gagal menampilkan data

Article

Sering Kelelahan saat Bangun Tidur? Simak 5 Tips Menjaga Pola Tidur yang Baik Ini Yuk!

Written by Adila Putri Anisya

Memiliki pola tidur yang baik penting diterapkan oleh setiap orang. Pasalnya, pola tidur yang buruk bisa mengganggu kesehatan, baik secara fisik maupun mental. 

Untuk beberapa orang, mungkin hal ini cukup sulit karena berbagai faktor, seperti jam kerja yang sibuk, insomnia, pengaruh obat-obatan, atau adanya masalah medis.

Dalam sebagian kasus, beberapa faktor diatas mungkin bisa diatasi dengan menerapkan tips menjaga pola tidur baik berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Mudah Untuk Tidur Lebih Nyenyak

HINDARI KONSUMSI KAFEIN SEBELUM TIDUR

Cara menjaga pola tidur yang baik pertama adalah menghindari kafein. Mengonsumsi kafein sebelum tidur dapat membuatmu terjaga dan merusak jam tidur.

Kafein dapat memblokir kimia pengontrol tidur di otak. Tak hanya itu, kafein berlebihan juga bisa meningkatkan hormon adrenalin yang membuat matamu tidak bisa mengantuk.

Baca juga: Kurangi Stres, Ini 4 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

JANGAN TIDUR SIANG BERLEBIHAN

Tidur pada siang hari memang sangat nikmat, terutama jika kamu tidak pernah tidur siang karena bekerja. Namun, tidur siang berlebihan juga bisa menjadi boomerang.

Siklus tidur yang baik untuk tidur siang yaitu 30 menit. Tidur berjam-jam hingga 3 jam lebih, justru membuat kamu kesulitan tidur di malam hari, yang akhirnya berdampak ke pola tidur selanjutnya.

Baca juga: Takut Menghadapi Hari Senin? Ini 5 Cara Mengatasi Monday Blues!

MANDI AIR HANGAT

Cara mengatur pola tidur yang baik bisa dicoba dengan mandi air hangat sebelum tidur. 

Air hangat dapat meningkatkan suhu tubuh yang membuat otot-otot lebih rileks. Kondisi tubuh yang rileks dapat membuatmu mudah terlelap.

Tak hanya itu, mandi air hangat juga dapat meningkatkan kualitas tidurmu, sehingga tidur jauh lebih nyenyak. Hal ini wajib dicoba oleh penderita insomnia agar memiliki pola tidur yang baik.

Halaman selanjutnya

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond