gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

7 Cara Buat Web Portofolio yang Menarik dan Praktis, Bonus Contohnya!

Written by Adila Putri Anisya

Ketika daftar kerja, mencantumkan web portofolio atau pun tipe portofolio lainnya adalah suatu keharusan bagi setiap profesional di berbagai bidang.

Website portofolio bukan hanya menjadi sarana untuk memamerkan karya-karya terbaik kamu, tetapi juga dapat menjadi alat untuk membangun citra profesional yang kuat dan meningkatkan peluang kerja.

Meski tujuannya sama dengan portofolio biasa, namun dengan membuat portofolio di web, kamu bisa lebih menjangkau lebih banyak orang serta bisa menampilkan karya lebih detail dan interaktif dibandingkan dengan portofolio berbentuk fisik atau PDF.

Tak perlu berlama-lama lagi, yuk simak cara membuat portofolio web di bawah ini.

Baca juga: 10+ Contoh Portofolio Kerja yang Profesional untuk Pelamar Kerja

CARA MEMBUAT WEB PORTOFOLIO

Agar portofolio website mu terlihat bagus dan profesional, penting untuk memerhatikan beberapa hal berikut ini!

PILIH PLATFORM YANG TEPAT

Ada banyak platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat website portofolio. Pilih platform yang sesuai dengan keterampilan dan kemampuan kamu dalam menjalankan situs web.

Selain itu, pastikan juga platform tersebut memiliki fitur yang kamu perlukan, seperti layar responsif dan kemampuan untuk menampilkan portofolio kamu dengan benar. 

Berikut adalah beberapa website portofolio online gratis yang dapat kamu gunakan.

PILIH DESAIN YANG MENARIK

Agar portofolio web kamu terlihat menarik dan profesional. Pilih tata letak yang sederhana namun elegan, juga pastikan menggunakan warna yang konsisten. Kalau bisa jangan terlalu banyak warna, cukup 2-3 warna.

Tak hanya itu, gunakanlah font yang mudah dibaca dan ukurannya sesuai. Saat memilih desain, kamu juga harus memikirkan kepribadian dan gaya profesional. 

USER-FRIENDLY 

Navigasi yang mudah dan user-friendly sangat penting dalam membuat web portofolio. Pastikan pengunjung dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka butuhkan, seperti halaman portofolio, kontak, dan profil kamu. Gunakan menu yang jelas dan letakkan navigasi di tempat yang mudah dijangkau. 

TAMPILKAN KARYA TERBAIK DENGAN INFORMASI YANG JELAS

Saat membuat portofolio website, pastikan kamu menampilkan karya-karya terbaikmu dengan informasi yang jelas. Kamu bisa menggunakan gambar atau video yang menurutmu paling baik. 

Buatlah deskripsi singkat namun tetap informatif untuk setiap karya. Kamu juga bisa mencantumkan detail lainnya, seperti tujuan, target audiens hingga hasil yang dicapai dari karya tersebut.

SERTAKAN TESTIMONI KLIEN

Untuk membuktikan keberhasilan dan kredibilitas sebagai seseorang yang profesional, kamu dapat mencantumkan testimoni dari klien sebelumnya. Sertakan testimonial yang relevan dan positif di web portofolio kamu. 

Dengan mencantumkan testimoni, ini akan menambah nilai kamu di mata rekruter atau calon klien potensial, sehingga lebih meyakinkan tentang kemampuan dan kualitas kerja kamu.

PERBARUI WEBSITE PORTOFOLIO SECARA BERKALA

Penting untuk selalu memperbarui karya-karya terbaru kamu. Jika kamu telah menyelesaikan proyek baru atau memiliki hasil yang mengesankan, segera tambahkan ke web portofolio. 

Dengan memperbarui portofolio, akan menunjukkan kepada klien potensial/rekruter bahwa kamu selalu mengembangkan diri dan memiliki kualitas kerja yang terus meningkat.

OPTIMALKAN SEO

Menjadi pekerja kreatif memang seru, kamu tak hanya bisa bekerja di satu perusahaan saja. Kamu bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari klien potensial di seluruh dunia. 

Agar portofoliomu menjangkau klien lebih luas, kamu bisa mengoptimalkan SEO. Gunakan kata kunci yang relevan dengan keahlian dan pekerjaan yang kamu tawarkan. Sertakan juga tautan balik situs web kamu dari situs-situs terbaik, misalnya blog atau media sosial kamu.

Baca juga: Gunakan 5 Situs Ini untuk Membuat Portofolio Lamaran Kerja Menarik

CONTOH WEBSITE PORTOFOLIO

Agar pemahaman kamu semakin bertambah dan menemukan gambaran atau inspirasi membuat web portofolio. Kamu bisa mencontoh beberapa contoh portofolio online berikut ini.

WEBSITE PORTOFOLIO SOCIAL MEDIA MANAGER

Sumber foto: Behance/Gracel Anne Soledad

WEBSITE PORTOFOLIO CONTENT WRITER

Sumber foto: Clippings.me/jakebleiberg

WEB PORTOFOLIO UI/UX DESIGNER

Sumber foto: dribbble.com/BadshaSarker

PORTOFOLIO WEB SOFTWARE DEVELOPER

Sumber foto: Github/Varadbhogayata

PORTOFOLIO WEBSITE ARSITEKTUR

Sumber foto: Issuu.com/madenityaraharja

Beberapa contoh web portofolio diatas bisa jadi inspirasi kamu dalam membuat portofolio profesional. Ingat, sesuaikan website dengan jenis pekerjaanmu, misalnya untuk portofolio penulis sebaiknya gunakan Clippings.me, Notion.io, atau WordPress. Sementara untuk desainer bisa menggunakan Behance atau Dribble. Dengan menentukan jenis platform, akan membuat portofoliomu dilirik oleh klien potensial.

Semoga pembahasan cara buat portofolio web dan contohnya ini membantu ya!

Dapatkan informasi menarik lainnya seputar tips & trik dunia kerja dengan bergabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Cari Tahu Contoh Portofolio Kerja dan Kerangkanya!

Sumber foto: Pexels