gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

10 Channel Youtube untuk Belajar CPNS 2024, Berikan Penjelasan Mudah dan Lengkap!

Written by Adila Putri Anisya

Pendaftaran CPNS akan segera dibuka pada bulan Maret 2024. Jika kamu mau mendaftar, yuk mulai belajar CPNS 2024 dari sekarang. Selain latihan soal melalui buku, kamu juga bisa belajar lewat channel Youtube, lho!

Salah satu keberhasilan lolos CPNS adalah dengan perbanyak latihan dan memahami materi soal. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan gambaran dan cara tepat untuk menyelesaikan soal.

Seperti yang diketahui, setelah seleksi administrasi, tes seleksi CPNS selanjutnya adalah SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) dan SKB (Seleksi Kompetensi Bidang). Nah, agar kamu bisa mengerjakan soal-nya dengan baik, Girls Beyond akan memberikan rekomendasi channel Youtube yang membahas soal-soal SKD dan SKB CPNS. Simak ya!

Baca juga: Tes CPNS 2023: Tips & Strategi Agar Lulus, Yuk Simak!

REKOMENDASI CHANNEL YOUTUBE UNTUK BELAJAR CPNS 2024

Agar bisa lolos seleksi CPNS, penting untuk melakukan persiapan, yakni dengan banyak belajar dan berlatih soal. Apabila kamu tidak les di bimbingan belajar CPNS, gak perlu khawatir, karena ada beberapa channel Youtube yang membahas soal-soal tes CPNS. Berikut adalah rekomendasinya!

PRIVAT AL FAIZ

Privat Al Faiz adalah channel Youtube milik Febri Irawan, di sini kamu bisa menemukan berbagai soal-soal yang biasa diujikan, salah satunya tes CPNS seperti SKD. Ada juga soal untuk masuk PPPK bagi kamu yang melamar PPPK.

Cara pembawaannya sangat menyenangkan dan kamu juga bisa mendapatkan tips n’ trik cara menjawab cepat, sehingga bisa efektif dalam mengerjakan soal. Channel Youtube ini juga terkenal dengan jargonnya “C untuk Cinta!”

Klik di sini

DOSENDESO

Jumlah subscriber yang banyak, yaitu 436 ribu, membuktikan bahwa channel Youtube DosenNdeso memberikan konten yang bermanfaat, terutama dalam ranah CPNS dan PPPK.

Melalui channel Youtube ini, kamu bisa menemukan beragam bentuk soal CPNS, seperti TWK, TKP, dan TIU. Selain bahas soal secara mendalam dengan waktu kurang lebih 30 menit, mereka juga membuat video di Youtube Shorts.

Klik di sini.

EDU-VID

Edu-Vid adalah channel Youtube yang membahas soal-soal ujian matematika. Ada sekitar 700 video yang membahas soal-soal tes, termasuk tentang CPNS.

Pembahasannya cukup lengkap rata-rata per video sekitar 12 menit - 30 menit. Ada juga trik cepat untuk menyelesaikan soal. Namun, cara menjelaskan relatif cepat, kamu bisa mengurangi speed jika merasa terlalu cepat.

Klik di sini.

SANG TUTOR

Channel youtube belajar CPNS 2024 selanjutnya adalah Sang Tutor. Di sana, terdapat soal-soal SKD yang sulit dan bisa dikerjakan dengan mudah melalui penjelasan dari tutor ini.

Tak hanya soal CPNS, namun ada juga soal tes seleksi PPPK. Tenang saja, channel ini sangat up to date dengan soal-soal terbaru, jadi dipastikan soal yang dibahas tidak jauh beda dengan yang dipelajari di Sang Tutor.

Klik di sini.

PING LIE

Melalui channel youtube PING LIE, kamu akan merasakan seperti sedang bimbel CPNS 2024 secara virtual. Beberapa konten belajarnya dijelaskan dengan menampilkan wajah, sehingga terasa lebih interaktif.

Selain itu, cara penyampaiannya juga tidak terlalu cepat, jadi mudah dipahami oleh penonton. Cocok untuk pemula yang baru belajar untuk tes seleksi CPNS. Ada juga konten Youtube Shorts yang bisa kamu lihat untuk penjelasan soal tunggal.

Klik di sini.

MOHAMMAD ARIF

Mohammad Arif adalah seorang lulusan CPNS yang membagikan pengalaman belajarnya melalui channel youtube pribadinya. Ia juga mengajarkan beberapa soal CPNS yang sulit dipecahkan dengan menjelaskan secara rinci.

Terdapat berbagai soal SKD seperti TWK, TIU dan TKP yang bisa dikerjakan dengan cara cepat. Ia pernah membahas trik mengerjakan 100 soal SKD dalam waktu 100 menit. Yuk, cek Youtube-nya!

Klik di sini.

VIRACUN

Channel Youtube VIRACUN membahas soal-soal tes CPNS dengan cara yang mudah dipahami. Dengan suaranya yang lembut dan pelan-pelan, membuat penonton mudah memahami penjelasannya.

Subscribers-nya cukup banyak 600an ribu, beberapa konten belajarnya juga menyentuh ratusan ribu, bahkan ada yang sampai 1 jutaan. Ada juga informasi-informasi penting seputar CPNS melalui Youtube Shorts-nya.

Klik di sini.

BELAJAR BARENG

Yuk, belajar CPNS 2024 melalui channel Youtube Belajar Bareng. Channel ini mempersembahkan berbagai bidang pendidikan mulai dari jenjang TK hingga umum, diantaranya CPNS.

Meskipun subscribers-nya belum sebanyak yang lain, namun penjelasannya mudah dimengerti. Untuk lebih mudah mencari pembahasan soal CPNS, kamu tinggal pergi ke Playlist-nya, ada video khusus untuk belajar CPNS.

Klik di sini.

HAWE

HAWE merupakan channel Youtube yang membahas soal CPNS TWK, TKP, TIU yang dilengkapi dengan trik dan tips cepat mengerjakannya. Selain itu, adapun soal-soal SKD sekolah dinas yang dibahas.

Terdapat 660 video lebih yang bisa kamu temukan di sana. Selain membahas soal tes, terdapat juga informasi ter-update seputar CPNS, sehingga peserta diharapkan tidak ketinggalan informasi penting.

Klik di sini.

DHEDI R GHAZALI

Meski tergolong baru di antara channel Youtube sebelumnya, Dhedi R Ghazali patut kamu tonton pembahasan soal CPNS-nya. Video yang diunggah berkisar 20 menit hingga 1 jam. 

Tak hanya bahas soal-soal CPNS, tapi juga memberikan beberapa tips sukses lolos CPNS, salah satunya membahas tentang wawancara CPNS. Banyak kisi-kisi materi ter-update, yang berharga dan patut dicatat.

Klik di sini.

Itu dia 10 channel youtube untuk belajar CPNS 2024. Ingat, belajar CPNS bisa dari mana saja, termasuk dengan memanfaatkan Youtube. Banyak channel Youtube bermanfaat yang memberikanmu ilmu dan pengetahuan baru yang mungkin tidak bisa didapatkan di tempat lain. Selamat belajar!

Dapatkan teman baru untuk belajar seputar CPNS 2024 melalui komunitas Girls Beyond Circle. Gabung sekarang, yuk!

Baca juga: Bocoran Formasi CPNS 2024 untuk Lulusan SMA dan S1, Cek Selengkapnya!

Sumber foto: Pexels