gagal menampilkan data

Article

10 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Gratis, Dijamin Mirip Native Speaker Hanya dalam Hitungan Hari!

Written by Angela Ranitta

Data dari tahun 2022 menemukan bahwa Bahasa Inggris adalah bahasa dengan penutur terbanyak di dunia, yaitu 1,12 miliar jiwa. Selanjutnya, ada Bahasa Mandarin (1,10 miliar), Bahasa Hindi (698 juta), Bahasa Spanyol (512 juta), dan Bahasa Prancis (284 juta). Bahkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa juga masuk ke dalam 20 besar bahasa yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Bahasa Indonesia berada di posisi ke-10 dengan 200 juta penutur. Sementara itu, Bahasa Jawa menempati peringkat ke-17 dengan 84 juta penutur.

Berdasarkan data di atas, bisa disimpulkan bahwa bahasa asing merupakan salah satu skill yang penting di dunia kerja. Bahkan sekarang skill berbahasa asing nggak cuma diperlukan oleh kamu yang bekerja di luar negeri aja, lho. Maraknya globalisasi dan digitalisasi memungkinkan kamu untuk berinteraksi dengan WNA meskipun kamu bekerja di Indonesia atau perusahaan dalam negeri. 

Baca juga: 10 Perusahaan Indonesia yang Diminati Fresh Graduate, Adakah Incaranmu?

Bahasa asing merupakan salah satu skill yang penting di dunia kerja masa kini.

Kemampuan berbahasa asing nggak hanya memperluas kesempatan kerja dan jaringan yang kamu miliki. Kamu bisa mengakses sumber informasi dan ilmu pengetahuan yang selama ini hanya tersedia dalam bahasa lain. Selain itu, kamu berkesempatan untuk mempelajari budaya, mengeksplorasi ide-ide baru, serta melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda. Belajar bahasa asing juga diklaim dapat memperkuat daya ingat, melatih konsentrasi, dan mempercepat kemampuan otak untuk memproses informasi. 

Ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh untuk belajar bahasa asing. Bahkan kamu bisa mempelajari bahasa asing secara gratis. Saat ini, ada banyak aplikasi untuk belajar bahasa asing secara cuma-cuma. Meskipun gratisan, tapi bukan berarti kualitasnya ecek-ecek, lho. Yuk, simak rekomendasi aplikasi belajar bahasa asing secara gratis di bawah inI!

Baca juga: 10 Negara Favorit Mahasiswa Indonesia Buat Kuliah, Adakah Negara Tujuanmu?

Duolingo

Duolingo

Belakangan, Duolingo lagi viral banget di TikTok karena konten kocaknya yang dibintangi oleh sang maskot, burung hantu hijau bernama Duo. Namun, jauh sebelum itu Duolingo sudah menjadi aplikasi belajar bahasa asing yang sangat populer di dunia. Saat ini, Duolingo menyediakan kursus online untuk lebih dari 40 bahasa. Bahkan kamu bisa mempelajari bahasa fiktif, seperti High Valyrian dari novel “A Song of Ice and Fire” dan Klingon dari film “Star Trek”.

Di aplikasi Duolingo, kamu bisa mengasah kemampuan membaca, menulis, serta mendengarkan bahasa asing. Kamu juga bisa melatih pelafalan dan memperluas perbendaharaan kata dalam bahasa tersebut. Dalam sejumlah bahasa, Duolingo menyediakan podcast berisi cerita yang dibacakan oleh penutur asli (native speaker). Selain itu, Duolingo juga memiliki fitur League di mana kamu bisa berkompetisi dengan orang lain. 

Duolingo juga meluncurkan Duolingo English Test (DET) yang merupakan aplikasi tes Bahasa Inggris. Sejumlah universitas dan institusi ternama telah menggunakan DET sebagai tolak ukur keterampilan berbahasa Inggris yang sesuai standar. Sebab, tes yang diujikan oleh DET mirip banget dengan TOEFL. DET bisa jadi alternatif buat kamu yang pengen menguji kemampuan Bahasa Inggris, tetapi mengalami keterbatasan finansial untuk ikut kursus dan ujian TOEFL. 

Baca juga: 10 Beasiswa Gratis Buat Kamu yang Pengen Kuliah di Luar Negeri

Memrise

Aplikasi belajar bahasa asing yang tak kalah populer lainnya, yaitu Memrise. Bahkan aplikasi ini sering disebut sebagai kompetitor terkuat Duolingo. Nggak heran, sebab Memrise menawarkan berbagai fitur yang nggak kalah keren. 

Memrise menyediakan kursus online untuk belajar 23 bahasa dari seluruh dunia. Sistem belajar yang diterapkan Memrise berorientasi pada perbendaharaan kata (vocabulary-oriented). Aplikasi ini cocok buat kamu yang ingin memperluas perbendaharaan kata dalam sebuah bahasa. Memrise juga dilengkapi dengan video edukasi yang menampilkan native speaker dari setiap bahasa. 

Aplikasi Memrise bisa kamu gunakan secara gratis. Namun, Memrise juga menyediakan fitur premium, yaitu grammarbot dan chatbot. Sesuai namanya, fitur grammarbot membantumu untuk melatih tata bahasa (grammar). Sementara itu, fitur chatbot bisa kamu gunakan untuk mengasah kemampuan bercakap-cakap (conversation). Kamu hanya perlu membayar 9 dollar AS (136 ribu rupiah) per bulan untuk mengakses fitur premium Memrise.

Baca juga: Yuk, Kuliah di Amerika Serikat dengan 7 Beasiswa Ini!

Busuu

Nama aplikasi ini diambil dari Bahasa Busuu di Kamerun yang saat ini terancam punah. Busuu menawarkan kursus online untuk 13 bahasa yang bisa kamu akses secara cuma-cuma. Mereka menyusun kurikulum berdasarkan level kefasihan bahasa menurut Common European Framework of Reference for Language (CEFR). Total ada empat level, yaitu A1, A2, B1, dan B2.

Materi belajar di Busuu dibagi berdasarkan tema dan meliputi latihan vocabulary, grammar, serta pelafalan. Adapun fitur kuis interaktif dan percakapan dengan native speaker, sehingga kamu bisa mendapatkan masukan secara langsung dari mereka. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas Busuu dan berinteraksi dengan banyak orang dari berbagai belahan dunia.

Busuu juga bekerja sama dengan lembaga McGraw-Hill Education untuk memberikan sertifikasi level A1 dan B2. Saat ini, sertifikasi tersedia untuk Bahasa Inggris, Spanyol, Prancis, Jerman, Italia, dan Portugis. Untuk mendapatkan sertifikasi, kamu harus mengikuti serangkaian tes di aplikasi Busuu.

Baca juga: 10 Beasiswa Kuliah di Luar Negeri yang Masih Jarang Diketahui

Mondly

Mondly adalah aplikasi belajar bahasa asing yang berbasis di Romania. Di sini, kamu bisa belajar 41 bahasa dari berbagai belahan dunia. Menariknya, Mondly memiliki kursus terpisah untuk Bahasa Inggris Amerika Serikat (American English) dan Bahasa Inggris Britania Raya (British English). Kursus online di aplikasi Mondly dibagi ke dalam tiga jenjang: pemula (beginner), menengah (intermediate), dan lanjutan (advanced). 

Salah satu keunikan Mondly adalah fitur virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang mereka tawarkan. Melalui kedua fitur tersebut, kamu dapat menjalani simulasi berkomunikasi dalam bahasa asing di dunia nyata. Aplikasi Mondly sangat cocok buat kamu yang termasuk visual learner

Mondly juga menawarkan kursus yang didesain secara spesifik untuk bidang pekerjaan tertentu. Misalnya, marketing, finance, healthcare, dan masih banyak lagi. Kursus ini direkomendasikan buat kamu yang akan atau sudah bekerja. Melalui fitur ini, kamu bisa memperkaya wawasanmu akan istilah-istilah dalam bahasa asing yang sesuai dengan bidang profesimu. 

Baca juga: Beasiswa Menarik untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Eropa

Rosetta Stone

Rosetta Stone adalah salah satu platform belajar bahasa asing yang eksis selama lebih dari tiga dekade terakhir. Platform ini berawal dari software komputer, sebelum akhirnya merilis versi aplikasinya yang bisa diunduh di Android maupun iOS. Nama Rosetta Stone terinspirasi dari sebuah prasasti Mesir Kuno yang memuat Maklumat Memphis dalam tiga bahasa. 

Saat ini, Rosetta Stone menyediakan kursus online untuk lebih dari 20 bahasa di seluruh dunia. Sama seperti Mondly, Rosetta Stone punya kursus terpisah untuk American English dan British English. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan kursus terpisah untuk Bahasa Portugis Standar dan Bahasa Portugis Brasil (Brazilian Portuguese).

Aplikasi Rosetta Stone direkomendasikan kepada visual learner karena banyak menggunakan media gambar dalam proses belajarnya. Teknologi voice recognition yang digunakan juga dapat membantu mengasah pelafalanmu. Rosetta Stone juga menawarkan fitur premium berupa live tutoring yang bisa kamu akses mulai dari 14 dollar AS (200 ribu rupiah). 

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Supaya CV Kamu Nggak Kosong Melompong dan Dilirik Perusahaan!

Beelinguapp 

Beelinguapp adalah aplikasi belajar bahasa asing yang dikembangkan David Montiel pada tahun 2016. Aplikasi Beelinguapp menawarkan kursus online untuk 12 bahasa dari berbagai belahan dunia. Menariknya, sebagian besar materi yang ada bisa kamu akses secara gratis. 

Beelinguapp menerapkan dua konsep utama dalam proses belajar, yaitu “side by side reading” dan “karaoke reading”. Dalam metode “side by side reading”, kamu akan membaca sebuah cerita dalam dua bahasa, yaitu bahasa ibu dan bahasa yang kamu pelajari. Sementara itu, “karaoke reading” adalah metode belajar berbasis audio.

Aplikasi Beelinguapp direkomendasikan buat kamu yang terbiasa belajar melalui teks atau bacaan. Ia dinilai efektif untuk meningkatkan pemahaman membaca (reading comprehension) dalam bahasa asing. Beelinguapp menawarkan bacaan dalam berbagai jenis atau genre, seperti dongeng, teks ilmiah, kutipan dari novel, cerpen, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Kerja Remote

Cakap

Aplikasi yang satu ini merupakan karya anak bangsa, lho. Cakap didirikan oleh Tomy Yunus dan Yohan Limerta pada tahun 2014. Platform Cakap bisa kamu akses melalui website resmi atau mengunduh aplikasinya yang tersedia di Android dan iOS. Saat ini, Cakap menyediakan kursus online untuk 5 bahasa: Indonesia, Inggris, Mandarin, Jepang, dan Korea. 

Masing-masing kursus bahasa memiliki kurikulum yang berbeda. Misalnya, Bahasa Inggris dirancang untuk keperluan umum, profesional/karier, dan persiapan TOEFL atau IELTS. Sementara itu, materi Bahasa Indonesia disusun untuk penutur asing. Cakap juga menyediakan simulasi tes untuk masing-masing bahasa yang bisa kamu akses secara gratis. 

Selain belajar bahasa, Cakap juga menyediakan kelas untuk berbagai skill lainnya. Contohnya, digital marketing, desain logo, sampai budidaya jamur. Bootcamp Cakap bisa kamu akses dengan skema tarif yang beragam, mulai dari 50 ribu rupiah saja. Selain itu, kamu juga bisa bergabung dengan Komunitas Cakap untuk menambah relasi dan sharing seputar pendidikan dan karier.

Baca juga: Boleh Nggak, Sih Kuliah S2 Lintas Jurusan? 10 Prodi S2 di Bawah Ini Terima Lulusan S1 Beda Jurusan

Eggbun

Eggbun adalah aplikasi yang secara spesifik didesain untuk belajar bahasa asing. Saat ini, Eggbun menawarkan kursus untuk Bahasa Korea, Jepang, dan Mandarin. Uniknya, setiap bahasa memiliki aplikasi yang terpisah, sehingga kamu bisa mempelajarinya secara lebih intensif. 

Aplikasi Eggbun menampilkan desain yang lucu, sehingga bikin kamu makin semangat saat belajar. Selama belajar, kamu akan ditemani oleh karakter Lanny yang hadir dalam bentuk chatbot. Kurikulum Eggbun disusun secara rinci, mulai dari alfabet, kata, frasa, kalimat, hingga percakapan. Setiap unit materi terdiri dari beberapa level dan kuis untuk menguji kemampuanmu. 

Saat ini, Eggbun bisa kamu unduh dan gunakan secara gratis di Android maupun iOS. Namun, ada sejumlah fitur yang hanya bisa diakses oleh pengguna premium. Kabar baiknya, fitur premium Eggbun ditawarkan dengan harga yang relatif terjangkau. Kamu hanya perlu membayar 6 dollar AS (90 ribu rupiah) per bulan atau 29 dollar AS (440 ribu rupiah) per tahun. 

Baca juga: Beasiswa untuk Kuliah di Korea Selatan, Adakah Incaranmu?

BBC Learning English

Sesuai namanya, BBC Learning English adalah aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk mengasah skill berbahasa Inggris. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan media asal Britania Raya, British Broadcasting Corporation (BBC). Menariknya, seluruh materi di aplikasi BBC Learning English bisa kamu akses secara gratis.

BBC Learning English menekankan pada skill membaca, mendengarkan, dan memahami Bahasa Inggris. Karenanya, banyak materi di dalamnya yang disajikan dalam bentuk video dan audio. Kamu juga bisa mengunduh audio dari BBC Learning English untuk kamu dengarkan secara offline

Salah satu fitur unggulan BBC Learning English adalah “6 Minutes English” alias belajar Bahasa Inggris secara intensif hanya dalam waktu 6 menit. Dalam fitur ini, kamu akan mendengarkan audio yang berisi percakapan mengenai topik tertentu, serta mempelajari sejumlah vocabulary baru darinya. BBC Learning English juga punya fitur “English at Work” untuk membantumu belajar istilah atau percakapan dalam Bahasa Inggris yang sering muncul di lingkungan kerja.

Baca juga: Yuk, Kuliah S2 di Inggris! Kupas Tuntas Beasiswa Gratis dari Chevening

Grammarly

Secara teknis, Grammarly memang bukanlah platform yang secara spesifik didesain untuk belajar bahasa asing. Namun, kamu tetap bisa memanfaatkannya untuk mengasah skill berbahasa Inggris. Grammarly menawarkan fitur utama berupa pengecekan tata bahasa dalam teks berbahasa Inggris. Ia juga bisa membantumu melakukan pengecekan plagiarisme dalam teks. 

Kamu bisa mengunduh Grammar Keyboard di Android atau iOS. Grammar Keyboard dapat memberikan koreksi secara otomatis (autocorrect) terhadap teks yang hendak kamu kirim melalui ponselmu. Saat ini, Grammarly tersedia untuk Bahasa Inggris dalam empat dialek sekaligus: Britania Raya, Amerika Serikat, Kanada, dan Australia. 

Grammarly menyediakan fitur premium yang menawarkan fasilitas koreksi per kalimat (full-sentence rewrites) dan pemilihan kata yang lebih detail dan akurat. Selain itu, ada juga fitur bisnis yang diperuntukkan bagi keperluan profesional dan perusahaan. Kamu bisa mengakses fitur premium Grammarly dengan membayar 12 dollar AS (180 ribu rupiah) per bulan. Sementara itu, fitur bisnis ditawarkan dengan tarif 15 dollar AS (220 ribu rupiah) per bulan.

Baca juga: Bootcamp Gratis Tahun 2023: Belajar Digital Skill Setara Kuliah IT Modal Nol Rupiah

Itulah beberapa platform dan aplikasi yang bisa kamu pakai untuk belajar bahasa asing secara gratis. Nggak cuma gratis, aplikasi-aplikasi di atas juga menawarkan efisiensi dalam proses belajar. Kamu bisa belajar kapan saja dan di mana saja hanya dalam hitungan menit atau jam. 

Tentunya masih banyak lagi upaya yang bisa kamu lakukan untuk belajar bahasa asing dengan cuma-cuma. Misalnya, menonton video di YouTube, menonton film atau series, membaca buku atau cerita pendek, dan sebagainya. Intinya, jangan pernah ragu untuk memanfaatkan resource yang ada di sekitarmu dengan semaksimal mungkin. Selain itu, penting untuk bersikap disiplin dan konsisten dalam belajar. Good luck, girls!

Pengen sharing tips-tips bermanfaat seputar pendidikan dan personal growth? Yuk, gabung ke Girls Beyond Circle! Girls Beyond Circle adalah tempat yang safe and fun buat cewek-cewek keren sepertimu untuk level up bareng. Klik di sini untuk join, ya!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond