 

Saat ini, Palembang Good Guide membuka sejumlah rute, seperti Sekanak, Landraad, Palembang Darussalam, Pasar 16, dan Talang Semut Een Omstreken. Kalau kamu tertarik, kamu bisa cek informasinya dan mendaftar melalui akun Instagram resmi mereka. 

Bersukaria Walk Semarang

Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya akan nilai-nilai sejarah dan budaya. Karenanya, Bersukaria Walk menawarkan walking tour untuk kamu yang ingin menjelajahi berbagai sudut Kota Semarang. Walking tour dilaksanakan setiap hari Sabtu-Minggu. Selain rute-rute reguler, Bersukaria Walk juga menawarkan rute spesial, seperti Taman Makam Pahlawan dalam rangka Hari Pahlawan Nasional. Adapun mini-trekking, cycling tour, dan Suka Jajan (walking tour sambil wisata kuliner). 

Sejumlah rute walking tour yang dibuka oleh Bersukaria Walk Semarang, antara lain Pecinan, Spoorweg, Kota Lama, Pleburan, dan Radja Gula. Skema pembayaran yang diterapkan adalah booking fee sebesar 10 ribu rupiah (untuk rute reguler) dan pay as you wish sebagai tip kepada pemandu wisata.

Informasi selengkapnya serta pendaftaran walking tour bisa kamu cek di website atau akun Instagram resmi Bersukaria Walk Semarang. 

Bersukaria Walk Surabaya

Selain Kota Semarang, Bersukaria Walk juga hadir di Kota Surabaya. Tak jauh beda, Bersukaria Walk Surabaya juga menawarkan walking tour dengan rute reguler, rute spesial, serta Suka Jajan. Skema pembayaran yang diterapkan pun masih sama, yaitu 10 ribu rupiah per orang untuk booking fee (rute reguler) dan pay as you wish sebagai tip pemandu wisata.

Rute-rute yang ditawarkan oleh Bersukaria Walk Surabaya, di antaranya adalah Darmo, Kampung Eropa, Ampel, Kembang Kuning, dan Kampung Kungfu. Kamu bisa cek informasi selengkapnya serta mendaftar melalui website atau akun Instagram resmi mereka. 

Baca juga: Museum dan Galeri Seni di Indonesia buat Kamu yang Pengen Healing

Nah, itulah sejumlah walking tour di kota-kota Indonesia yang bisa kamu ikuti untuk mengisi akhir pekanmu. Jangan lupa untuk tetap menjaga protokol kesehatan, karena pandemi COVID-19 belum berakhir. Selamat jalan-jalan, girls!

Kalau kamu butuh wadah untuk sharing seputar lifestyle, hobbies, and travel, yuk bergabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond