Menu
All-Things Career / Job Insight

Onboarding Adalah: Simak Tujuan, Proses dan Tips Menjalankannya!

onboarding adalah

Onboarding adalah proses penerimaan karyawan baru ketika pertama kali memasuki perusahaan. Kegiatan ini seringkali dilakukan oleh perusahaan untuk mengoptimalkan kinerja karyawan kedepannya.

Proses onboarding biasanya memakan waktu berhari-hari, bahkan ada yang sampai berminggu-minggu tergantung kebijakan perusahaan. Dengan melewati proses ini, diharapkan karyawan dapat beradaptasi dengan baik dalam waktu singkat.

Lantas, apa yang dimaksud dengan onboarding? Apa tujuan, proses dan bagaimana tips melakukannya? Simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Hari Pertama Kerja? Ini 5 Tips untuk Beri Impresi Baik di Kantor Baru

ONBOARDING ADALAH PROSES ADAPTASI KARYAWAN BARU DI SUATU PERUSAHAAN

Onboarding karyawan adalah proses yang dirancang untuk membantu karyawan baru beradaptasi dengan perusahaan dan pekerjaan mereka dengan cepat dan efektif.

Dilansir dari Forbes, onboarding mencakup segala sesuatu yang diperlukan ketika karyawan baru mulai bekerja, seperti menyelesaikan dokumen, menyiapkan work stations, mengakses komputer, mengkomunikasikan ekspektasi peran, hingga melakukan pengenalan sosial agar berhasil di perusahaan baru.

Onboarding karyawan yang berkualitas dapat meningkatkan retensi dan produktivitas. Berdasarkan laman Builtin, Strategic Human Resource Management mengatakan bahwa, “Onboarding yang baik, akan menghasilkan retensi yang baik.” Karyawan baru yang mengikuti proses onboarding, kemungkinan memiliki 69% lebih besar bertahan di perusahaan hingga tiga tahun.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membangun Relasi untuk Karier, Yuk Pelajari!

APA TUJUAN ONBOARDING KARYAWAN?

Terdapat banyak manfaat yang didapatkan perusahaan ketika melakukan onboarding, begitu juga dengan karyawannya. Berikut adalah beberapa tujuannya:

MEMPERCEPAT ADAPTASI KARYAWAN BARU

Salah satu tujuan utama dari onboarding karyawan adalah untuk mempercepat adaptasi karyawan di perusahaan. Dengan memberikan informasi yang jelas mengenai perusahaan, jobdesk, serta harapan yang ada, karyawan baru dapat lebih cepat mengerti peran dan tanggung jawab mereka. 

Hal ini akan membantu mereka untuk segera berkontribusi secara efektif dan menghindari kebingungan atau ketidaktahuan yang dapat menghambat kinerja mereka.

MENINGKATKAN RETENSI

Onboarding yang efektif juga dapat membantu meningkatkan tingkat retensi karyawan. Ketika karyawan baru merasa diterima, didukung, dan memiliki pemahaman yang jelas, mereka cenderung lebih puas dengan pekerjaan mereka. 

Dengan begitu, hal ini dapat berdampak positif terhadap tingkat retensi karyawan, sehingga perusahaan tidak perlu menghadapi masalah kehilangan karyawan yang berharga dalam waktu singkat.

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS

Ketika pertama kali masuk perusahaan baru, tentunya kita dituntut untuk produktif dengan pekerjaan. Namun, seringkali perusahaan tidak memberikan informasi atau panduan yang jelas. 

Oleh karena itu, onboarding adalah salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas, salah satunya dengan cara mengenalkan karyawan baru kepada anggota tim atau departemen lainnya, sehingga dapat mengenal satu sama lain dan bekerja sama dengan baik.

Baca juga:

PROSES ONBOARDING KARYAWAN BARU

Proses onboarding setiap perusahaan mungkin berbeda-beda, namun pada umumnya onboarding meliputi berbagai proses seperti berikut ini

PRE-ONBOARDING

Sebelum karyawan baru bergabung, perusahaan harus memberikan informasi penting terhadap karyawan baru tersebut, seperti tanggal bergabung, alamat perusahaan, hingga perlengkapan yang harus dibawa. Mereka juga akan memberitahu mengenai user atau pegawai yang pertama kali harus dijumpai.

ONBOARDING

Tahap pertama dari proses onboarding adalah orientasi. Pada tahap ini, karyawan baru diperkenalkan kepada perusahaan dengan melakukan office tour, seperti memperkenalkan tim mereka, struktur organisasi, kebijakan dan prosedur perusahaan, serta hak dan kewajiban mereka sebagai karyawan.

EVALUASI

Salah satu aspek penting dari proses onboarding adalah pembimbing. Mereka dapat membantu karyawan baru dalam beradaptasi dengan perusahaan dan memberikan bimbingan dan dukungan selama proses onboarding.

Pembimbing harus bisa evaluasi terhadap kemajuan yang dicapai oleh karyawan baru. Umpan balik yang jelas dan konstruktif juga sangat penting untuk membantu karyawan baru memahami areas yang perlu mereka tingkatkan.

Baca juga: 20+ Istilah Dalam Dunia Kerja yang Wajib Diketahui Fresh Graduate!

TIPS MENJALANI ONBOARDING BAGI KARYAWAN

Nah, bagi kamu yang akan segera onboarding di perusahaan baru, simak tips onboarding berikut ini ya!

KENALI STRUKTUR ORGANISASI DAN TIM KERJA

Hal pertama yang harus diperhatikan oleh karyawan baru adalah mengenali struktur organisasi perusahaan dan tim kerjanya. Pahami bagaimana perusahaan diorganisir, siapa atasan langsung dan rekan kerja di setiap tim. Dengan memahami struktur ini, karyawan baru dapat dengan mudah beradaptasi dan bekerja secara efektif.

PELAJARI SISTEM DAN PROSES YANG DIGUNAKAN

Setiap perusahaan memiliki sistem dan proses yang berbeda dalam menjalankan operasionalnya. Sebagai karyawan baru, penting untuk mempelajari sistem dan proses yang digunakan oleh perusahaan. Pelajari bagaimana sistem komunikasi, pelaporan, dan tugas-tugas harian dijalankan. Dengan memahami sistem dan proses ini, karyawan baru dapat bekerja dengan lebih efisien.

JANGAN TAKUT BERTANYA

Sebagai karyawan baru, jangan takut untuk bertanya. Jika ada hal-hal yang tidak dipahami, lebih baik bertanya daripada membuat kesalahan yang dapat berdampak negatif. Pastinya, kita semua pernah menjadi karyawan baru, dan tidak ada yang mengharapkan kamu untuk tahu segalanya. Jadi, jangan ragu untuk meminta bantuan jika diperlukan.

PERHATIKAN INFORMASI PENTING

Selama proses onboarding, pastikan kamu memperhatikan informasi-informasi penting yang diberikan oleh perusahaan. Catatlah jadwal pelatihan, kebijakan perusahaan, dan informasi kontak yang diberikan kepadamu. Jangan ragu untuk mencatat hal-hal penting agar kamu dapat merujuknya kembali saat diperlukan.

Proses onboarding adalah langkah awal yang penting bagi seorang karyawan baru. Dengan memperhatikan tips-tips di atas, kamu dapat menghadapi masa onboarding dengan lebih baik!

Mau tahu informasi penting lainnya seputar dunia kerja? Gabung Girls Beyond Circle, yuk!

Baca juga: Masa Probation: Tujuan, Tips Sukses dan Jika Gagal

Sumber foto: Pexels

No Comments

    Leave a Reply