Menu
All-Things Career / Job Insight

5 Tips Mengirim Ucapan Terima Kasih Setelah Interview [+Bonus Template]

ucapan terima kasih setelah interview

Apakah memberi ucapan terima kasih setelah interview diperlukan? Jawabannya tentu saja ya! Ada banyak hal positif yang bisa kamu dapatkan dengan melakukannya.

Dilansir dari Indeed, beberapa perusahaan mengharapkan email ucapan terima kasih dari kandidat sebagai isyarat yang memperkuat minat kamu terhadap peran, sekaligus menunjukan sopan santun.

Lantas, bagaimana cara mengucapkan terima kasih yang tepat? Simak tips dan contoh template-nya di bawah ini!

Baca juga: Jangan Asal! Ini Contoh Body Email Lamaran Kerja Menarik yang Disukai HRD [Bonus Template]

KEUNTUNGAN MEMBERI UCAPAN TERIMA KASIH SETELAH INTERVIEW

Mengirimkan ucapan terima kasih setelah wawancara merupakan bentuk etika yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa kamu telah menghargai waktu dan perhatian yang diberikan oleh interviewer. Tindakan ini dapat mencerminkan karakter kamu sebagai seorang profesional yang berorientasi pada kerja sama.

Perlu diingat, dalam dunia kerja yang kompetitif, setiap hal kecil dapat membuat kamu berbeda dari pelamar lainnya. Memberikan ucapan terima kasih setelah wawancara adalah salah satu cara untuk menonjolkan diri kamu dari pelamar lain. 

Pasalnya, tidak semua orang melakukan hal ini, jadi tindakan ini dapat memberikan kamu keuntungan tambahan dalam membangun hubungan yang positif dengan pihak perusahaan.

Baca juga: Begini Cara Membalas Email Undangan Interview Kerja dan Contohnya

TIPS MENGIRIMKAN UCAPAN TERIMA KASIH KEPADA INTERVIEWER

Dalam mengirimkan ucapan terima kasih kepada interviewer, penting untuk memperhatikan beberapa hal. Berikut adalah tipsnya:

KIRIM DALAM WAKTU 24 JAM

Setelah selesai interview, kirimkan ucapan terima kasih dalam waktu 24 jam. Semakin cepat, maka semakin baik. Hal ini menunjukan kepada interviewer, bahwa kamu menghargai waktu mereka dan memperhatikan proses interview dengan serius.

KIRIM UCAPAN TERIMA KASIH SESUAI PLATFORM 

Memberi pesan ucapan terima kasih setelah interview, tidak harus melalui email. Kamu bisa mengirimkan lewat platform lain di mana rekruter menemukan kamu.

Apabila rekruter menemukan atau menghubungi kamu lewat LinkedIn, kamu bisa mengirim pesan kepada mereka lewat LinkedIn. Begitu pun jika mereka menghubungimu lewat WhatsApp, maka kamu bisa mengirimnya lewat WhatsApp.

MENGUCAPKAN TERIMA KASIH ATAS BENTUK “DISKUSI”

Dilansir dari The Muse, pastikan untuk berterima kasih kepada interviewer atas “diskusi” bukan atas “interview”. 

Menurut Olivia Johnson, seorang muse career coach yang telah berkarier lebih dari 20 tahun di dunia korporat mengatakan bahwa:

“Jangan pernah merujuknya sebagai wawancara. Banyak orang melakukan itu. Misalnya ‘Terima kasih banyak telah mewawancarai saya.’ Ini membuatnya tampak seperti sebuah proses yang tidak perlu dilakukan, terutama jika kamu memiliki hubungan baik atau hubungan yang mulai terbentuk dengan orang tersebut.”

JAGA PESAN SINGKAT DAN LANGSUNG KE INTI

Pastikan ucapan terima kasih singkat dan langsung ke intinya. Interviewer mungkin memiliki jadwal yang padat, jadi mereka tidak ingin membaca pesan yang terlalu panjang. 

Sebaiknya, berfokuslah pada apa yang menonjol dalam diskusi, dan diakhiri dengan mengatakan bahwa kamu menghargai kesempatan yang diberikan dan menekankan keinginan kamu untuk bergabung dengan perusahaan.

INGATKAN TENTANG BATAS WAKTU 

Pada saat interview, mungkin interviewer mengatakan tentang batas waktu pemberitahuan keputusan kandidat untuk lanjut/tidak lanjut ke proses selanjutnya. Kamu bisa mengingatkan mereka dalam ucapan terima kasih ini.

Bersikaplah sopan dan penting untuk mengatakan bahwa kamu siap memberikan informasi tambahan apapun yang mungkin diperlukan,

Baca juga: Cara Menolak Interview Kerja yang Tepat dan Sopan Kepada HRD

CONTOH EMAIL UCAPAN TERIMA KASIH SETELAH INTERVIEW DALAM BAHASA INDONESIA

Yth [Nama interviewer],

Saya ingin mengucapkan terima kasih atas waktu yang Ibu/Bapak luangkan untuk berdiskusi dengan saya hari ini. Saya sangat menghargainya dan berterima kasih atas kesempatan ini.

Setelah melalui proses wawancara ini, saya semakin yakin bahwa posisi ini adalah langkah karir yang saya cari. Saya yakin bahwa pengalaman dan kualifikasi saya dalam [sebutkan bidang] akan memungkinkan saya untuk memberikan kontribusi yang signifikan bagi perusahaan.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan untuk membahas [sebutkan topik penting yang dibahas selama wawancara]. Saya merasa sangat tertarik dan termotivasi oleh visi dan tujuan perusahaan, dan saya sangat antusias untuk berkontribusi dalam mewujudkannya.

Saya sangat berharap dapat bergabung dengan tim yang luar biasa ini dan berkolaborasi dengan rekan-rekan. Saya percaya bahwa saya dapat beradaptasi dengan cepat dan memberikan kontribusi yang berarti kepada perusahaan.

Sekali lagi, terima kasih atas kesempatan ini. Saya menantikan berita selanjutnya dan berharap dapat melanjutkan diskusi ini.

Hormat saya,

[Nama kamu]

Baca juga: Panduan Meminta Reschedule Interview Kerja [+Alasan & Contoh Membalasnya]

CONTOH EMAIL UCAPAN TERIMA KASIH SETELAH INTERVIEW DALAM BAHASA INGGRIS

Dear [Interviewer’s name],

I would like to thank you for taking the time to discuss with me today. I am very appreciative and thankful for this opportunity.

After the interview process, I am more convinced than ever that this position is the career move I am looking for. I am confident that my experience and qualifications in [specify field] will enable me to make a significant contribution to the company.

I would also like to thank you for the opportunity to discuss [specify important topics discussed during the interview]. I feel very interested and motivated by the company’s vision and goals and I am excited to contribute to realizing them.

I am looking forward to joining this wonderful team and collaborating with colleagues. I believe that I can adapt quickly and make a meaningful contribution to the company.

Once again, thank you for this opportunity. I look forward to hearing from you and hope to continue this discussion.

Sincerely,

[Your Name]

Itu dia contoh email ucapan terima kasih yang bisa kamu kirimkan ke interviewer setelah wawancara. Template di atas juga berlaku untuk ucapan terima kasih setelah interview via WhatsApp. 

Semoga membantu ya!

Mau tahu lebih banyak informasi dan tips menarik seputar karier? Yuk, join Girls Beyond Circle!

Baca juga: Ada 3 Tahap Interview Kerja, Ini Caranya Agar Kamu Bisa Lolos Seleksi!

Sumber foto: Pexels

No Comments

    Leave a Reply