Menu
All-Things Career

9 Tipe Kepribadian ala Enneagram Ini Bisa Bantu Kamu Menentukan Karier, Yuk Cari Tahu!

9 Tipe Kepribadian ala Enneagram Ini Bisa Bantu Kamu Menentukan Karier, Yuk Cari Tahu!

Kita mengenal begitu banyak teori, konsep, atau ilmu untuk mempelajari kepribadian manusia. Mulai dari MBTI, DISC, ABCD, sampai astrologi. Namun, pernahkah kamu mendengar tentang enneagram?

Enneagram merupakan salah satu alat indikator kepribadian yang dinilai cukup akurat. Teori ini dapat membantumu untuk mengenal dan menggali potensi diri. Salah satu manfaat enneagram adalah memberikan panduan seputar karier. Buat kamu yang belum tahu, kamu bisa mengakses tes enneagram gratis di sini

Berikut adalah prospek kerja yang menjanjikan untukmu berdasarkan tipe kepribadian enneagram:

Baca juga: Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

Type 1 — The Perfectionist

Kelebihan

Kamu adalah seseorang yang punya standar tinggi dalam segala hal. Tak heran kalau kamu merupakan seorang pekerja keras yang sangat detail-oriented. Kamu juga sangat mementingkan “benar atau salah” dalam segala hal. Deep down, kamu berkeinginan untuk mengubah dunia ke arah yang lebih baik dengan berbagai cara.

Kekurangan

Kamu sangat rentan terjebak dalam obsesi terhadap kesempurnaan. Akibatnya, kamu jadi gila kerja, controlling, serta sulit mengapresiasi diri sendiri maupun orang lain. Kamu juga sangat takut membuat kesalahan. Terkadang kamu juga merasa bahwa dirimulah yang paling benar, dan orang lain sebaliknya.

Prospek Kerja

Tipe 1 menyukai pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisis tinggi, serta perhatian terhadap hal-hal kecil. Kamu juga lebih menyukai pekerjaan yang punya target jelas, dan memberimu keleluasaan untuk membuat keputusan. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 1, antara lain:

  • Pengacara
  • Financial planner
  • Akuntan/auditor
  • Event planner
  • Manajer

Baca juga: 10 Perusahaan Indonesia yang Diminati Fresh Graduate, Adakah Incaranmu?

Type 2 — The Giver

Kelebihan

Kamu dikenal sebagai sosok yang hangat, ramah, serta berempati terhadap orang lain. Kamu memiliki tingkat kesabaran tinggi, serta selalu ingin membantu orang lain. Salah satu tujuan hidupmu yang utama adalah menjadi sosok yang disukai oleh banyak orang. 

Kekurangan

Keinginan untuk disukai orang lain membuatmu punya kecenderungan menjadi people pleaser. Bahkan kamu rela mengorbankan diri sendiri hanya demi menyenangkan orang lain. Ketika merasa kurang dihargai, kamu kerap melakukan guilt-tripping dengan mengungkapkan betapa besar pengorbananmu untuk orang lain dan bagaimana mereka berutang budi padamu. 

Prospek Kerja

Tipe 2 menyukai bidang karier yang tujuan utamanya adalah menolong orang lain. Kamu lebih nyaman bekerja di lingkungan yang kolaboratif dan hangat. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 2, antara lain:

  • Guru
  • Perawat
  • Terapis
  • Sales representative
  • Blogger/vlogger

Baca juga: Rahasia Karier Sukses di Tahun 2023, 10 Human Skills Ini Wajib Kamu Kuasai

Type 3 — The Achiever

Kelebihan

Kamu adalah pribadi yang ambisius, percaya diri, dan goal-oriented. Kamu punya daya saing yang kuat, serta selalu memiliki goal dalam segala hal. Tipe 3 juga dikenal sebagai seseorang yang charming dan diplomatis. Gampang banget buat kamu untuk menjadi sosok yang menonjol dan dikagumi orang lain. 

Kekurangan

Kamu sangat mengkhawatirkan image-mu dan penilaian orang lain terhadapmu. Selain itu, kamu kerap menilai dirimu hanya dari pencapaianmu saja. Akibatnya, kamu rentan menjadi seseorang yang gila kerja dan haus validasi. Sifat kompetitifmu juga seringkali bikin kamu menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang kamu mau.

Prospek Kerja

Tipe 3 adalah pekerja yang praktis dan efisien. Kamu anti banget sama yang namanya buang-buang waktu. Kamu menyukai lingkungan kerja yang kompetitif dan menawarkan prospek yang jelas. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 3, antara lain:

  • Jurnalis
  • CEO
  • Pengusaha
  • Marketing director
  • Produser

Baca juga: Manajemen Waktu Jadi Lebih Efisien, Inilah 10 Teknik Time Management yang Kamu Wajib Tahu!

Type 4 — The Individualist

Kelebihan

Dijuluki “the individualist”, kamu adalah orang yang sangat aware terhadap dirimu sendiri dan potensi yang kamu punya. Tipe 4 identik dengan sifat kreatif, ekspresif, serta berjiwa bebas. Kamu sangat jujur terhadap perasaanmu dan nggak ragu untuk mengungkapkannya. Kamu dikenal sebagai seseorang yang punya penampilan serta pemikiran yang unik.

Kekurangan

Sifat sensitif Tipe 4 bikin kamu jadi sosok yang moody dan temperamental. Kamu juga kerap terlalu memanjakan dan mengasihani diri sendiri. Selain itu, kamu memiliki ketakutan yang besar akan kehilangan ciri khas dan mengalami krisis identitas. Akibatnya, kamu sering memaksakan diri untuk terlihat berbeda daripada orang lain.

Prospek Kerja

Kamu menyukai pekerjaan yang dapat menjadi sarana ekspresi diri. Tentunya, kamu membutuhkan pekerjaan yang memberimu kebebasan berpikir, berekspresi, sekaligus bereksperimen. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 4, antara lain:

  • Seniman
  • Desainer
  • Social media manager
  • Penulis
  • Konselor

Baca juga: Dari Aries Sampai Pisces, Yuk Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Zodiakmu!

Type 5 — The Investigator

Kelebihan

Kamu adalah sosok dengan rasa ingin tahu yang besar serta “haus” akan ilmu pengetahuan. Daya konsentrasimu relatif tinggi dan kamu dapat menghabiskan waktu yang sangat lama untuk mengeksplorasi suatu ide atau mengasah skill. Tipe 5 adalah sosok yang kompeten dan selalu tahu apa yang harus kamu lakukan. 

Kekurangan

Seringkali kamu terlalu sibuk tenggelam dalam pikiranmu sendiri sehingga lupa bersosialisasi dengan orang lain. Kamu adalah sosok yang sangat independen, tetapi tak jarang kamu jadi enggan meminta pertolongan, karena takut dianggap lemah atau nggak bisa apa-apa. Kamu juga mengalami kesulitan untuk mengekspresikan diri, maupun memahami perasaan orang lain. 

Prospek Kerja

Tipe 5 cenderung lebih suka bekerja secara individu. Kamu menyukai pekerjaan yang membutuhkan kemampuan analisis dan intellectually challenging. Kamu juga sangat menyukai pekerjaan yang memberimu kesempatan untuk belajar hal baru setiap harinya. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 5, antara lain:

  • Computer programmer
  • Engineer
  • Peneliti 
  • Akademisi
  • Market research analyst

Baca juga: Sukses Bersaing di Dunia Kerja Tahun 2023, Inilah 8 Digital Skills yang Wajib Kamu Kuasai

Type 6 — The Skeptic

Kelebihan

Tipe 6 adalah sosok yang selalu mencari keamanan dan stabilitas. Ketika sudah memercayai seseorang, kamu menjadi sangat loyal, protektif, dan care padanya. Kamu juga dikenal sebagai pribadi yang bertanggung jawab, serta dapat dipercaya dan diandalkan. Kamu juga merupakan problem solver unggul yang dapat menyeimbangkan antara logika dan perasaan. 

Kekurangan

Kamu punya ketakutan yang besar terhadap ketidakpastian. Akibatnya, kamu mudah cemas dan bersikap pesimis. Kamu juga kesulitan mengambil keputusan yang besar, karena tak mau mengambil risiko. Kamu kerap meragukan kemampuanmu sendiri, dan memiliki kecenderungan bergantung pada orang lain. Hal ini karena kamu takut kehilangan sosok yang bisa mendukung atau mendampingimu.

Prospek Kerja

Tipe 6 menyukai lingkungan kerja yang stabil, konsisten, sekaligus suportif. Kamu adalah pekerja yang bertanggung jawab dan jago menyelesaikan masalah. Kamu mengharapkan karier dengan prospek yang menjanjikan serta punya durabilitas tinggi. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 6, antara lain:

  • Paralegal
  • Bankir
  • Petugas administrasi
  • Aparat kepolisian
  • Cyber security specialist

Baca juga: Bootcamp Gratis Tahun 2023: Belajar Digital Skill Setara Kuliah IT Modal Nol Rupiah

Type 7 — The Enthusiast

Kelebihan

Kamu memiliki kepribadian happy-go-lucky, outgoing, dan ramah. Kamu mudah bergaul dengan siapa saja dan selalu menunjukkan antusiasme terhadap segala hal. Tipe 7 sepertimu senantiasa tertantang untuk mencoba hal baru dan menambah pengalaman. Prinsip hidupmu adalah “live life to the fullest” dan “you only live once”.

Kekurangan

Kamu mudah merasa bosan, serta punya daya konsentrasi dan komitmen yang relatif rendah terhadap banyak hal. Akibatnya, kamu sering bertindak semaunya sendiri. Kamu juga kerap mengambil keputusan tanpa berpikir panjang. Tipe 7 memiliki ketakutan yang besar akan kehilangan kesempatan atau menjalani hidup yang biasa-biasa saja, sehingga kamu punya kecenderungan untuk bersikap FOMO.

Prospek Kerja

Tipe 7 sangat cocok dengan lingkungan kerja yang dinamis dan memberimu kesempatan untuk berinteraksi dengan banyak orang. Kamu menyukai pekerjaan yang melibatkan kreativitas dan bersifat challenging. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 7, antara lain:

  • Pemandu acara
  • Pemandu wisata
  • Travel blogger
  • Interior designer
  • Content creator

Baca juga: Kenali Peluang Kerjamu Berdasarkan Tipe Kepribadian DISC!

Type 8 — The Challenger

Kelebihan

Kamu adalah seseorang yang percaya diri, tangguh, dan tegas. Kamu dikenal sebagai sosok yang dominan oleh orang-orang di sekitarmu. Tipe 8 sepertimu nggak takut untuk membela diri atau orang lain. Kamu punya kemampuan berpikir yang relatif cepat dan berani mengambil keputusan besar serta berisiko.

Kekurangan

Tipe 8 sangat ingin dipandang sebagai sosok yang powerful. Akibatnya, kamu kerap menunjukkan sikap bossy dan mengintimidasi orang lain. Nggak jarang kamu mengambil alih pekerjaan yang bukan tugasmu, atau mengabaikan pendapat orang lain. Kamu juga kesulitan mengungkapkan perasaan karena tak ingin terlihat lemah atau diremehkan. 

Prospek Kerja

Tipe 8 adalah pekerja yang logis, praktis, dan tahan banting. Kamu mampu bekerja di bawah tekanan, serta berani mengambil inisiatif. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 8, antara lain:

  • Pengacara
  • Marketing executive
  • Real estate developer
  • PR manager
  • Konsultan finansial

Baca juga: Kenalan sama Crab Mentality yang Bikin Kamu Sering Iri dengan Kesuksesan Orang Lain

Type 9 — The Peacemaker

Kelebihan

Sesuai namanya, Tipe 9 sangat menghargai keserasian, harmoni, dan perdamaian. Kamu adalah sosok yang mudah beradaptasi serta memiliki kepribadian yang tenang. Kamu selalu bisa menyelesaikan masalah dengan kepala dingin dan menjadi penengah saat terjadi konflik. Mudah sekali bagimu untuk menjadi sosok yang disukai dan senantiasa dibutuhkan oleh orang lain.

Kekurangan

Ketakutan Tipe 9 yang paling mendasar adalah perpisahan atau kehilangan orang lain. Ketika kamu sendiri terlibat konflik, kamu cenderung sulit mengkomunikasikannya, karena takut merusak hubunganmu dengan orang yang bersangkutan. Bahkan seringkali kamu menunjukkan sikap pasif-agresif. Tak jarang kamu terkesan menyepelekan sebuah masalah dan mengabaikannya begitu saja.

Prospek Kerja

Tipe 9 menyukai lingkungan kerja yang stabil dan harmonis. Kamu tak keberatan ketika dimintai pertolongan oleh rekan kerjamu, dan kamu cenderung menyukai pekerjaan yang membutuhkan kerja tim. Rekomendasi pekerjaan untuk Tipe 9, antara lain:

  • HR manager
  • Pekerja sosial
  • Diplomat
  • Dokter hewan
  • Terapis

Baca juga: Ini Prospek Kerja Idealmu Berdasarkan Tipe Kepribadian ABCD!

Itulah prospek kerja yang sesuai bagimu berdasarkan tipe kepribadian enneagram. Semakin kamu mengenali diri sendiri, maka semakin mudah bagimu untuk menemukan pilihan karier yang sesuai. Good luck, girls!

Kalau kamu pengen dapetin lebih banyak tips bermanfaat seputar karier dan personal growth, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Girls Beyond Circle adalah tempat yang aman dan seru buat cewek-cewek keren sepertimu yang pengen level up bareng. Klik di sini untuk join, ya!

No Comments

    Leave a Reply