Menu
Mental Health

6 Ciri-ciri Introvert di Lingkungan Kerja, Wajib Perhatikan Hal Ini!

ciri ciri introvert

Dalam lingkungan kerja, kita seringkali menemui berbagai macam kepribadian. Salah satu tipe kepribadian yang cukup umum adalah introvert. Ciri-ciri introvert adalah mereka cenderung memilih bekerja sendiri atau dalam lingkungan yang tenang. 

Jika kamu termasuk dalam tipe kepribadian introvert, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini!

Baca juga: Pekerjaan Apa Saja yang Cocok untuk Introvert?

CIRI-CIRI INTROVERT DALAM LINGKUNGAN KERJA

Memiliki pribadi yang introvert di lingkungan kerja, memang tidak mudah. Apalagi jika pekerjaannya harus berkaitan dan berkolaborasi dengan banyak orang. Untuk mengetahui apakah kamu seorang introvert, yuk kenali ciri-ciri berikut!

LEBIH MENYUKAI BEKERJA SENDIRI

Salah satu ciri paling khas dari seorang introvert adalah lebih suka bekerja sendiri atau dalam lingkungan yang tenang. 

Kamu merasa lebih nyaman dan produktif ketika diberi ruang pribadi untuk berpikir dan berkonsentrasi. Jika ada pertemuan atau perkumpulan, kamu cenderung menghindarinya karena menganggap hal tersebut “berisik”.

MERASA LELAH SAAT RAPAT ATAU BERKOLABORASI

Ciri-ciri introvert adalah merasa lelah saat harus melakukan pertemuan, seperti rapat atau kolaborasi yang memerlukan tatap muka. 

Meski saat melakukan kegiatan itu kamu bersemangat, namun pada akhirnya energimu akan terkuras habis. Bisa jadi, kamu akan diam sepanjang waktu untuk mengembalikan energimu.

LINGKUP PERTEMANAN YANG SEDIKIT

Dalam menjalin pertemanan di lingkungan kerja, introvert biasanya dekat dengan segelintir orang saja. Bahkan hanya orang-orang yang bekerja sama dengannya. Meski demikian, bukan berarti kamu anti sosial, hanya saja lebih nyaman berbincang atau bertukar pikiran dengan orang yang kamu percayai. 

MENGHINDARI SOROTAN

Introvert cenderung menghindari sorotan atau perhatian yang berlebihan. Kamu lebih memilih untuk bekerja di belakang layar dan tidak suka menjadi pusat perhatian. 

Ciri-ciri kepribadian introvert adalah lebih nyaman ketika memberikan kontribusi dalam cara yang lebih tenang dan tidak mencolok.

LEBIH MENYUKAI KOMUNIKASI TERTULIS

Jika ada pilihan untuk berkomunikasi secara lisan atau tertulis, pasti introvert akan memilih komunikasi tertulis. 

Kamu akan lebih baik mengungkapkan pendapat atau ide melalui email, pesan teks, atau catatan tertulis. Ini bukan berarti kamu tidak mampu atau malu berkomunikasi secara lisan, hanya saja lebih percaya diri saat komunikasi tertulis.

PENUH DEDIKASI

Ciri-ciri orang introvert yang terakhir adalah memiliki dedikasi yang penuh. Meski tidak terlihat ekspresif secara eksternal, namun kamu benar-benar berdedikasi pada pekerjaan.

Kamu lebih memilih untuk fokus pada detail dan menyempurnakan pekerjaan daripada harus mencapai target dengan cepat. Kamu juga cenderung lebih teliti dan hati-hati dalam menghasilkan pekerjaan yang berkualitas tinggi.

Baca juga: Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Tipe MBTI Kamu

HAL-HAL YANG WAJIB DIPERHATIKAN INTROVERT DI LINGKUNGAN KERJA

Menjadi seorang introvert bukanlah suatu hal yang negatif, bukan berarti introvert adalah seseorang yang pemalu, anti sosial, atau bahkan tidak peduli terhadap orang lain. 

Jika kamu seorang introvert di lingkungan kerjamu, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut:

  • Menjadi diri sendiri. Tak masalah menjadi introvert, kamu bisa menjadi dirimu sendiri untuk bisa diterima di lingkungan kerja. Dekatilah rekan kerjamu dengan tulus tanpa terkesan “basa-basi”.
  • Up-to-date dengan berita. up-to-date tentang berita akan menambah pengetahuanmu saat diajak ngobrol dengan rekan kerja. Hal ini akan memberikan pendekatan natural tanpa terkesan basa-basi.
  • Perhatian terhadap rekan kerja. Introvert biasanya memiliki kepekaan terhadap sekitar, ini bisa kamu manfaatkan saat berada di lingkungan kerja. Cobalah perhatian ke rekan kerjamu, kenali apa interest mereka. Dengan begitu, kamu bisa membuka obrolan lebih banyak.
  • Tetap profesional. Meski kamu pribadi yang introvert, pastikan kamu tetap profesional dalam bekerja. Jangan sampai kepribadianmu membawa petaka buruk dalam kinerjamu. Tetaplah memberikan pendapat, ide, dan berkolaborasi dengan baik dengan rekan-rekanmu.

Perlu kamu ingat, ciri-ciri seorang introvert yang terlihat tidak semua sama, mengingat kepribadian manusia sangatlah kompleks. Jadi, sangat penting untuk menghormati perbedaan setiap individu dalam lingkungan kerja.

Kalau kamu, apakah termasuk ciri-ciri introvert seperti di atas?

Kamu termasuk introvert yang ingin punya banyak kenalan dan koneksi? Yuk, gabung komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Pekerjaan yang Cocok untuk Introvert, Gajinya Tetap Tinggi

Sumber foto: Pexels

No Comments

    Leave a Reply