Menu
Lifestyle

Selain Valentine, Ini 12 Perayaan Hari Kasih Sayang di Korea Selatan!

perayaan hari kasih sayang

Hari valentine merupakan perayaan hari kasih sayang yang diperingati di seluruh dunia setiap 14 Februari. Namun, bagi warga Korea Selatan, tidak hanya itu. Ada hari kasih sayang lain yang dirayakan oleh setiap pasangan di sana.

Lantas, apa saja hari kasih sayang di Korea? 

Baca juga: 10+ Rekomendasi Workshop Valentine’s Day Bisa Ajak Pacar!

DERETAN PERAYAAN HARI KASIH SAYANG DI KOREA

Hampir setiap bulan, tepatnya tanggal 14, pasangan di Korea merayakan hari kasih sayang. Di setiap tanggal tersebut, ada julukan di mana pasangan harus melakukan sesuatu sesuai hari perayaannya. 

Berikut adalah 12 perayaan kasih sayang Korea!

DIARY DAY – 14 JANUARI

perayaan hari kasih sayang di korea diary day

Diary Day adalah sebuah perayaan di mana sepasang kekasih saling menukar diary mereka yang berisi ungkapan perasaan masing-masing. Pada hari yang istimewa ini, mereka juga menuliskan resolusi yang akan mereka wujudkan sepanjang tahun baru. Tradisi ini dilaksanakan setiap tanggal 14 Januari.

WHITE DAY – 14 MARET

perayaan hari kasih sayang di korea white day
Sumber foto: Pexels

Sekitar sebulan setelah hari valentine, pasangan di Korea Selatan merayakan White Day. Pada hari ini, laki-laki yang menerima hadiah dari pasangan mereka di hari valentine, harus memberikan balasan dengan hadiah yang lebih besar dan lebih mahal. White Day juga seringkali digunakan sebagai hari untuk menyatakan perasaan seseorang kepada gebetan mereka.

BLACK DAY – 14 APRIL

perayaan hari kasih sayang di korea black day
Sumber foto: Wikipedia

Tak hanya pasangan yang bisa merayakan hari kasih sayang, tetapi orang yang jomblo juga akan merayakan Black Day, di mana para jomblo akan berkumpul bersama untuk makan malam. Dalam tradisinya, mereka akan memakan jajangmyeon (mie hitam) yang merupakan simbol kesendirian.

YELLOW DAY – 14 MEI

perayaan hari kasih sayang di korea yellow day
Sumber foto: Pexels

Tepat pada musim semi di Korea, di tanggal 14 Mei, sepasang  kekasih akan berpakaian couple berwarna kuning. Mereka juga saling bertukar bunga mawar kuning. Di sisi lain, bagi mereka yang masih menjomblo, momen ini dirayakan dengan menikmati hidangan kari kuning khas Korea.

KISS DAY – 14 JUNI

perayaan hari kasih sayang di korea kiss day
Sumber foto: Pexels

Kiss Day merupakan hari kasih sayang Korea, di mana sepasang kekasih menunjukkan kemesraannya di publik. Meski dianggap tidak lazim berciuman di depan umum, namun pada tanggal 14 Juni hal ini diwajarkan. 

Dalam rangka merayakan Kiss Day, beberapa brand kecantikan biasanya menjual beberapa produk edisi terbatas edisi Kiss Day.

SILVER DAY – 14 JULI

perayaan hari kasih sayang di korea silver day
Sumber foto: Pexels

Perayaan hari kasih sayang selanjutnya adalah Silver Day. Pada tanggal 14 Juli pasangan di Korea akan menggunakan cincin couple yang menandai bahwa hubungan mereka serius. Banyak yang mengambil kesempatan ini untuk mempertemukan pasangan mereka kepada orang tuanya sebagai tanda keseriusan.

GREEN DAY – 14 AGUSTUS

perayaan hari kasih sayang di korea green day
Sumber foto: Pexels

Green Day di Korea Selatan merujuk pada warna botol soju. Dalam menyambut musim panas ini, sepasang kekasih sering merayakannya dengan menghabiskan waktu bersama di alam terbuka yang hijau, diikuti dengan piknik sambil menikmati minuman soju.

PHOTO/MUSIC DAY – 14 SEPTEMBER

perayaan hari kasih sayang di korea photo day
Sumber foto: Pexels

Sebagai sepasang kekasih, berfoto sudah menjadi hal lumrah. Namun, kali ini dirayakan dengan berfoto di photobox atau menyewa fotografer untuk mendokumentasikan foto bersama. Setelah berfoto, mereka biasanya melanjuti dengan karoke bersama. 

WINE DAY – 14 OKTOBER

perayaan hari kasih sayang di korea wine day
Sumber foto: Pexels

Seperti namanya, Wine Day. Pada perayaan hari kasih saya ini, para pasangan akan menghabiskan waktu berdua sambil menikmati wine di sela-sela dinner romantis bertemakan western.

PEPERO DAY – 11 NOVEMBER

perayaan hari kasih sayang di korea pepero day
Sumber foto: Koreaboo

Pepero Day mirip dengan hari valentine dan White Day. Seorang sahabat atau pasangan biasanya akan saling bertukar Pepero, yakni biskuit stik berlapis cokelat asal Korea sebagai simbol harapan. Konon, bertukar Pepero dan memakannya jam 11:11 akan membuat mereka lebih tinggi dan kurus seperti Pepero.

MOVIE DAY – 14 NOVEMBER

perayaan hari kasih sayang di korea movie day
Sumber foto: Pexels

Setelah tanggal 11, di tanggal 14 November pasangan di Korea akan menonton film bersama sebagai bentuk perayaan Movie Day. Tak harus pergi ke bioskop, mereka bisa saja menonton di rumah seperti membuat teater studio sendiri.

HUG DAY – 14 DESEMBER

perayaan hari kasih sayang di korea hug day
Sumber foto: Pexels

Bulan Desember, saatnya sepasang kekasih untuk berlama-lama saling berpelukan. Di bulan ini, musim dingin telah tiba, mereka biasanya saling memberikan kaus kaki agar tetap hangat. Kehangatan ini juga bisa diatasi dengan berpelukan.

Perayaan hari kasih sayang di Korea Selatan memiliki tradisi yang unik dan beragam. Setiap bulan dari Januari hingga Desember memiliki hari khusus untuk merayakan cinta, persahabatan, dan hubungan. Apakah kalian juga tertarik?

Dapatkan fakta-fakta unik lainnya seputar Korea Selatan dengan gabung ke komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 5 Artis Korea yang Terkena Cancel Culture, Pemboikotan Massal yang Menghancurkan Karier

Sumber foto: Pexels

No Comments

    Leave a Reply