gagal menampilkan data

Article

10 Perusahaan Indonesia yang Diminati Fresh Graduate, Adakah Incaranmu?

Written by Angela Ranitta

Bekerja di perusahaan ternama adalah mimpi begitu banyak orang. Nggak cuma soal prestise, umumnya perusahaan-perusahaan besar menawarkan gaji serta prospek karier yang menjanjikan. Setiap kali perusahaan-perusahaan tersebut membuka lowongan, ratusan bahkan ribuan orang berlomba-lomba untuk melamar.

Fresh graduate seringkali dihadapkan dengan kebingungan ketika hendak terjun ke dunia kerja. Aku mau kerja di bidang apa? Perusahaan seperti apa yang aku inginkan? Apa ekspektasiku ketika diterima di suatu perusahaan? Goal apa saja yang aku punya berkaitan dengan karier? 

Buat kamu para fresh graduate, sekarang nggak perlu bingung lagi! Di bawah ini sudah ada daftar sejumlah perusahaan yang jadi incaran para lulusan baru di Indonesia. Penasaran apa saja?

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Supaya CV Kamu Nggak Kosong Melompong dan Dilirik Perusahaan!

PT Pertamina (Persero)

PT Pertamina (Persero)

Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih menjadi favorit para pencari kerja hingga saat ini. Bagaimana tidak? Perusahaan-perusahaan di bawah naungan BUMN nggak hanya ternama dan bergengsi. Mereka berani menawarkan gaji yang relatif tinggi bahkan bagi para fresh graduate yang baru pertama kali mencari kerja. 

Salah satu BUMN incaran fresh graduate adalah Pertamina. Pertamina merupakan perusahaan minyak dan gas bumi yang dimiliki oleh negara. Estimasi gaji fresh graduate di instansi ini adalah 4-8 juta rupiah per bulan. Menariknya, angka tersebut baru mencakup gaji pokok, lho. Kamu juga akan mendapatkan benefit lain, seperti tunjangan kesehatan, dana pensiun, kendaraan atau rumah dinas, dan masih banyak lagi. 

Baca juga: Waspadalah! Ini 10 Red Flags Pertanda Kamu Terjebak di Lingkungan Kerja yang Toxic

PT Telkom Indonesia (Persero)

PT Telkom Indonesia (Persero)

Nggak cuma Pertamina, BUMN yang nggak kalah populer di kalangan fresh graduate adalah PT Telkom Indonesia. Telkom merupakan perusahaan milik negara yang menyediakan layanan telekomunikasi secara lengkap di seluruh Indonesia. Mulai dari layanan seluler, Wi-Fi, aplikasi streaming video, sampai satelit telekomunikasi. 

Telkom jadi incaran fresh graduate bukan tanpa alasan. Sebab, perusahaan multinasional ini menawarkan gaji yang menggiurkan bagi para lulusan baru. Rata-rata gaji pegawai baru di Telkom mencapai angka 10 juta rupiah per bulan. Jumlah tersebut diperkirakan 72% lebih tinggi dari rata-rata gaji fresh graduate secara nasional.

Baca juga: Sukses Bersaing di Dunia Kerja Tahun 2023, Inilah 8 Digital Skills yang Wajib Kamu Kuasai

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)

Pegawai bank merupakan salah satu profesi idaman fresh graduate. Sebab, profesi ini menawarkan prospek karier yang menjanjikan dan relatif stabil. Gaji yang diterima pun umumnya cukup tinggi untuk ukuran fresh graduate. Salah satu bank yang jadi incaran fresh graduate adalah Bank Rakyat Indonesia (BRI). Sama seperti Pertamina dan Telkom, BRI termasuk salah satu instansi yang dinaungi oleh BUMN. 

Sebelum mulai bekerja, biasanya BRI akan memberikan pelatihan terlebih dahulu kepada para kandidat yang lolos rekrutmen. Beberapa jenis lowongan BRI yang kerap diincar fresh graduate adalah teller, customer service representative (CSR), serta pegawai IT. Pada posisi teller, kamu bisa menghasilkan mulai dari 3,2 juta rupiah per bulan. Sementara itu, gaji pegawai IT di BRI dimulai dari 4,8 juta rupiah per bulan.

Baca juga: Pekerjaan yang Diprediksi Punya Prospek Menjanjikan di Tahun 2023

Bank Central Asia 

Bank Central Asia (BCA)

Nggak cuma BRI, bank yang juga jadi perusahaan favorit para fresh graduate untuk mencari pekerjaan adalah Bank Central Asia (BCA). Berbeda dengan BRI, BCA merupakan sebuah bank swasta nasional. Sejarah BCA berawal dari sebuah perseroan dagang milik pengusaha Sudono Salim (Liem Sioe Liong) yang berdiri pada tahun 1955. Dua tahun setelahnya, perusahaan ini berganti nama dari NV Perseroan Dagang dan Industrie Semarang Knitting Factory menjadi PT Bank Central Asia, Tbk.

BCA nggak hanya memberikan gaji pokok terhadap para pegawainya. Kamu akan mendapatkan berbagai tunjangan, seperti tunjangan jabatan, tunjangan hari raya (THR), tunjangan keluarga, serta tunjangan kinerja. Selain itu, kamu akan mendapatkan fasilitas dan asuransi kesehatan, bonus, pinjaman karyawan, serta rumah dinas (bagi jenjang manajerial). 

Pada jabatan teller, gaji yang diterima berada dalam kisaran 3,2-6 juta rupiah per bulan sesuai dengan jenjang kariernya. Sementara itu, posisi yang berkaitan dengan IT dapat menghasilkan mulai dari 4 juta rupiah per bulan. Bahkan anak magang di BCA bisa menerima gaji mulai dari 3,1 juta rupiah per bulan. 

Baca juga: Kenali 10 Ciri-ciri Lowongan Kerja Palsu di Bawah Ini

Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia (BEI) alias Indonesia Stock Exchange (IDX)

Bursa Efek Indonesia (BEI) merupakan sebuah instansi yang menyediakan sistem layanan jual-beli saham di Indonesia. Perusahaan ini sering disebut juga sebagai Indonesia Stock Exchange (IDX). Sebelumnya, perusahaan ini bernama Jakarta Stock Exchange (JSX) dan berganti nama setelah melakukan merger dengan Surabaya Stock Exchange (SSX). Saat ini, BEI berbasis di Jakarta, tepatnya di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

BEI adalah salah satu perusahaan nasional yang menjadi favorit para fresh graduate. Nggak heran, karena sektor pasar modal merupakan salah satu sektor dengan prospek yang menjanjikan. Selain itu, BEI menawarkan jenjang karier serta gaji yang menggiurkan bahkan pada tahap fresh graduate sekalipun. Rata-rata penghasilan pegawai baru di BEI adalah 7 juta rupiah per bulan. 

Baca juga: Boleh Nggak, Sih Kuliah S2 Lintas Jurusan? 10 Prodi S2 di Bawah Ini Terima Lulusan S1 Beda Jurusan

HM Sampoerna

Hanjaya Mandala (HM) Sampoerna

Hanjaya Mandala Sampoerna atau yang sering disingkat HM Sampoerna merupakan salah satu perusahaan tembakau terbesar di Indonesia. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1913 oleh pebisnis keturunan Tionghoa, Liem Seeng Tee. Sejak tahun 2005, HM Sampoerna diakuisisi oleh Philip Morris International (PMI). 

Sampoerna merupakan salah satu perusahaan nasional yang diminati oleh fresh graduate. Sebelum memulai karier di sana, biasanya kamu akan mendapatkan pelatihan dari perusahaan yang disebut Graduate Trainee (GT). Program GT Sampoerna akan berlangsung selama 2 tahun. Perusahaan ini membuka lowongan untuk berbagai sektor dan posisi, mulai dari produksi, keuangan, hingga IT. Gaji di HM Sampoerna diperkirakan mulai dari 3,3 juta rupiah per bulan. 

Baca juga: Tips Menulis Cover Letter Bagi Fresh Graduate

PT Freeport Indonesia

PT Freeport Indonesia Tembagapura Mimika Papua Tengah

Kamu pasti nggak asing lagi dengan Freeport Indonesia. Perusahaan ini bergerak di bidang eksplorasi, pertambangan, pemrosesan, serta pemasaran tembaga, emas, dan perak. Freeport Indonesia berpusat di dataran tinggi Tembagapura, Kab. Mimika, Papua Tengah. 

Freeport Indonesia merupakan salah satu perusahaan tambang paling bergengsi di negara kita. Tak heran jika banyak fresh graduate yang berlomba-lomba melamar kerja di sana. Rata-rata gaji fresh graduate di Freeport Indonesia adalah 7,1 juta rupiah per bulan. Angka tersebut diperkirakan 18% lebih tinggi dari rata-rata gaji fresh graduate secara nasional. Pada tahap magang (internship) saja, kamu bisa menghasilkan sekitar 1-2 juta rupiah per bulan. 

Baca juga: Peluang Kerja Perempuan di Sektor Pertambangan dan Perminyakan

British Petroleum Indonesia

British Petroleum (BP) Indonesia

Fresh graduate nggak cuma mengincar perusahaan nasional, tetapi juga perusahaan asing yang berbasis di Indonesia. Salah satu perusahaan asing favorit mereka adalah British Petroleum (BP) Indonesia. Sesuai namanya, perusahaan ini bergerak di sektor minyak dan gas bumi. 

Di Indonesia, British Petroleum berada di bawah naungan perusahaan Tangguh LNG. BP Indonesia berbasis di Jakarta serta Papua. BP Indonesia termasuk salah satu perusahaan yang menawarkan gaji besar bagi fresh graduate. Kamu bisa mendapatkan 10-12 juta rupiah per bulan. 

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Bagi First Jobber

PT Astra Internasional

PT Astra Internasional

PT Astra Internasional sering dikira sebagai perusahaan asing. Padahal perusahaan yang satu ini asli Indonesia, lho. Astra Internasional berawal dari sebuah toko kecil di Jakarta yang didirikan oleh tiga orang pria keturunan Tionghoa pada tahun 1957. Sejak tahun 1970, Astra Internasional menjadi distributor berbagai produk asal Jepang. Mulai dari Honda, Toyota, hingga Daihatsu. 

Saat ini, Astra Internasional merupakan salah satu perusahaan multinasional paling sukses di Indonesia. Karenanya, banyak fresh graduate yang berambisi untuk bekerja di sini. Rata-rata gaji fresh graduate di Astra Internasional adalah 5,3 juta rupiah per bulan.

Baca juga: Kota Favorit di Indonesia untuk Mencari Pekerjaan

GoTo (Gojek-Tokopedia)

Gojek Tokopedia (GoTo)

Kamu pasti sudah familiar dengan Gojek dan Tokopedia. Gojek merupakan perusahaan layanan transportasi online yang didirikan oleh Nadiem Makarim. Sementara itu, Tokopedia merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan oleh William Tanuwijaya dan Leontinus Alpha Edison. Sejak tahun 2015, keduanya sering berkolaborasi, di mana Gojek menyediakan jasa kurir untuk mengantarkan barang-barang yang dibeli customer di Tokopedia. Sekitar 6 tahun setelahnya, Gojek dan Tokopedia resmi merger dengan nama GoTo. 

Saat ini, GoTo mengepalai tiga bisnis, yaitu Gojek, Tokopedia, dan GoTo Financial. Sebagai perusahaan startup, GoTo menawarkan sistem serta lingkungan kerja yang sangat cocok bagi pegawai masa kini yang mayoritas berasal dari kalangan Millennial dan Gen Z. Itulah sebabnya perusahaan ini sangat digandrungi oleh para fresh graduate. GoTo menawarkan gaji mulai dari 3 juta rupiah per bulan bagi fresh graduate

Baca juga: Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

Itulah 10 perusahaan di Indonesia yang banyak diminati dan diincar oleh fresh graduate. Buat kamu yang masih bingung menentukan langkah setelah lulus kuliah, nggak ada salahnya melamar ke salah satu perusahaan di atas. Good luck, girls!

Kalau kamu butuh tips-tips bermanfaat seputar karier dan pengembangan diri, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond