Menu
Personal Growth

Tips Menabung untuk Menonton Konser Idamanmu

Menjelang akhir tahun, semakin banyak konser yang digelar di Indonesia. Sebab, angka kasus COVID-19 sudah semakin rendah, sehingga kegiatan offline berskala besar telah diizinkan kembali. Dengan diadakannya kembali konser demi konser, ini artinya kamu perlu menyiapkan biaya untuk menontonnya. 

Nah, berikut ada beberapa tips menabung untuk kamu yang berencana nonton konser. Apa saja, ya kira-kira?

Baca juga: Cara Mengatur Keuangan Bagi First Jobber

Buat Rincian Dana yang Dibutuhkan

Sebelum mulai menabung, tentunya kamu telah menentukan konser apa yang hendak kamu tonton. Karena itu, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah membuat rincian dana yang dibutuhkan. Tentunya, rincian dana tersebut nggak cuma meliputi biaya tiket konsernya saja. Kamu juga harus memperhitungkan biaya transportasi, konsumsi, dan mungkin juga akomodasi apabila lokasi konser tersebut jauh dari tempat tinggalmu. 

Maka dari itu, lakukanlah riset mendalam untuk mendukung penyusunan rincian dana yang kamu buat. Jika harga tiket konsernya belum dirilis oleh promotor, kamu bisa membuat perkiraan dengan mengacu pada harga tiket konser pada umumnya. Misalnya, kamu hendak menonton konser grup K-Pop favoritmu. Saat ini, rata-rata harga tiketnya dibanderol pada kisaran 1-4 juta rupiah. 

Hal yang perlu diingat ketika menyusun rincian dana adalah sesuaikan dengan kemampuanmu. Pengennya, sih nonton di section paling depan deket panggung. Tapi kamu nggak bisa mengumpulkan uang sebanyak itu jika dilihat dari segi penghasilan maupun durasi menabung. Jangan sampai rencana nonton konsermu gagal total karena kamu memaksakan diri, ya.

Buat Skema Tabungan Rutin

Setelah membuat rincian dana, kamu perlu membuat skema tabungan rutin. Tentukanlah jadwal menabungmu, apakah per hari atau per minggu? Selain itu, kamu juga perlu menentukan nominal uang yang harus kamu tabung. Misalnya, kamu berencana menabung 10 ribu rupiah per hari, atau 100 ribu rupiah per minggu. 

Skema jadwal dan nominal tabungan ini penting agar kamu lebih tertib dan konsisten dalam menabung. Selain itu, ini juga memudahkan kamu untuk menghitung jumlah tabungan yang telah kamu dapatkan. 

Nah, para penggemar K-Pop biasanya suka membuat skema tabungan yang unik, nih. Misalnya, kalau idolanya update bakal menabung 15 ribu rupiah. Selain jadwal menabung rutin, kamu juga bisa membuat skema seperti ini agar lebih termotivasi. 

Buat Rekening atau E-Wallet Khusus 

Salah satu permasalahan yang sering terjadi ketika menabung adalah kesulitan mengelola uang. Perasaan udah nabung sebulan, tapi kok uangnya masih segini-segini aja, ya? Eh, ternyata kemarin uangnya nggak sengaja kepake untuk beli hal lain. 

Nah, kamu bisa menyiasati ini dengan membuat rekening atau e-wallet khusus. Memisahkan dompet tabungan juga akan mempermudah kamu untuk melakukan tracking jumlah uang yang telah kamu kumpulkan. 

Batasi Pengeluaran 

Ini, nih bagian paling challenging ketika menabung, yaitu membatasi pengeluaran. Ya, seringkali kamu memang harus berkorban untuk mendapatkan sesuatu. Namun, ingat ya membatasi pengeluaran di sini bukan berarti kamu harus menyiksa diri. Misalnya, hanya makan satu hari sekali atau pulang kuliah jalan kaki padahal jarak kampus dari rumahmu bisa memakan waktu satu jam lebih. Bagaimana pun, menonton konser adalah kebutuhan tersier, sehingga kurang bijak rasanya jika kamu sampai harus mengorbankan kebutuhan primer demi mendapatkannya. 

Sebaiknya, kamu membatasi pengeluaranmu terhadap kebutuhan tersier lainnya. Misalnya, kamu, tuh suka banget nongkrong di coffee shop. Nah, untuk sementara waktu kamu bisa, nih kurang-kurangin nongkrongnya. Atau mungkin kamu selama ini lebih suka jajan karena malas memasak sendiri. Kamu bisa menyiasatinya dengan mulai memasak alih-alih beli di luar.

Baca juga: Tips Bangkit Lagi Setelah Kena PHK

Beli Tiket Presale atau Berburu Giveaway

Biasanya, penjualan tiket konser dibuka dalam beberapa tahap. Misalnya, tahap presale 1, presale 2, dan on the spot (beli langsung di lokasi). Perbedaan antara masing-masing tahap berada pada harga tiket yang dijual. Semakin mendekati hari pelaksanaan konser, maka semakin mahal pula harganya. Maka dari itu, kamu bisa menyiasati hal ini dengan membeli tiket pada tahap presale

Kamu juga bisa mencoba peruntunganmu dengan berburu giveaway tiket. Biasanya, giveaway diadakan oleh penyelenggara konser itu sendiri, maupun media partner. Selain itu, jika tiket tersebut dijual di aplikasi, seperti Tiket.com, kamu bisa membeli di sana alih-alih di situs resmi milik promotor. Sebab, aplikasi penjualan tiket seringkali menawarkan promo sehingga kamu bisa mendapatkan tiket konser impianmu dengan harga lebih murah.

Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Kamu juga bisa mencari sumber penghasilan tambahan agar tabunganmu semakin cepat terkumpul. Kamu bisa bekerja paruh waktu di kafe atau restoran. Jika kamu ingin bekerja dengan lebih fleksibel, maka kerja freelance bisa jadi pilihan. Apalagi saat ini semakin banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara remote

Baca juga: 10 Situs Terbaik dan Terpercaya untuk Cari Kerja Remote

Ada dua kunci utama dalam menabung. Pertama, perhitungan yang matang. Banyak orang yang gagal menabung karena melakukannya dengan “asal-asalan”. Mereka nggak membuat rincian dana, skema tabungan, dan sebagainya. Biasanya mereka beralasan,”Udah, yang penting ngumpulin uang aja dulu.” Ingat, bahwa orang yang menabung harus selalu punya target. Kamu menabung untuk keperluan apa? Berapa jumlah uang yang kamu butuhkan? Kira-kira kamu mau menabung sampai kapan? Target inilah yang bikin kita jadi termotivasi untuk terus menabung.

Nah, untuk mencapai target tersebut maka diperlukan kunci kedua, yaitu konsistensi. Jika kamu sudah punya tekad bulat untuk menabung, maka kamu harus disiplin dalam melakukannya. Hal ini memang seringkali terasa sulit dilakukan, but at the end, konsistensimu nggak akan sia-sia, kok. Kamu berhasil menonton konser yang telah lama kamu impikan, bukan? Dan karena kamu mempersiapkan semuanya dengan matang, it will be the best concert experience that you have as well

Baca juga: Cara Menyelamatkan Diri Ketika Terjebak dalam Crowd Crush

Yuk, semangat menabung, girls! Semoga kamu bisa segera menonton konser-konser impianmu, ya! Kalau kamu pengen sharing dan butuh tips seputar keuangan, kamu bisa banget gabung dengan Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk bergabung, ya!

No Comments

    Leave a Reply