Menu
Career

Tips agar Tetap Sehat dan Produktif Kejar Target Kerjaan di Akhir Tahun

Akhir tahun selalu identik dengan liburan panjang menyambut pergantian tahun. Namun, bagi kamu yang sudah bekerja, bayangan mengenai akhir tahun mungkin nggak seindah seperti ketika kamu masih kecil dulu. Alih-alih membayangkan mau liburan ke mana, kamu malah dibikin pusing dengan kerjaan yang menumpuk. Ya, bagi para pekerja, akhir tahun identik dengan beban kerja segunung, mulai dari penyelesaian project hingga laporan tutup buku.

Mengejar target kerjaan di akhir tahun memang bisa sangat berdampak ke kesehatanmu. Beban kerja yang banyak ditambah waktu istirahat yang minim nggak cuma memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga mental. Bahkan bisa-bisa kamu mengalami burnout karenanya.

Tapi, mau gimana lagi? Mau nggak mau harus diselesaiin juga, ‘kan kerjaannya? Tenang, girls! Berikut ada sejumlah tips buat kamu yang lagi disibukkan dengan beban kerja di akhir tahun, supaya kamu bisa bekerja dengan produktif tanpa mengesampingkan kesehatanmu. Yuk, simak!

Baca juga: Bekerja Secukupnya dengan Quiet Quitting

Buat To-Do List

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat to-do list mengenai apa saja yang harus kamu kerjakan. To-do list dapat membantu kamu menentukan mana pekerjaan yang harus diprioritaskan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu dapat bekerja secara lebih efektif dan teratur. 

Kamu bisa menggunakan metode Ivy Lee untuk mempermudah proses bekerjamu. Caranya, buat daftar apa saja yang harus kamu kerjakan dalam sehari. Usahakan agar daftar tersebut nggak lebih dari 6 pekerjaan. Kemudian, urutkanlah mereka sesuai skala prioritasnya. Selain itu, jangan memulai pekerjaan baru sebelum kamu menyelesaikan satu pekerjaan. Kebiasaan seperti ini bikin kinerjamu jadi nggak efektif, dan ujung-ujungnya nggak ada pekerjaan yang selesai. 

Jika ada pekerjaan yang nggak selesai hari ini, pindahkan jadwalnya ke to-do list untuk esok hari. Sesuaikan skala prioritasnya dengan pekerjaan-pekerjaan lain yang harus kamu selesaikan besok. 

Baca juga: Tips Buat Kamu yang Mulai Kembali Work from Office (WFO)

Rapikan Meja Kerja

Lingkungan dan suasana yang kondusif dapat meningkatkan kualitas kerja seseorang. Oleh karenanya, pastikan kamu punya space yang rapi dan nyaman untuk bekerja, ya. Hindari kebiasaan menumpuk atau meletakkan barang secara sembarangan di meja kerjamu. Selain itu, jangan tinggalkan sampah atau sisa makanan di sana. 

Meja kerja yang berantakan bakal bikin kamu kerja dalam suasana hati yang bete. Konsentrasimu juga jadi mudah terpecah karenanya. Selain merapikan meja kerja, kamu juga bisa menggunakan wewangian untuk meningkatkan konsentrasi serta menambah kenyamanan dalam bekerja. Kamu bisa menggunakan diffuser atau lilin aromaterapi.

Baca juga: Berniat untuk Career Switch? Ini 7 Hal yang Wajib Kamu Ketahui Sebelumnya!

Perhatikan Asupan Air Putih dan Gizi Seimbang

Minum air putih nggak cuma menjaga tubuhmu tetap terhidrasi, tetapi juga membantu meningkatkan konsentrasi. Karenanya, jangan lupa minum air putih yang cukup, ya. Konsumsi air putih minimal 2 liter sehari untuk penuhi kebutuhan cairan tubuhmu.

“Tapi, aku nggak bisa kalo kerja nggak sambil minum kopi!” Nggak apa-apa, kok. Kamu boleh mengonsumsi minuman selain air putih selama bekerja. Misalnya, kopi atau minuman berenergi. Namun, jangan dikonsumsi secara berlebihan dan tetap prioritaskan konsumsi air putih, ya.

Selain minum air putih, pastikan kamu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Makanan bergizi nggak hanya memberimu energi untuk bekerja, tetapi juga menjaga kesehatan tubuhmu. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca juga: Sehat Nggak Perlu Mahal, Inilah Olahraga yang Cocok Dilakukan di Rumah Aja

Luangkan Waktu untuk Beristirahat Sejenak

Bekerja seharian memang bikin jenuh dan suntuk. Oleh karena itu, luangkan waktu di sela-sela kerjamu untuk rehat sejenak. Misalnya, setiap dua jam sekali, kamu mengambil waktu 15 menit untuk istirahat. Waktu tersebut bisa kamu gunakan untuk mencuci muka, ngemil, atau mendengarkan musik favoritmu. Kamu juga bisa menggunakannya untuk menggerakan tubuh, misalnya dengan melakukan peregangan kecil-kecilan. 

Meluangkan waktu istirahat di tengah-tengah pekerjaan ini penting untuk menyegarkan pikiranmu kembali. Setelahnya, kamu bisa kembali bekerja dengan tubuh dan pikiran yang lebih fresh. Dengan begitu, kinerjamu akan jauh lebih optimal.

Baca juga: Tips Bangkit Lagi Setelah Kena PHK

Matikan Notifikasi Handphone

Ketika bekerja, konsentrasimu mungkin sering banget buyar karena handphone. Maka dari itu, matikanlah notifikasi handphone kamu selama bekerja. Kamu bisa menggunakan mode do not disturb, mode pesawat, atau bahkan mematikan handphone secara total. Selain itu, kamu bisa hanya mematikan notifikasi aplikasi-aplikasi yang nggak ada hubungannya dengan pekerjaan.

Mengejar target kerjaan di akhir tahun memang penting. Namun, kesehatanmu jauh lebih penting. Jangan sampai kamu mengorbankan diri hanya demi pekerjaan. Ingat, kalau sampai kamu sakit, kamu nggak akan bisa bekerja dengan optimal. Ujung-ujungnya, kamu sendiri yang akan dirugikan. Tetap semangat dan jaga kesehatan, girls!

Baca juga: Waspadalah! Ini 10 Red Flags Pertanda Kamu Terjebak di Lingkungan Kerja yang Toxic

Kalau kamu pengen sharing berbagai useful tips seputar karier, kesehatan, dan gaya hidup, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

No Comments

    Leave a Reply