gagal menampilkan data

Article

Feminine Energy adalah Sisi Kelembutan yang Bisa Dimiliki Laki-laki, Ini Penjelasannya

Written by Adila Putri Anisya

Feminine energy adalah sisi dalam diri setiap orang yang mengacu pada kelembutan. Berbeda dengan masculine energy yang mengacu pada ketegasan, logika, dan kemandirian.

Istilah “feminine” biasanya mengacu pada perempuan, namun sebenarnya energi ini bersifat alami, dan bisa ada juga dalam diri seorang laki-laki, hanya saja perempuan lebih sering mengaktifkan energi femininnya.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang feminine energy dan bagaimana jika ada dalam diri laki-laki, berikut adalah ulasan selengkapnya!

Baca juga: Perempuan Bisa Punya Masculine Energy, Gini Penjelasannya!

APA ITU FEMININE ENERGY?

Dikutip dari Better Topics, feminine energy adalah sebuah konsep yang mengacu pada kualitas dan karakteristik, yang secara tradisional dikaitkan dengan feminitas, seperti intuisi, empati, pengasuhan, penerimaan, kreativitas, kecerdasan emosional, dan keterhubungan.

Feminine energy mengajarkan kita bahwa kekuatan tidak selalu keras atau mendominasi, tetapi juga dapat ditemukan dalam kelembutan. Dengan menghargai sifat feminin ini, kita dapat membentuk jiwa yang lebih ramah dan seimbang.

Ada kalanya kita harus mengaktifkan diri dengan energi feminin, contohnya seperti kita menenangkan diri, mencintai diri sendiri, merasa empati, dan mengutamakan perasaan.

Di sisi lain, ada kalanya kita mengaktifkan energy masculine seperti saat menjadi seorang pemimpin, mengambil keputusan, atau saat melindungi diri kita sendiri dari ancaman.

Jadi, perlu ditegaskan lagi, bahwa di sini kita membahas energi dan kualitas, bukan gender, itulah mengapa penting untuk memiliki energi yang seimbang, antara sisi feminin dan maskulin dalam kehidupan.

Baca juga: 6 Tipe Kepribadian Perempuan: Alpha, Beta, Omega, Gamma, Delta, Sigma

DARK FEMININE ENERGY VS LIGHT FEMININE ENERGY

Tahukah kamu bahwa feminine energy juga memiliki dua sisi? Seperti yang dijelaskan dari laman The Lady Love Living, bahwa feminine energy terbagi menjadi dark feminine energy dan light feminine energy.

DARK FEMININE ENERGY

Dark feminine energy adalah sisi feminitas yang penuh dengan gairah, berapi-api (bukan berarti ledakan emosi), dan transformatif. Sisi dark memungkinkan kamu membela diri sendiri, menggunakan batasan, kesukaan dan ketidaksukaan, sehingga pada akhirnya mendapatkan apa yang kamu inginkan dalam hidup.

Dark feminine sangat terlihat jelas ketika mereka percaya diri dengan diri mereka sendiri. Mereka nyaman dengan tubuhnya, dan cenderung mengekspresikan dirinya secara seksual.

Ketika perempuan mengaktifkan dark feminine, ini dapat membantu mereka menyembuhkan luka femininnya dengan memberikan kekuatan serta keberanian dengan mengkomunikasikannya secara langsung tentang kebutuhan dan keinginannya.

Namun, di sisi lain, dark feminine energy juga bisa disalahgunakan, misalnya bisa menjadi lebih dramatis, manipulatif, hingga kodependen. Itulah mengapa, harus diseimbangkan dengan light feminine energy. 

LIGHT FEMININE ENERGY

Berlawanan dengan dark feminine energy, light feminine energy adalah tentang cahaya, keterbukaan dan kebahagiaan. Ketika seseorang memiliki jenis energi ini, mereka terlihat sangat lembut, hangat, dan cenderung disukai serta dipuji banyak orang. 

Hal itu disebabkan karena sifat mereka yang terbuka terhadap kehidupan, dan menikmati setiap momen yang diberikan. Ketika kamu bertemu dengan orang dengan light feminine, mereka sangat hangat dan ramah, ini membuat orang-orang didekatnya nyaman dan senang.

Light feminine energy selalu menyebarkan aura positif. Mereka selalu memancarkan kegembiraan dan kebahagiaan melalui kehidupan mereka, serta menarik hal-hal baik dalam hidupnya.

Dark Feminine EnergyLight Feminine Energy
MisteriusIntuitif
KarismatikEmosional
AsertifNaif
AutentikPengasuhan
Tak kenal takutEmpati
KuatTenang
Percaya diriPenuh kasih sayang
MagnetikAnggun
BebasLemah lembut
PersuasifKesabaran

KESIMPULAN

Dikutip dari Eunoia of The Seoul, dark dan light feminine energy perlu seimbang. Dark feminine energy bisa diterapkan saat situasi lingkungan terjebak dalam stereotipe yang sering muncul dari norma-norma patriarki. Dengan mengaktifkan sifat dark feminine, kamu dapat menantang norma-norma tersebut dan mengungkapkan jati diri yang sebenarnya.

Namun, penting untuk memastikan bahwa kita memiliki hubungan yang sehat dengan kedua jenis energi feminine tersebut. 

Sebagai contoh, light feminine energy artinya mudah memaafkan, tetapi jika berlebihan, kita bisa melupakan kebutuhan dan identitas diri sendiri. Begitu pula dengan dark feminine, yang memiliki kepercayaan diri, namun jika tidak seimbang, dapat menjadi egois dan kurang memperhitungkan orang lain.

Baca juga: 5 Tanda Independent Woman yang Menarik Perhatian Laki-laki, Termasuk Kamu?

MENGAPA FEMININE ENERGY ADA DALAM SISI LAKI-LAKI?

Feminine energy hadir dalam sisi laki-laki karena setiap manusia, tanpa memandang gender, memiliki kombinasi energi maskulin dan feminin dalam dirinya. Konsep energi feminin tidaklah terbatas hanya pada perempuan, begitu juga sebaliknya dengan energi maskulin. 

Energi feminin mencakup sifat-sifat seperti kelembutan, kepekaan, kreativitas, dan intuisi, yang penting dalam pengembangan kepribadian dan keseimbangan emosional bagi semua manusia, termasuk laki-laki.

Sayangnya, dalam budaya kita, energi feminin seringkali dianggap sebagai domain perempuan saja. Namun, pemahaman modern tentang manusia menekankan bahwa setiap manusia memerlukan kedua jenis energi ini untuk meraih keseimbangan dalam hidupnya. 

Kehadiran energi feminin dalam sisi laki-laki memungkinkan mereka untuk memahami, dan mengakses berbagai aspek dalam diri mereka sendiri, memperkaya relasi interpersonal, dan membantu dalam proses pertumbuhan pribadi.

Baca juga: 7 Fakta Kepribadian Orang yang Lahir Februari, Sosok yang Independen!

BAGAIMANA JIKA LAKI-LAKI LEBIH DOMINAN FEMININE ENERGY?

Jika seorang laki-laki lebih dominan dalam energi feminin, hal tersebut tidak mengurangi kejantanan atau maskulinitasnya. Sebaliknya, hal itu menunjukkan bahwa ia memiliki keseimbangan yang sehat antara energi maskulin dan feminin dalam dirinya.

Berikut adalah beberapa cirinya:

  • Kelembutan.  Mereka akan menunjukkan kelembutan ketika berinteraksi dengan orang lain, seperti lebih sabar, penuh perhatian, dan mampu menampilkan sifat-sifat yang menenangkan.
  • Empati yang tinggi. Cenderung lebih sensitif terhadap perasaan orang lain dan dapat mengekspresikan empati secara lebih terbuka.
  • Kreativitas yang tinggi. Dengan sisi feminin, mereka bisa lebih kreatif untuk mengeksplorasi berbagai ide dan konsep, serta memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan pendekatan yang tidak konvensional.
  • Ketahanan mental yang kuat. Kemampuan untuk menghadapi tantangan dan stres dengan lebih bijaksana dan tenang, serta mampu menemukan cara untuk mengatasi kesulitan dengan sikap yang positif.
  • Mampu menenangkan diri. Energi feminin cenderung lebih mampu mengatur emosi mereka sendiri, menemukan kedamaian saat situasi menantang, dan mencari solusi yang tenang dalam menghadapi konflik atau kecemasan.

Baca juga: Mengungkap Kepribadian MBTI INFJ: Unik dan Paling Langka di Dunia!

APAKAH PEREMPUAN DAN LAKI-LAKI HARUS MEMILIKI SALAH SATU ENERGI YANG DOMINAN?

Tidak, baik perempuan maupun laki-laki tidak harus memiliki energi yang dominan dalam diri mereka. Laki-laki bebas memilih ingin mengaktifkan feminine energy atau masculine energy, begitu juga dengan perempuan.

Dilansir dari Markooo, kedua jenis energi ini penting untuk kehidupan yang utuh, dan penting untuk menemukan keseimbangan di antara keduanya. 

Baik masculine energy dan feminine energy adalah kuat dan bertenaga. Energi tidaklah lebih unggul, dan tidak lebih rendah, mereka berbeda. Ketika keduanya seimbang, mereka bisa menciptakan sesuatu yang benar-benar istimewa.

Menyeimbangkan energi maskulin dan feminin, dapat dilakukan dalam aspek kehidupan apapun. Dari hubungan, pertemanan, hingga pilihan karier, kemungkinannya tidak terbatas. Jadi, yang diperlukan hanyalah sedikit latihan dan pikiran terbuka.

Kunci untuk menyeimbangkan masculine energy dan feminine energy adalah dengan memperhatikan kualitas masing-masing energi, dan bagaimana keduanya dapat bekerja sama.

Tertarik membahas soal feminine energy? Yuk, diskusi lebih banyak di komunitas Girls Beyond Circle!

Baca juga: 7 Tes Kepribadian Online Ini Bantu Cari Jati Diri, Ke-7 Recommended!

Sumber foto: Pexels

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond