gagal menampilkan data

Article

7 Pekerjaan untuk Lulusan SMA dengan Gaji Tinggi di Indonesia, Yuk Lamar!

Written by Adila Putri Anisya

Kata siapa lulusan SMA tidak bisa mendapatkan gaji tinggi? Bisa kok! Di Indonesia, ada beberapa pekerjaan untuk lulusan SMA yang memberikan gaji tinggi, baik di perusahaan swasta, BUMN, atau kedinasan.

Jadi, bagi kamu yang tidak berkuliah, tak perlu khawatir, kamu bisa mencoba melamar pekerjaan yang tidak memprioritaskan gelar sarjana. Kira-kira ada pekerjaan apa saja sih? Baca sampai habis ya!

Baca juga: Ternyata Ini 5 Pekerjaan Tanpa Ijazah Terkini yang Gajinya Tinggi!

PEKERJAAN UNTUK LULUSAN SMA DENGAN GAJI TINGGI

Setiap orang ingin mendapatkan gaji yang tinggi dan untuk mendapatkan hal tersebut, mereka melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana. Padahal, ada lho pekerjaan lulusan SMA tanpa kuliah yang memberikan gaji tinggi.

Berikut adalah daftarnya!

SALES MARKETING

pekerjaan untuk lulusan sma sales marketing
Sumber foto: Pexels

Jika kamu memiliki kemampuan komunikasi yang baik, pekerjaan di bidang penjualan bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu dapat bekerja sebagai sales marketing atau pekerjaan penjualan sejenisnya.

Gaji di bidang ini juga cukup menguntungkan, terutama jika kamu memiliki kemampuan negosiasi yang baik. Semakin banyak pelanggan yang kamu dapatkan, maka komisinya juga semakin besar.

  • Kisaran gaji: Rp4 juta – Rp7 juta.

CUSTOMER SERVICE

pekerjaan untuk lulusan sma customer service
Sumber foto: Pexels

Selain sales marketing, banyak perusahaan swasta yang membuka lowongan customer service dengan minimal lulusan SMA. Bekerja di bidang ini harus memiliki keterampilan komunikasi dan pengetahuan produk atau jasa yang baik.

Banyak perusahaan BUMN yang membuka lowongan kerja minimal lulusan SMA untuk posisi customer service, misalnya di bank BNI atau PT KAI. Perusahaan tersebut biasanya membuka lowongan setiap tahun, pastikan untuk cek berkala.

  • Kisaran gaji: Rp4,5 juta – Rp5 juta per bulan.

POLISI

pekerjaan untuk lulusan sma polisi
Sumber foto: Pexels

Polisi termasuk pekerjaan untuk lulusan SMA yang banyak diminati. Namun, untuk menjadi polisi memang tidak mudah. Calon polisi harus menjalani berbagai rangkaian tes, mulai dari tes akademik hingga kesehatan jasmani.

Selain mendapatkan gaji, mereka juga mendapatkan tunjangan. Untuk mendapatkan gaji yang besar, tentu harus melewati proses, sehingga harus menunjukan performa yang baik agar naik pangkat.

  • Kisaran gaji: Rp1,64 juta – Rp5,9 juta per bulan (belum termasuk tunjangan).

PRAMUGARI

pekerjaan untuk lulusan sma pramugari
Sumber foto: Pexels

Mau jalan-jalan sambil bekerja? Pekerjaan pramugari adalah jawabannya. Sama seperti polisi, pramugari juga menjalani rangkaian tes yang ketat, mulai dari psikotes, penampilan & performa, medical check up, hingga interview.

Seorang pramugari harus berpenampilan menarik, memiliki skill komunikasi yang efektif, hingga pelayanan yang baik. Mereka juga harus siap bekerja di hari libur dan tanpa jam kerja. 

  • Kisaran gaji: Rp3 juta – > Rp10 juta per bulan (belum termasuk tunjangan).

ABK (ANAK BUAH KAPAL)

pekerjaan untuk lulusan sma anak buah kapal (ABK)
Sumber foto: Pexels

Bagi para lulusan pelayaran, memilih untuk bekerja di kapal pesiar bisa menjadi pilihan untuk mendapatkan gaji tinggi. Meskipun demikian, tidak dapat diabaikan bahwa pekerjaan ini juga membawa risiko.

Sama seperti profesi pramugari, menjadi anak buah kapal juga memberikan peluang untuk menjelajahi berbagai destinasi menarik. Namun, perlu disadari bahwa keputusan untuk terus berlayar dalam jangka waktu yang lama berarti mengorbankan waktu untuk pulang dan berkumpul dengan keluarga.

  • Kisaran gaji: Rp 319 ribu – Rp1,7 juta per bulan (berdasarkan peraturan pemerintah, belum termasuk tunjangan yang sangat besar, bisa mencapai puluhan juta).

OPERATOR PRODUKSI

pekerjaan untuk lulusan sma operator produksi
Sumber foto: Pexels

Pekerjaan lulusan SMA gaji besar selanjutnya adalah posisi operator produksi. Mereka bertugas mempersiapkan material untuk produksi hingga memastikan mesin-mesin berjalan dengan baik.

Perlu diingat, di balik gaji yang besar, risiko kerja yang diterima juga besar. Risiko tersebut meliputi potensi cedera akibat kerusakan atau ledakan mesin. Oleh karena itu, kewaspadaan dan kepatuhan terhadap prosedur keamanan kerja menjadi hal yang sangat penting ketika berkarier di bidang ini.

  • Kisaran gaji: Rp2 juta – Rp5 juta per bulan.

PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS)

pekerjaan untuk lulusan sma PNS
Sumber foto: Detik Finance

PNS adalah pekerjaan yang banyak didambakan oleh semua jenjang pendidikan. Beberapa instansi membuka formasi untuk ijazah lulusan SMA. Meskipun kesempatan ini terbuka untuk lulusan SMA, namun tidak dapat dipandang enteng. 

Seleksi CPNS dikenal sebagai suatu kompetisi yang ketat. Proses seleksi ini melibatkan serangkaian tahapan yang ketat, serta kemampuan diri yang baik agar dapat memenuhi standar yang diperlukan untuk menjadi seorang PNS.

  • Kisaran gaji: Rp2,1 juta – Rp4,1 juta (belum termasuk tunjangan)

Ada banyak lowongan pekerjaan untuk lulusan SMA dengan gaji tinggi di Indonesia. Dalam mencari pekerjaan, penting untuk mempertimbangkan minat dan keterampilan. Jika kamu memiliki minat dan keterampilan dalam salah satu bidang di atas, kamu berpeluang mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang memadai. 

Tetap semangat dan terus tingkatkan keterampilan untuk meraih kesuksesan di dunia kerja!

Mau tahu lebih banyak tentang pekerjaan dengan gaji tinggi untuk lulusan SMA? diskusi bareng temen-temen Girls Beyond Circle sekarang!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond