Menu
All-Things Career / Job Insight

Tips Lolos Tes Kemampuan Dasar Prakerja 2024, Siap-Siap Gelombang 63!

Prakerja 2024

Pendaftaran akun Prakerja 2024 telah dibuka sejak 3 Januari 2024. Bagi peserta yang ingin mendaftar gelombang 63, pastikan sudah melakukan pendaftaran akun di website resmi.

Saat pendaftaran gelombang berlangsung, peserta akan melalui serangkaian pengisian data, mulai dari data diri hingga Tes Kemampuan Dasar (TKD). Tes ini dirancang untuk menilai kemampuan dasar calon peserta pada program Prakerja.

Nah, agar lolos Prakerja gelombang 63, yuk simak informasi mengenai Tes Kemampuan Dasar serta tips mengerjakannya!

Baca juga: Prakerja 2024: Simak Jadwal, Cara Daftar, dan Besaran Intensifnya!

APA ITU TES KEMAMPUAN DASAR DALAM PENDAFTARAN PROGRAM PRAKERJA 2024?

Program Kartu Prakerja di Indonesia mencakup Tes Kemampuan Dasar sebagai salah satu tahap dalam proses pendaftaran. 

Secara umum, Tes Kemampuan Dasar bertujuan untuk menilai kemampuan dasar peserta dalam mengikuti pelatihan dan mempersiapkan diri untuk dunia kerja. Tes ini dapat mencakup aspek-aspek seperti pengetahuan penalaran hingga pemahaman dasar matematika.

Peserta yang mendaftar diharapkan dapat menunjukkan komitmen mereka terhadap program, serta memiliki dasar pengetahuan dan keterampilan yang memadai untuk mengikuti pelatihan yang ditawarkan. 

Tes Kemampuan Dasar ini membantu pihak penyelenggara dalam memilih peserta yang paling sesuai untuk mendapatkan manfaat maksimal dari program pelatihan dan pengembangan diri yang disediakan.

Baca juga: Cara Lolos Kartu Prakerja, Siap-Siap Gelombang 62 Awal Oktober!

TIPS MENGERJAKAN SOAL TES KEMAMPUAN DASAR

Anggaplah mengerjakan soal Tes Kemampuan Dasar sebagai seleksi yang ketat. Kemungkinan kamu bisa lolos dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

BACA PETUNJUK DENGAN SEKSAMA

Sebelum memulai tes, baca petunjuk dengan seksama. Pastikan kamu memahami aturan pengerjaan, jumlah soal, durasi waktu, dan langkah-langkah yang perlu diikuti.

PASTIKAN BERADA DI TEMPAT YANG KONDUSIF

Pilih tempat yang tenang dan bebas gangguan untuk mengerjakan tes. Hindari tempat-tempat yang bising atau berpotensi mengganggu konsentrasi kamu saat mengerjakan soal. Ingat bahwa tes ini sangat menentukan kelolosanmu. Jadi, anggaplah tes Prakerja ini sebagai seleksi yang serius.

PASTIKAN INTERNET TERHUBUNG DENGAN STABIL

Selain harus berada di tempat kondusif, koneksi internet juga sangat penting. Selama waktu 40 menit ini, kamu akan mengerjakan soal menggunakan internet, jadi jangan sampai terputus dengan internet karena bisa berpotensi gagal.

SIAPKAN ALAT TULIS UNTUK CORAT-CORET

Menyiapkan alat tulis dapat mempermudah kamu dalam corat-coret perhitungan saat menjawab soal. Khususnya pada bagian soal kuantitatif, di mana seluruh pertanyaan melibatkan penggunaan konsep matematika dasar. 

Penting untuk diingat bahwa membuka alat hitung di ponsel dapat berisiko keluar dari halaman tes. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan perangkat laptop atau komputer agar dapat menjawab soal dengan lebih efisien.

PASTIKAN MENJAWAB SOAL DENGAN TEPAT

Tes Kemampuan Dasar sangat berpengaruh dalam proses seleksi Prakerja 2024. Jadi, pastikan kamu menjawab soal dengan tepat. Tidak terlalu cepat (isi mengasal) dan juga tidak terlalu lambat, karena bisa memakan waktu untuk menjawab soal lainnya.

Baca juga: Prakerja Membantu Perempuan Indonesia Lebih Mandiri!

INFORMASI PENTING MENGENAI TES KEMAMPUAN DASAR PRAKERJA 

Sama seperti tes seleksi lainnya, Tes Kemampuan Dasar hanya bisa dilakukan satu kali, sehingga penting untuk mengisinya dengan benar dan teliti. 

Tes ini dapat menentukan diterima/tidaknya peserta sebagai penerima program dan intensif Kartu Prakerja 2024.

Berikut adalah beberapa informasi mengenai Tes Kemampuan Dasar.

TES YANG DIUJI BERUPA SOAL PENALARAN VERBAL DAN KUANTITATIF

Apa saja Tes Kemampuan Dasar Prakerja? Tes yang diuji dalam Tes Kemampuan Dasar Prakerja adalah soal tentang penalaran verbal dan kuantitatif.

Penalaran verbal menguji kemampuan peserta dalam memahami dan menganalisis informasi verbal, seperti pemahaman teks dan kemampuan menyimpulkan

Sementara itu, tes kualitatif menguji kemampuan peserta dalam memahami dan menggunakan konsep matematika dasar seperti aritmatika, aljabar sederhana, dan lain-lain.

TOTAL DURASI PENGERJAAN 40 MENIT

Pastikan kamu dapat membagi waktu dengan bijak antara setiap soal, 20 menit untuk tes penalaran verbal dan 20 menit untuk tes kuantitatif. 

Jangan terlalu lama pada satu soal jika itu membuat kamu kehilangan waktu untuk menyelesaikan soal-soal lainnya. Kamu bisa memiliki opsi ‘lewati’, jika merasa sulit di satu soal. 

MASING-MASING TES BERISI 20 SOAL

Baik soal penalaran verbal dan tes kuantitatif, masing-masingnya memiliki waktu maksimal 20 menit. Dapat disimpulkan kamu hanya memiliki waktu satu menit pada setiap soal. 

TES AKAN TERUS BERJALAN JIKA HALAMAN TERTUTUP

Penting untuk diingat, jika halaman tes tertutup, maka waktu akan terus berjalan. Untuk meminimalisirkan hal ini terjadi, disarankan untuk mengerjakannya lewat komputer atau laptop.

Apabila waktu habis, tes akan terkirim otomatis meskipun ada soal yang belum diselesaikan. Maka dari itu, pastikan memanajemenkan waktu dengan baik dalam pengerjaan.

Catatan:

Jika sudah melewati Tes Kemampuan Dasar, peserta akan diarahkan untuk melakukan verifikasi wajah. Penentuan hasil diterima atau tidaknya biasanya memakan waktu 3 hari dihitung dari penutupan pendaftaran hingga pengumuman hasil seleksi.

Baca juga: Mengenal Beasiswa KJMU: Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul, Kapan Buka dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

KAPAN GELOMBANG 63 PRAKERJA 2024 DIBUKA?

Hingga saat ini belum ada informasi resmi terkait  gelombang 63 dibuka. Namun, diprediksi akan dibuka pada pertengahan Februari mendatang. 

Bagi calon pendaftar, pastikan untuk memantau media sosial resmi Prakerja di Instagram @Prakerja.go.id.

Sementara itu, pendaftaran akun sudah dibuka, kamu bisa melakukan pendaftaran akun dari sekarang di website resmi Prakerja https://dashboard.Prakerja.go.id/daftar

Dengan mengikuti tips dan memahami informasi penting di atas, diharapkan calon pendaftar dapat memahami skema Tes Kemampuan Dasar di pendaftaran Kartu Prakerja 2024 sehingga bisa merasakan manfaat program serta intensif yang diberikan. Semoga bermanfaat, ya!

Jangan ketinggalan informasi seputar Prakerja 2024, yuk gabung Girls Beyond Circle!

Baca juga: 10 Kegiatan Bermanfaat saat Menganggur yang Disukai HRD!

Sumber foto: Pexels

No Comments

    Leave a Reply