Menu
All-Things Career

Ternyata Ini Perbedaan Psikolog Pendidikan dan Psikolog Umum, Sudah Tahu?

psikolog pendidikan

Ketika ingin daftar kuliah psikolog, calon mahasiswa mungkin pernah dihadapi dengan beberapa pilihan fokus, salah satunya jurusan psikolog pendidikan. Memangnya, apa perbedaan psikologi tersebut dengan psikolog pada umumnya?

Dilansir dari University of Portsmouth, psikologi pendidikan berfokus pada pembelajaran dan pendidikan. Sementara, psikologi umum atau klinis, berfokus pada perawatan gangguan kesehatan mental. 

Psikologi di bidang pendidikan merupakan subkategori atau bagian dari psikologi umum yang menekankan pada pendidikan dan pengetahuan.

Untuk lebih jelasnya, simak informasi berikut.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Jurusan Psikologi yang Menjanjikan, Gajinya Bisa Sampai Rp50 Juta?

MENGENAL PSIKOLOG PENDIDIKAN

Psikolog pendidikan adalah seorang profesional yang memiliki pemahaman mendalam tentang teori dan praktik psikologi yang diterapkan dalam konteks pendidikan. 

Mereka memiliki fokus utama dalam pengembangan dan penerapan teori dan metode psikologi dalam konteks pendidikan, yang terkait dengan proses belajar mengajar, misalnya metode mengajar guru dan metode belajar siswa.

Peran psikologi pendidikan sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung bagi siswa.

Baca juga: Perbedaan Psikolog dan Psikiater dalam Menangani Pasien, Mana yang Tepat?

APA PERBEDAAN PSIKOLOG PENDIDIKAN DENGAN PSIKOLOG LAINNYA?

Secara umum, jurusan psikologi memiliki enam macam fokus, antara lain psikologi umum dan eksperimental, psikologi klinis, psikologi perkembangan, psikologi pendidikan, psikologi industri dan organisasi, dan psikologi sosial.

Untuk tahu apa perbedaan psikologi pendidikan dan psikolog lainnya, simak penjelasan berikut ini.

FOKUS UTAMA

Fokus utama psikologi pendidikan adalah menekankan pemahaman serta peningkatan belajar mengajar dalam lingkup pendidikan formal, misalnya dengan menyelidiki bagaimana siswa tersebut belajar, dan bagaimana guru tersebut membantu siswanya belajar secara efektif.

Sementara itu, psikologi umumnya mempelajari studi ilmiah secara keseluruhan tentang pikiran manusia, proses, dan dampaknya terhadap perilaku manusia.

LINGKUP KERJA

Psikolog di bidang pendidikan biasanya bekerja di lingkungan pendidikan formal, seperti sekolah dan perguruan tinggi. Mereka dapat bekerja dengan siswa dari berbagai tingkatan, mulai dari anak usia dini hingga dewasa. 

Sedangkan, psikolog umum, seperti psikologi klinis, mereka bekerja di rumah sakit, klinik, atau praktek swasta. 

TUJUAN 

Psikolog di bidang pendidikan bertujuan untuk membantu siswa dalam aspek kognitif untuk mencapai potensi penuh siswa dalam hal akademik, emosional, dan sosial.

Mereka menggunakan berbagai metode dan strategi untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin mempengaruhi kemajuan belajar siswa.

Di sisi lain, psikolog umum bertujuan untuk mengatasi dan mengobati masalah kesehatan mental individu, kemudian disembuhkan melalui terapi psikoanalisis dan perawatan secara keseluruhan. 

Baca juga: 5 Konsultasi Psikolog Gratis Online untuk Jaga Kesehatan Mental Kamu

PENTINGNYA PSIKOLOG PENDIDIKAN DALAM LINGKUNGAN PENDIDIKAN FORMAL

Peran psikologi pendidikan dalam dunia pendidikan formal sangatlah penting. Mereka dapat membantu menciptakan lingkungan belajar yang komprehensif dan mendukung, sehingga semua siswa akan merasa didengar, dihargai, dan didukung dalam proses belajar mereka.

Psikologi pendidikan dapat membantu mengidentifikasi dan mengatasi masalah yang mungkin mempengaruhi kemajuan akademik siswa, contohnya seperti kesulitan belajar, kecemasan, atau masalah perilaku. 

Selain itu, mereka juga dapat memberikan dukungan dan saran kepada guru dan orang tua dalam menghadapi tantangan yang mungkin terjadi dalam mendidik dan mengasuh anak.

Baca juga: Estimasi Biaya Konsultasi Psikolog, Banyak yang Cocok untuk Kantong Mahasiswa!

APA SAJA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN DALAM MEMILIH FOKUS PSIKOLOGI?

Banyaknya fokus jurusan pendidikan psikologi, mungkin membuat sebagian orang bingung untuk memilih fokus yang mana. Maka dari itu, sebelum memilih fokus, ada baiknya mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  • Pahami perbedaan antar jurusan, psikolog umumnya mencakup berbagai aspek perilaku manusia. Sementara, psikolog pendidikan berfokus pada proses pembelajaran dan pengajaran.
  • Kenali minat dan bakat pribadi, apakah kamu tertarik pada pemahaman perilaku manusia secara umum, atau lebih tertarik dengan cara psikologi dapat diterapkan dalam konteks pendidikan?
  • Ketahui tujuan karier pribadi, sebelum memilih pikirkan apa tujuan karier kamu di masa depan, apakah lebih ke praktik psikologi umum atau pendidikan.
  • Bicarakan dengan orang terdekat, diskusikan penentuan fokus psikolog ini dengan orang-orang yang kamu percayai, seperti keluarga, teman dekat atau penasehat akademik.

Sekiranya, itu dia beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan dalam memilih jurusan atau fokus psikolog. Semoga informasi mengenai perbedaan psikolog dan psikolog pendidikan ini dapat membantu kamu!

Diskusi bareng seputar jurusan psikolog bersama teman-teman di komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: Jangan Salah Pilih! Ini Cara Menentukan Jurusan Kuliah yang Sesuai dengan Kemampuanmu

No Comments

    Leave a Reply