gagal menampilkan data

Article

7 Pencetak Gol Terbanyak Sepanjang Sejarah Women’s World Cup

Written by Angela Ranitta

Kompetisi sepakbola perempuan, Women’s World Cup akan kembali digelar pada tahun 2023 mendatang. Kali ini, Australia dan Selandia Baru akan menjadi tuan rumahnya. Women’s World Cup mulai diselenggarakan oleh FIFA sejak tahun 1991. Saat itu, Tiongkok menjadi tuan rumah dan timnas Amerika Serikat berhasil membawa pulang piala Women’s World Cup.

Bicara soal Women’s World Cup, rasanya kurang afdol kalau nggak ngomongin atlet sepakbola perempuan legendaris di dunia. Di bawah ini, sudah ada daftar para pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Women’s World Cup. Penasaran siapa aja? Yuk, simak!

Baca juga: Women’s World Cup 2023: Pertama Kali Diselenggarakan Dua Negara Sekaligus!

Bettina Wiegmann

German Former Football Player Bettina Wiegmann

Bettina Wiegmann lahir pada tanggal 7 Oktober 1951 di Euskirchen, Jerman Barat (sekarang Jerman). Ia merupakan mantan gelandang timnas Jerman selama tahun 1989-2003. 

Sepanjang kariernya di timnas Jerman, Wiegmann berhasil mencetak 51 gol. Sebelas di antaranya ia cetak dalam pertandingan Women’s World Cup. Saat ini, Wiegmann menempati peringkat kelima sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Women’s World Cup. Pada tahun 1997, ia dianugerahi penghargaan German Female Footballer of the Year.

Sun Wen

Chinese Former Football Player Sun Wen

Sun Wen lahir di Shanghai, Tiongkok pada tanggal 6 April 1973. Ia adalah pemain depan (forward) dalam timnas Tiongkok sepanjang tahun 1990-2006. Sepanjang kariernya di sana, ia berpartisipasi di dalam 28 pertandingan, termasuk empat Women’s World Cup dan dua Olimpiade Musim Panas. Sun Wen berhasil mencetak 16 gol dan 11 di antaranya terjadi dalam Women’s World Cup

Sama seperti Bettina Wiegmann, ia menempati peringkat kelima sebagai pencetak gol terbanyak di Women’s World Cup. Pada Women’s World Cup 1999 di Amerika Serikat, ia dianugerahi penghargaan Golden Boot (pencetak gol terbanyak) sekaligus Golden Ball (pemain terbaik). Ia juga menjadi pesepakbola perempuan pertama yang masuk nominasi Player of the Year Award oleh Asian Football Confederation (AFC). 

Cristiane

Brazilian Football Player Cristiane

Cristiane Rozeira de Souza Silva lahir pada tanggal 15 Mei 1985 di Osasco, Brasil. Ia adalah atlet sepakbola yang bermain untuk klub Santos sekaligus timnas Brasil. Saat ini, ia merupakan kapten sekaligus forward klub Santos. 

Cristiane memulai kariernya di klub sepakbola lokal São Bernardo dan Clube Atlético Juventus. Di usianya yang masih 15 tahun, ia masuk ke dalam tim U-19 Brasil. Cristiane mulai naik daun sejak partisipasinya dalam Olimpiade Musim Panas 2004 di Athena, Yunani. Ia berhasil mencetak lima gol dan ditetapkan sebagai pencetak gol terbanyak bersama Birgit Prinz dari timnas Jerman. 

Cristiane telah berpartisipasi dalam Women’s World Cup sebanyak lima kali. Selama itu pula, ia berhasil mencetak 11 gol. Karenanya, ia menjadi pencetak gol terbanyak kelima bersama Bettina Wiegmann dan Sun Wen. 

Michelle Akers

American Former Soccer Player Michelle Akers

Michelle Anne Akers lahir pada tanggal 1 Februari 1966 di California, Amerika Serikat. Ia merupakan mantan anggota timnas AS yang berkiprah sepanjang tahun 1985-2000. Ia berhasil membawa timnas AS menjadi juara Women’s World Cup pertama pada tahun 1991 di Tiongkok. 

Akers sukses mencetak 12 gol dalam ajang Women’s World Cup. Kini, ia menempati peringkat keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak di Women’s World Cup. Akers resmi pensiun pada tahun 2000, sesaat sebelum Olimpiade Musim Panas Australia dimulai. Sepanjang kariernya, ia berhasil mencetak 105 gol dan menjadi pencetak gol terbanyak kedua di timnas AS. 

Michelle Akers diklaim sebagai salah satu tokoh berpengaruh dalam sejarah sepakbola perempuan. Pada tahun 2002, ia dianugerahi penghargaan FIFA Female Player of the Century bersama Sun Wen. Di tahun 2004, Ia merupakan satu dari dua perempuan yang masuk dalam daftar 125 pesepakbola terbaik dunia, FIFA 100. Sejak tanggal 19 Januari 2022, Akers mendampingi Amanda Cromwell sebagai asisten pelatih tim Orlando Pride.

Abby Wambach

American Soccer Player Abby Wambach

Mary Abigail Wambach lahir di New York, Amerika Serikat pada tanggal 2 Juni 1980. Ia merupakan forward timnas AS selama tahun 2001-2015. Wambach berpartisipasi dalam empat Women’s World Cup dan selama itu, dirinya berhasil mencetak 14 gol. Ia memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak kedua dalam Women’s World Cup

Selain Women’s World Cup, Wambach juga bertanding dalam Olimpiade Musim Panas sebanyak tiga kali, yaitu pada tahun 2004 (Athena, Yunani), 2008 (Beijing, Tiongkok), dan 2012 (London, Inggris). Wambach mencetak total 184 gol dari 225 pertandingan sepakbola internasional yang pernah ia ikuti. 

Abby Wambach memenangkan penghargaan US Soccer Athlete of the Year sebanyak 6 kali. Dalam Women’s World Cup 2011 di Jerman, ia mendapat penghargaan Bronze Boot (pencetak gol terbanyak ketiga) sekaligus Silver Ball (pemain terbaik kedua). Satu tahun setelahnya, FIFA menobatkan Wambach sebagai World Player of the Year. Ia merupakan perempuan keempat di dunia, sekaligus orang AS pertama yang memenangkan penghargaan tersebut. 

Abby Wambach pernah menjabat sebagai manajer klub sepakbola magicJack asal Boca Raton, Florida pada tahun 2011. Sayangnya, klub tersebut hanya bertahan satu tahun. Pada tahun 2020, ia mendirikan klub sepakbola Angel City FC yang berbasis di Los Angeles bersama beberapa atlet dan selebriti perempuan lainnya, seperti Natalie Portman, Mia Hamm, dan Serena Williams. 

Birgit Prinz

German Former Football Player Birgit Prinz

Birgit Prinz lahir di Frankfurt, Jerman Barat (sekarang Jerman) pada tanggal 25 Oktober 1977. Ia merupakan mantan penyerang (striker) timnas Jerman sekaligus FFC Frankfurt dan Carolina Courage. Prinz menduduki peringkat kedua sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Women’s World Cup. Ia berhasil mencetak sebanyak 14 gol dalam lima kompetisi Women’s World Cup

Prinz memulai kiprahnya di timnas Jerman pada tahun 1994, saat usianya masih 16 tahun. Saat itu, ia mengikuti pertandingan persahabatan dengan timnas Kanada. Satu tahun kemudian, ia mengikuti Women’s World Cup untuk pertama kalinya di Swedia. Timnas Jerman berhasil menjadi juara kedua dan hingga kini, Prinz merupakan pemain termuda yang pernah menembus babak final Women’s World Cup

Pada tahun 2011, Birgit Prinz memutuskan pensiun sebagai atlet sepakbola. Tahun berikutnya, ia memulai karier sebagai psikolog olahraga untuk klub sepakbola TSG 1899 Hoffenheim. Prinz lulus dari prodi S2 Psikologi Universitas Goethe pada tahun 2010. Selain itu, ia merupakan seorang fisioterapis yang terlatih secara resmi.

Marta

Brazilian Football Player Marta

Marta Vieira da Silva lahir pada tanggal 19 Februari 1986 di Dois Riachos, Alagoas, Brasil. Ia adalah forward timnas Brasil sekaligus tim sepakbola asal Orlando, Florida, Amerika Serikat, Orlando Pride. Marta merupakan pesepakbola Brasil yang berhasil mencetak gol terbanyak dalam pertandingan internasional. Ia berhasil mencetak 115 gol, dan 17 di antaranya ia lakukan dalam ajang piala dunia, Women’s World Cup. Karenanya, Marta juga memegang rekor sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Women’s World Cup.

Marta memulai karier sepakbolanya sejak masih berusia 14 tahun. Kiprahnya sebagai atlet profesional dimulai bersama klub Vasco da Gama pada tahun 2000. Pada tahun 2004, Marta bergabung dengan klub Umeå IK di Swedia. Namun, karier internasionalnya baru dimulai pada tahun 2007. Bersama timnas Brasil, Marta berhasil mengalahkan tim U-20 Amerika Serikat dalam ajang Pan American Games di Rio de Janeiro, Brasil. 

Pada tahun 2014, Marta merupakan satu dari enam duta Piala Dunia 2014 di Brasil. Kemudian pada tahun 2016, ia menjadi salah satu pembawa bendera olimpiade dalam upacara pembukaan Olimpiade Musim Panas Rio de Janeiro. Ia juga didapuk PBB sebagai salah satu advokat Sustainable Development Goals (SDGs). 

Itulah ketujuh perempuan ikonik yang berhasil menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah Women’s World Cup. Keren banget, ya, girls! Semoga mereka bisa menginspirasi kamu juga, ya!

Kalau kamu pengen ngobrol seputar women empowerment, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Klik di sini untuk join, ya!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond