gagal menampilkan data

Article

5 Influencer Mental Health di Indonesia yang Sajikan Konten Bermanfaat!

Written by Adila Putri Anisya

Pentingnya mental health (kesehatan mental) telah semakin diperhatikan di Indonesia. Banyak orang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental dan mencari berbagai cara untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Salah satu sumber yang populer untuk mendapatkan informasi dan inspirasi adalah melalui influencer mental health di media sosial.

Di bawah ini adalah beberapa influencer di Indonesia yang sering membicarakan isu kesehatan mental!

Baca juga: 7 Layanan Tes Kesehatan Mental Online Gratis, Yuk Cek di Sini!

INFLUENCER MENTAL HEALTH DI INDONESIA

Media sosial menjadi platform yang sangat bermanfaat ketika digunakan oleh praktisi. Mengingat isu mental health sedang naik, kini mulai bermunculan  influencer kesehatan mental yang mengedukasi dan memberikan pesan positif kepada audiens.

Penasaran siapa saja influencer kesehatan mental di Indonesia? Girls Beyond telah merangkum lima akun influencer di media sosial yang seringkali memberikan informasi tentang mental health. Simak, ya!

ANALISA WIDYANINGRUM

Analisa Widyaningrum atau dipanggil Ana, adalah seorang profesional psikologi berdedikasi yang menjalankan praktiknya di Rumah Sakit RS JIH, Yogyakarta. 

Beliau juga merangkap sebagai pendiri sekolah kepribadian, bernama Analisa Personality Development Center (APDC). 

Saat kuliah, Ana mengambil jurusan Psikologi di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Ia juga pernah mendapatkan beasiswa Djarum Beasiswa Plus tahun 2009 dan menjadi delegasi Indonesia dalam ASEAN Youth Friendship Network pada 2010.

Ana memiliki berbagai platform yang dimanfaatkannya untuk memberikan informasi seputar mental health, seperti Youtube dan Instagram dengan tema-tema soal kecerdasan interpersonal, stres, gangguan kepribadian, hingga public speaking.

INDAH SUNDARI JAYANTI

Indah Sundari Jayanti adalah influencer mental health Indonesia yang membangun kariernya sebagai psikolog sejak tahun 2018. Indah sering membicarakan tentang pengembangan diri, pengembangan karier, public speaking, hingga tentang love and relationship.

Selama berkarier, ia sudah memiliki banyak pengalaman di industri pendidikan, hiburan, webinar, hingga talkshow sebagai speaker.

Dalam mengembangkan karier sebagai influencer kesehatan mental, ia juga membangun jasa pelayanan psikolog bernama Aditi Psychological Center, dengan memberikan pelayanan-fasilitas untuk menangani pasien yang ingin berkonsultasi.

ANDREAS KURNIAWAN

Dikenal sebagai dokter spesialis kedokteran jiwa (psikiatri), Andres Kurniawan telah banyak membagikan informasi tentang isu mental health terutama dalam behavioral dan public speaking melalui media sosial 

Saat ini, dokter Andreas berpraktik di Smart Mind Center. Ia merupakan lulusan medical doctor di kedokteran Universitas Indonesia, kemudian menempuh pendidikan dokter spesialis jurusan psikiatri di universitas yang sama.

Keaktifannya sebagai seorang psikiatri dan influencer mental health di media sosial membuatnya sering diundang sebagai pembicara dalam berbagai webinar dan menjadi narasumber di podcast. 

JIEMI ARDIAN

Jiemi Ardian adalah seorang dokter spesialis kedokteran jiwa lulusan Universitas Sebelas Maret. Saat ini beliau berpraktik di rumah sakit Siloam Hospitals dan merupakan co-founder dari Level Up With Us, yakni platform self development.

Dalam media sosialnya, ia seringkali membagikan pesan tentang self love, memaafkan, memulihkan luka, hingga mengontrol emosi.

Tak hanya aktif di media sosial, ia juga menulis buku, salah satu buku best sellernya berjudul ‘Merawat Luka Batin’, yang isinya berupa panduan untuk memahami depresi, hubungan perasaan-pikiran dan perilaku serta topik lainnya seperti mindfulness.

CLARIN HAYES

Memulai kontennya dari YouTube, Clarin Hayes dikenal sebagai influencer dan dokter muda yang suka membahas kecantikan dan kesehatan di kehidupan sehari-hari melalui berbagai platform media sosial.

Clarin merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran di Universitas Diponegoro dengan predikat cumlaude. Di tahun 2020, ia pernah dinobatkan sebagai Ambassador Youtube Creators for Change 2020 dari Google.

Sebagai dokter sekaligus influencer yang inspiratif, ia juga merilis buku yang berjudul “Are You Okay”. Dalam buku tersebut, ia berbagi kisah soal psikologis yang seringkali dialami kalangan millenial.

Influencer mental health di Indonesia memainkan peran penting dalam meningkatkan kesadaran dan pemahaman tentang kesehatan mental. 

Melalui konten yang inspiratif, informatif, dan edukatif, mereka membantu menghilangkan stigma seputar masalah kesehatan mental dan memberikan dukungan kepada mereka yang membutuhkannya. 

Dengan mengikuti mereka, kita dapat belajar banyak tentang pentingnya menjaga kesehatan mental dan mengatasi masalah yang mungkin kita hadapi.

Suka dengan konten seputar mental health? Jangan lupa untuk bergabung komunitas Girls Beyond Circle, ya!

Baca juga: 7 Jenis Terapi Psikologis dan Rekomendasi Tempatnya di Jabodetabek

Sumber foto: Pexels

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond