Menu
Career

Mau CV Tanpa Pengalaman Tetap Keren? Ketahui 5 Langkah Ini!

Sebuah CV yang lengkap, komprehensif, dan menarik dibutuhkan untuk melamar kerja. CV atau curriculum vitae adalah dokumen berisi rangkuman pendek terkait riwayat pengalaman kerjamu, kualifikasi dan sertifikasi, keterampilan, dan sejarah pendidikan.

CV membantu perusahaan mengenali dan mempelajari pengalaman yang dimiliki oleh pelamar kerja untuk menentukan relevansi kemampuan mereka. Dari situ, mereka bisa menilai pelamar dan memutuskan apakah pelamar tersebut bisa lanjut ke tahap seleksi selanjutnya.

Namun, tidak semua orang memiliki pengalaman kerja yang cukup untuk membuat CV, terutama fresh graduate yang baru saja akan terjun ke dunia kerja.

Bingung cara membuat CV yang menarik tanpa pengalaman kerja? Jangan panik! Ini 5 tips agar CV kamu tetap keren walau tidak punya pengalaman!

Baca juga: Fresh Graduate, Ini Cara Supaya CV Kamu Nggak Kosong Melompong dan Dilirik Perusahaan!

Deskripsikan Diri dengan Menarik

Secara umum, sebuah CV dimulai dengan keterangan singkat mengenai pelamar. Pada bagian ini, buatlah profil yang singkat, padat, dan jelas mengenai karakter dan keahlian dirimu dengan menarik. Hal ini menjadi lebih penting apabila pekerjaan yang kamu lamar tidak sesuai dengan jurusan atau latar belakang pendidikan.  Terangkan skills yang kamu miliki, passion atau ketertarikanmu, dan jelaskan juga pengalaman organisasi yang kamu miliki terkait posisi yang kamu kejar.

Contohnya:

Saya adalah lulusan S1 Ilmu Komunikasi yang selalu dapat bekerja sama dalam tim dan tinggi motivasi. Memiliki pengalaman berorganisasi selama 6 bulan. Sekarang mencari posisi di public relations. Seorang yang berkomitmen, kreatif, teliti, dan strategis.

Baca juga: Dari Aries Sampai Pisces, Yuk Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Zodiakmu!

Tulis Keterampilan yang Sesuai dengan Posisi

Menulis CV sama seperti mempromosikan kemampuan profesional diri. Oleh sebab itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi dan menuliskan segala kemampuan diri yang kamu tawarkan kepada perusahaan.

Mulai dengan membuat sebuah daftar berisi semua skill dan kualitas yang dikuasai. Lalu, daftar tersebut hingga hanya tersisa kualitas-kualitas yang dicari oleh perusahaan. Jika kamu bingung kualitas apa saja yang dibutuhkan, kamu bisa lihat di persyaratan pelamaran pada laman job opening yang ada.

Sebagai contoh, untuk melamar di posisi public relations, kamu bisa menyertakan skills berikut di CV:

  • Komunikasi interpersonal
  • Copywriting
  • Pengolahan media digital
  • Manajemen media sosial  

Baca juga: 10 Perusahaan Indonesia yang Diminati Fresh Graduate, Adakah Incaranmu?

Cantumkan Tugas Kuliah yang Pernah Dikerjakan

Tugas kuliahmu bisa dijadikan pengalaman, loh. Apabila kamu pernah menyusun penelitian ilmiah, kamu bisa tambahkan karya tersebut ke dalam CV-mu. Kalau kamu pernah memproduksi video atau menjadi anggota dari tim yang pernah membuat publikasi multimedia, kamu juga bisa menjadikan hal tersebut sebagai pengalaman di CV. 

Jika kamu adalah seorang blogger yang memiliki tulisan-tulisan tersendiri, kamu bisa menjelaskan bahwa kamu memiliki pengalaman sebagai seorang penulis independen atau bahkan penulis freelance. Tambahkan juga beberapa esai kuliah yang pernah dibuat ke dalam blog tersebut. Pastikan bahwa setiap peran dan kegiatan ditulis dengan terperinci dan tanpa kekurangan sesuatu apa pun agar perusahaan bisa memahami dirimu. 

Agar lebih jelas, simak contoh di bawah ini:

Baca juga: Rahasia Karier Sukses di Tahun 2023, 10 Human Skills Ini Wajib Kamu Kuasai

Buat Beberapa Tipe CV

Tak jarang orang melamar ke berbagai perusahaan dengan posisi yang berbeda-beda. Hal ini wajar dan biasa dilakukan oleh fresh graduate sedang mencari pekerjaan. Meskipun begitu, hindari penggunaan CV yang sama atau CV one-for-all ketika melamar kepada perusahaan-perusahaan tersebut.

Setiap perusahaan memiliki kriteria pemilihan calon karyawan yang berbeda. Modifikasikan CV-mu sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan oleh pihak perusahaan. Kualitas-kualitas yang dicari oleh perusahaan bisa kamu temui pada job posting pekerjaan yang kamu inginkan atau lakukan riset pribadi di internet. Kemudian, kamu bisa pakai keyword pada job posting tersebut di CV kamu.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Kerja Remote

Sediakan Portofolio yang Relevan

Portofolio menjadi syarat yang wajib dipenuhi untuk melamar ke posisi di bidang-bidang tertentu, seperti seni, desain, media, pemasaran, dan industri teknologi. Portofolio bisa dibuat menjadi tautan pada CV.

Buat portofoliomu semenarik mungkin dengan menggunakan desain dan warna yang sesuai. Selain itu, pastikan juga bahwa portofoliomu berisi karya-karya atau pencapaian selama lima tahun terakhir agar terkesan up to date. Tidak lupa juga untuk mengategorikan isi portofolio dengan teratur agar pihak HR tidak bingung.

Baca juga: Side Hustle: Kejar Passion untuk Dapat Penghasilan Tambahan

Nah, itu dia langkah-langkah mudah yang bisa bikin kamu keren walau tanpa pengalaman. Semangat, jobseekers!

Ingin tahu lebih banyak informasi seputar pembuatan CV dan tips job seeking? Mari bergabung ke Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk bergabung.

No Comments

    Leave a Reply