gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Ini 7 Jenis Tes Bahasa Inggris Buat Beasiswa dan Melamar Kerja

Written by Zefanya Pardede

Hari gini, tes bahasa Inggris penting banget kalau kamu mau bertahan, seperti tes IELTS dan TOEFL. Dalam perkuliahan, umumnya ada tes bahasa Inggris untuk beasiswa yang harus dilakukan sebagai syarat pendaftaran. Kini, ada juga beberapa lowongan kerja yang butuh tes bahasa Inggris, loh!

Nggak semua jenis tes bahasa Inggris sama. Jenis-jenis ini dibagi berdasarkan fungsi, prosedur, dan lembaga penyelenggara.

Yuk, kenalan dengan 7 jenis tes bahasa Inggris yang biasa ditemui!

Baca juga: Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Tanpa TOEFL/IELTS yang Kamu Wajib Tahu!

TOEFL

Tes bahasa Inggris TOEFL atau Test of English as a Foreign Language digunakan untuk non-native speaker atau orang-orang yang nggak menggunakan American English sebagai bahasa dasar. Biasanya, TOEFL ada dalam persyaratan beasiswa, pendaftaran kampus, dan lamaran pekerjaan. Tes bahasa Inggris ini dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

  • Paper-based test (PBT): Jenis tes bahasa Inggris TOEFL yang satu ini dikerjakan di atas kertas dan di lokasi tesnya langsung, jadi peserta harus hadir secara offline. Durasi TOEFL PBT adalah tiga jam, sudah termasuk listening, structure and written expression, writing comprehension, dan writing. Skornya adalah 310–667.
  • Computer-based test (CBT): Tes bahasa Inggris TOEFL CBT dilakukan komputer yang ada di lokasi tes diselenggarakan. Jadi meskipun dikerjakan dengan internet, peserta tetap harus hadir ke tempat tes. Di sini, peserta nggak bisa balik ke pertanyaan sebelumnya kalau sudah menjawab. Durasinya sekitar empat jam dengan skor 30–300.
  • Internet-based test (iBT): iBT jadi jenis tes bahasa Inggris TOEFL yang paling umum akhir-akhir ini, nih. Formatnya hampir sama dengan jenis-jenis TOEFL lainnya, hanya saja kamu bisa request agar pengerjaannya bisa dilakukan di rumah. Durasi TOEFL iBT adalah 3–4 jam dengan skor tertinggi 120.
  • ITP (Institutional Test Program): Tes bahasa Inggris TOEFL ITP biasanya diadakan oleh lembaga bahasa Inggris yang besar dan sudah trusted. Kalau kamu mau bekerja di lembaga pemerintahan, TOEFL ITP cocok untuk diambil.

Skor tes bahasa Inggris TOEFL valid untuk dua tahun dengan harga tes Rp3.382.000.

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri? Ini 5 Hal yang Wajib Direncanakan!

IELTS

Selain tes bahasa Inggris TOEFL, tes IELTS (International English Language Testing System) juga jadi pilihan yang paling umum. Kalau TOEFL berpatokan pada American English, tes IETLS justru menggunakan British English. Dua-duanya beda, loh!

Tes bahasa Inggris IELTS diterima oleh negara-negara Eropa, Australia, dan Selandia Baru untuk penerimaan universitas. Kalau di Indonesia, ada juga kampus-kampus dan posisi pekerjaan di perusahaan tertentu yang butuh tes bahasa Inggris IELTS.

IELTS dibagi menjadi dua jenis tes yang bisa kamu pilih. Pertama, ada general training. Ini bermanfaat buat kamu yang mau bekerja atau pindah ke Eropa, Australia dan Selandia Baru. Kedua, ada academic training. Ini digunakan untuk mendaftar sekolah, kuliah, dan profesi kedokteran.

Durasi IETLS adalah sekitar 2 jam 45 menit dengan skor tertinggi 9. Kalau kamu bisa mencapai skor 9, kamu dinyatakan Expert User! Untuk mengambil tes bahasa Inggris ini, kamu perlu membayar Rp3.000.000.

Baca juga: Mau Lolos Wawancara LPDP? Ikuti 5 Tips Ini!

TOEIC

TOEIC (Test of English for International Communication) umumnya berfungsi sebagai syarat bekerja di luar negeri. Standar penilaian tes bahasa Inggris ini berdasarkan CEFR yang mengidentifikasikasikan English proficiency dari level A1 hingga C2.

Tes ini berlangsung selama dua jam yang terdiri dari listening, comprehension, dan reading comprehension. Untuk listening dan reading, kamu harus memperoleh skor 5–495 supaya bisa lulus. Rata-ratanya kemudian akan menjadi 10–990.

Biaya tes bahasa Inggris TOEIC listening dan reading nggak semahal TOEFL dan IELTS, dengan harga Rp675.000. Namun, tes speaking dan writing dikenakan biaya Rp1.452.000.

Baca halaman berikutnya untuk melihat tes bahasa Inggris lainnya.

Mau info terkini tentang tes bahasa? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!