gagal menampilkan data

Article

Tips Hindari Depresi di Tempat Kerja, Ini 4 Langkahnya!

Written by Adila Putri Anisya

Pekerjaan yang overload dan penuh tekanan dapat membuat seseorang mengalami tertekan hingga depresi. Kondisi ini seringkali terjadi pada seseorang di tempat kerjanya, sehingga hasil kerjanya tidak maksimal. Tak hanya mempengaruhi kondisi psikis, lingkungan atau beban pekerjaan juga bisa mempengaruhi kondisi kesehatan fisik. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengelola stres di tempat kerja dengan mengikuti 4 tips berikut ini.

Baca juga: Kurangi Stres, Ini 4 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

KELOLA DEPRESI DENGAN BEROLAHRAGA RUTIN

Olahraga secara rutin adalah gaya hidup sehat yang dapat mencegah depresi. Ini karena olahraga dapat meningkatkan kadar endorfin yang dapat memperbaiki suasana hati dan membantu mencegah stres. Pengeluaran hormon endorfin saat berolahraga dapat menangkal hormon stres yang menjalar ke tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menyempatkan diri untuk berolahraga minimal 5 kali dalam seminggu selama 30 menit. 

Baca juga: 6 Gerakan Olahraga Kardio yang Praktis Agar Tetap Fit Selama WFH Maupun WFO

KOMUNIKASIKAN DENGAN PIHAK YANG BERSANGKUTAN (HRD, REKAN KERJA, PIMPINAN KERJA)

Pekerjaan yang overload, beban kerja yang penuh tuntutan, dan sikap perfeksionis bisa memicu seseorang mengalami depresi di tempat kerja. Jika kamu mengalami hal-hal tersebut, dan merasa tidak mampu untuk mengerjakan semuanya karena terlalu sering, sebaiknya komunikasikan kepada pihak yang bersangkutan seperti HRD, rekan kerja atau pimpinan kerjamu. 

Saat mengkonsumsikan hal tersebut, pastikan kamu memberikan saran agar pekerjaanmu dapat dikelola dengan baik. Dengan begitu, kamu dapat menghindari depresi. 

Baca juga: Bekerja Secukupnya dengan Quiet Quitting

Depresi adalah kondisi ketika suasana hati (mood) terganggu, menyebabkan seseorang merasa sedih berlebihan hingga kehilangan minat dalam pekerjaan. Jika pekerjaan terganggu, otomatis keberlangsungan hidupmu juga akan terganggu. Untuk itu, sebelum kamu mengalami depresi di tempat kerja, sebaiknya hindari dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Segera minta bantuan profesional, jika kondisi tersebut tidak bisa diatasi sendiri!

Baca halaman selanjutnya untuk langkah menghindari depresi di tempat kerja.

Referensi: Alodokter, Halodoc

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond