gagal menampilkan data

Article

Perbedaan Bos dan Pemimpin, Mana yang Jadi Karakteristik Atasanmu?

Written by Aurelia Lois

“Bos memerintah, pemimpin menginspirasi”, frasa ini mungkin terdengar familier di kalangan pekerja yang menginginkan lingkungan kerja yang sehat. 

Seorang pemimpin biasanya punya karakteristik yang visioner dan inovator. Mereka ada di tengah-tengah bawahan untuk memberi arahan yang menginspirasi sambil menyediakan tools yang diperlukan tim untuk mencapai sukses dan unggul. 

Sementara, seorang bos lebih kepada menegakkan aturan, meminimalkan risiko, dan memberi hasil yang dapat diprediksi. Berangkat dari hal ini, sukses dari seorang bawahan akan dinilai dari seberapa baik mereka mengikuti seorang bos.

Berikut ini, Girls Beyond akan membahas lebih lanjut mengenai perbedaan bos dan pemimpin di perusahaan agar kamu aware dengan karakteristik atasan di tempat kerjamu.

Perbedaan Bos dan Pemimpin Perusahaan

Sumber foto: Pexels/MART PRODUCTION

Perbedaan antara bos dan pemimpin tidak berhubungan dengan posisi pekerjaan mereka, meskipun dipandang sama secara hierarki. 

Seorang bos cenderung memusatkan perhatian pada hasil bisnis tanpa memerhatikan hubungan, sementara seorang pemimpin berusaha untuk membangun hubungan, praktik bisnis, dan komunikasi secara positif.

Seorang bos adalah individu yang memegang kendali atas sebuah organisasi. Dia adalah orang yang memberikan perintah kepada karyawan dan menugaskan tugas dan tanggung jawab kepada mereka. 

Di dalam sebuah perusahaan, panggilan “bos” sering kali tidak digunakan, namun mengindikasikan seseorang yang merupakan pemilik dari organisasi.

Sementara itu, seorang pemimpin adalah individu yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan memimpin orang lain melalui contoh yang diberikan. 

Seorang pemimpin (leader) memiliki posisi yang dominan dengan visi yang jelas dan komitmen yang kuat terhadap tujuannya.

Kualitas-kualitas yang dimiliki seorang pemimpin yang baik termasuk memiliki pandangan visioner, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, memberi pengaruh dan memotivasi orang lain, mendorong produktivitas, menetapkan tujuan yang jelas, menghargai orang lain, memberikan contoh yang baik, bertanggung jawab, dan melakukan hal-hal yang benar.

Karakteristik Bos dan Leader, Lebih Baik Mana

Sumber foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Setelah melihat perbedaan bos dan pemimpin secara umum, berikut ini adalah gambaran karakteristik yang mungkin bisa kamu jadikan pedoman untuk melihat apakah kamu memiliki seorang bos atau pemimpin (leader) di perusahaanmu. 

Bos mengendalikan, pemimpin memercayai

Bos sering kali cenderung mengendalikan para pekerjanya. Perilaku ini bisa melemahkan produktivitas dan pertumbuhan bawahan. 

Sementara seorang pemimpin memimpin tim, berinteraksi dengan tim dan menginspirasi mereka untuk bekerja sehingga memberi hasil terbaik. 

Bos memerintah, pemimpin mendengarkan dan berbicara

Kita semua tahu bahwa bos lebih suka memerintah, ketimbang mendengarkan timnya. Namun, seorang pemimpin selalu mendengarkan pendapat rekan-rekannya dan mendukung mereka untuk bekerja demi kemajuan perusahaan.

Bos mengharapkan hasil besar, pemimpin suka memberi afirmasi positif

Seorang pemimpin adalah orang yang menghargai pencapaian kecil dan memberikan kritik yang membangun bila diperlukan. 

Pujian dan apresiasi dapat memotivasi karyawan untuk bekerja lebih baik. Sementara, seorang bos selalu mengharapkan hasil besar dan hanya menerima pekerjaan yang baik.

Bos menghitung nilai, pemimpin menciptakan nilai

Seorang pemimpin menciptakan nilai dengan memberi teladan, lain dari bos yang hanya fokus pada menghitung nilai. 

Pemimpin memberikan kritik yang membangun untuk membantu seseorang memperbaiki diri. Sedangkan, bos langsung mengecilkan hati dengan bersikap marah yang bisa membuat tim lambat laun kehilangan semangat dan motivasi.

Bos berbicara, pemimpin mendengarkan

Bos sering kali sulit untuk mendengarkan, padahal keterampilan mendengarkan sangat penting bagi seorang bos atau atasan. 

Mereka perlu mendengarkan kekhawatiran dan umpan balik karyawan untuk membuka perspektif lain dalam menanggapi sesuatu. 

Sementara pemimpin selalu mendengarkan dan bertanggung jawab saat tenggat waktu tidak tercapai, mendampingi tim, dan membantu mencapai tujuan. Untuk menjadi pemimpin bisnis yang sukses, mendengarkan jauh lebih baik daripada berbicara.

Bos mendorong, pemimpin mengarahkan

Bos cenderung mendorong staf terlalu keras dan menetapkan standar yang tidak realistis. Ini bisa menyebabkan masalah dalam perusahaan karena karyawan berusaha memenuhi tuntutan yang berlebihan.

Pendekatan yang lebih baik adalah fokus pada proses tim daripada hasil akhir. Cobalah memahami posisi mereka. Ini dapat membawa perubahan positif besar pada karyawan, dan mereka akan merespons dengan hasil yang lebih baik.

Menunjukkan empati dan kesiapan untuk berubah bisa menginspirasi orang-orang di sekitar, seperti yang dilakukan pemimpin.

Bos mengharapkan hal besar, pemimpin mengajarkannya

Pemimpin yang efektif adalah pengajar yang baik. Mereka mengajarkan karyawan cara terbaik menyelesaikan tugas, sementara bos mengharapkan karyawan tahu caranya, meskipun mereka baru.

Mengajar karyawan memerlukan kesabaran dan kemauan untuk mendengarkan. Dengan meluangkan waktu untuk memahami dan mendidik karyawan, hasil akan lebih mudah dicapai dengan cara yang lebih efisien.

Bos membuat gelisah, pemimpin menginspirasi kepercayaan diri

Perbedaan paling penting antara bos dan pemimpin adalah bagaimana mereka memengaruhi emosi. Pemimpin menciptakan lingkungan kerja yang nyaman di mana karyawan merasa aman untuk menyuarakan pendapat mereka. Sebaliknya, bos sering menciptakan suasana ketakutan yang menghambat komunikasi terbuka.

Karyawan yang bahagia, melakukan pekerjaan dengan baik. Dengan menunjukkan rasa hormat dan menghargai mereka, kesuksesan besar bisa dicapai melalui kepemimpinan yang hebat.

Setelah membaca beberapa perbedaan bos dan pemimpin, kira-kira mana yang jadi karakteristik atasanmu atau bahkan karakteristikmu? Ingin tahu informasi serupa? Jangan lupa bergabung di komunitas Girls Beyond Circle!

Comments

(1 comment)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond