Menu
All-Things Career

Daftar Gaji Pramugari Maskapai Ternama di Indonesia, Cek di Sini!

gaji pramugari

Adakah dari kamu yang bercita-cita sebagai pramugari pesawat? Profesi ini memang diimpikan banyak orang, selain setiap hari “jalan-jalan” gaji pramugari pun cukup tinggi.

Namun, tetap saja, di balik gajinya yang tinggi, mereka juga harus siap dengan jadwal yang tidak menentu. Bahkan di hari libur nasional pun mereka harus bekerja.

Bagi kamu yang tertarik dengan profesi pramugari dan penasaran berapa gaji pramugari per bulan di Indonesia. Cek infonya di sini ya!

Baca juga: 7 Macam Pekerjaan Hobi Traveling yang Menjanjikan, Liburan Setiap Hari!

GAJI PRAMUGARI DI INDONESIA

Gaji seorang pramugari per bulan sangat bervariasi, tergantung dari kebijakan setiap maskapai. Secara umum, gaji yang diterima adalah gaji pokok dan gaji tambahan, seperti jam terbang, menginap di luar kota/negeri, hingga komisi penjualan.

Selain itu, grade atau tingkatan pramugari junior dan senior berbeda. Jadi, dalam satu maskapai pun, setiap pramugari memiliki gaji yang berbeda-beda.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah bayaran pramugari pesawat di Indonesia.

GAJI PRAMUGARI PESAWAT LION AIR

gaji pramugari Lion Air
Sumber foto: Detikcom

Lion Air adalah maskapai swasta terbesar di Indonesia di bawah naungan PT Lion Mentari Airlines yang pertama kali didirikan pada tanggal 15 November 1999.

Berapa gaji dari pramugari Lion Air? Menurut berbagai sumber, gaji yang diterima mulai dari Rp15 juta hingga Rp20 juta per bulan. 

Sementara itu, gaji pokoknya hanya sekitar Rp3-5 juta per bulan untuk junior, dan Rp5-7 juta untuk senior.

GAJI PROFESI PRAMUGARI BATIK AIR

gaji pramugari Batik Air
Sumber foto: Instgaram/batikair

Maskapai Batik Air merupakan anak perusahaan dari Lion Air Group yang baru didirikan pada tahun 2013. Maskapai ini melakukan penerbangan secara domestik dan internasional.

Untuk gaji pokoknya Rp2 juta Rp3 juta per bulan. Belum lagi, ditambah uang terbang sebesar Rp40 ribu per jam serta uang makan Rp45 ribu per harinya. 

Jadi, dapat ditotalkan, bayaran pramugari di Batik Air mencapai Rp7,5 juta per bulan, belum tambahan bonus dan lain-lainnya.

GAJI PRAMUGARI CITILINK

gaji pramugari Citilink
Sumber foto: Instagram/citilink

Citilink bisa disebut sebagai maskapai saingan Lion Air. Maskapai ini berdiri tahun 2001 di bawah naungan Garuda Indonesia Group yang melayani penerbangan dari kota ke kota.

Sama seperti maskapai lainnya, gaji pokok antara junior dan senior berbeda. Untuk pramugari junior digaji Rp2-3 juta per bulan. Sementara untuk seniornya Rp5 juta per bulan.

Pramugari Citilink juga menerima uang tambahan bonus yang sangat banyak, bahkan per bulan bisa mencapai Rp20 juta.

GAJI PRAMUGARI SRIWIJAYA AIR

gaji pramugari Sriwijaya Air
Sumber foto: Detikcom

Sriwijaya Air merupakan maskapai swasta yang berbasis di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Dibandingkan maskapai lainnya, Sriwijaya Air memberikan gaji pokok yang lebih tinggi kepada pramugarinya.

Gaji yang diterima pramugari junior sekitar Rp6 juta per bulan dan untuk pramugari senior mencapai Rp12 juta per bulan. 

Gaji pokok tersebut belum termasuk uang tambahan dan bonus lainnya yang rata-rata bisa mencapai Rp19 juta atau lebih per bulan.

GAJI PRAMUGARI AIR ASIA

gaji pramugari AirAsia
Sumber foto: Detikcom

AirAsia awalnya bernama Air Wagon International (AWAIR) yang berdiri pada September 1999. Maskapai ini melayani penerbangan domestik dan internasional terjadwal. 

Bayaran pramugari AirAsia terdiri dari gaji pokok dan uang tambahan. Untuk gaji pokoknya hanya Rp4-6 juta per bulan. Nominal tersebut berlaku untuk pramugari junior dan senior serta uang terbang mulai dari Rp50 ribu per jam.

Selain gaji pokok, adapun uang tunjangan, seperti Flight Allowance dan Travel Allowance (FATA), dll yang jika ditotalkan bisa mencapai Rp15 juta per bulan.

GAJI PRAMUGARI GARUDA INDONESIA

gaji pramugari Garuda Indonesia
Sumber foto: Garuda Indonesia

Maskapai nomor satu di Indonesia, yakni Garuda Indonesia adalah maskapai BUMN yang beroperasi secara domestik dan internasional yang berdiri pada tahun 1949.

Berapa gaji yang diterima pramugari Garuda Indonesia? Sebagai maskapai ternama, bayaran pramugari yang didapatkan pun sangat tinggi. 

Pramugari junior yang training saja bisa mencapai angka Rp15 juta per bulan. Sementara, gaji seniornya bisa mencapai Rp30 juta per bulan, bisa lebih rendah maupun tinggi tergantung bonus, dan tunjangan lain-lain.

Selain mendapatkan gaji yang menggiurkan, pramugari juga bisa mendapatkan manfaat lain, seperti kesempatan bepergian ke destinasi negara tertentu, hingga mendapatkan diskon penerbangan.

Gaji pramugari memang besar, namun kamu juga harus ingat bahwa pekerjaan ini juga melibatkan waktu kerja tidak tetap, termasuk saat malam hari, akhir pekan, dan hari libur nasional.

Apakah semakin tertarik jadi pramugari?

Mau tahu gaji dari profesi lainnya? Gabung Girls Beyond Circle, yuk!

Baca juga: Train Attendant: Pramugari KAI, Ketahui Syarat, Tahapan Tes, Tugas hingga Gajinya!

Sumber foto: Detikcom

No Comments

    Leave a Reply