gagal menampilkan data

Article

Jurusan Kuliah yang Cocok untukmu Berdasarkan Zodiak, Adakah yang Sesuai Incaranmu?

Written by Angela Ranitta

Menentukan jurusan kuliah bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengambil keputusan tersebut. Salah satu alasan yang bikin seseorang ragu menentukan jurusan adalah kebingungan terhadap minat, bakat, atau potensi dirinya sendiri.

Namun, kamu nggak perlu khawatir! Saat ini, ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengidentifikasi potensi dirimu sendiri. Misalnya, mengikuti tes kepribadian berbasis DISC, MBTI, dan lain-lain. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan astrologi sebagai panduan untuk lebih mengenali diri sendiri. 

Ya, astrologi memberikan gambaran mengenai kepribadianmu. Hal ini meliputi bagaimana caramu menghadapi konflik, kehidupan percintaan, hingga pendidikan dan karier. Yuk, simak rekomendasi jurusan kuliah menurut zodiak di bawah ini!

Baca juga: 10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Adakah Pilihanmu?

Aries – The Ram (21 Maret-19 April)

Aries berada di posisi pertama dalam urutan kedua belas zodiak. Ia juga merupakan zodiak cardinal alias zodiak yang mengawali sebuah musim. Itulah sebabnya Aries kerap menjadi inisiator atau pemimpin. 

Aries juga dikuasai oleh elemen api. Zodiak ini identik dengan sifat pemberani, pekerja keras, dan daya saing yang tinggi. Di sisi lain, Aries juga dikenal sumbu pendek, nggak sabaran, dan impulsif. 

Aries direkomendasikan mengambil jurusan kuliah yang melatih kemampuan leadership dan memberimu kebebasan untuk mengembangkan ide-idemu. Kamu menyukai jurusan kuliah yang memberimu tantangan baru setiap harinya. Contohnya, manajemen, pendidikan olahraga, dan kriminologi.

Baca juga: Kenalan dengan Prospek Kerja bagi Kepribadian Ekstrovert, Yuk!

Taurus – The Bull (20 April-20 Mei)

Taurus adalah zodiak yang memiliki elemen tanah. Karenanya, zodiak ini dikenal memiliki pendirian yang nggak mudah goyah, bahkan cenderung keras kepala. Di sisi lain, Taurus dikendalikan oleh planet Venus yang merupakan dewi kecantikan dan asmara dalam mitologi Romawi. Taurus menyukai seni, keindahan, dan romansa. Nggak heran kalau kamu yang berzodiak Taurus dikenal sebagai sosok yang artistik dan romantis.

Salah satu stigma yang paling sering melekat pada Taurus adalah pemalas dan seenaknya sendiri. Namun, ketika Taurus menginginkan sesuatu, kamu akan bekerja sekeras mungkin hingga mendapatkannya. Selain itu, Taurus dikenal sebagai sosok yang bertanggung jawab dan selalu bisa diandalkan.

Sebagai zodiak berelemen tanah, Taurus sangat menyukai kepastian. Kamu cenderung mencari lingkungan yang stabil dan tenang. Sejumlah jurusan kuliah yang cocok untukmu, yaitu teknik lingkungan, akuntansi, dan desain komunikasi visual (DKV). 

Baca juga: Pekerjaan yang Diprediksi Punya Prospek Menjanjikan di Tahun 2023

Gemini – The Twins (21 Mei-20 Juni)

Gemini dilambangkan oleh sepasang anak kembar. Makanya, zodiak ini sering dicap bermuka dua dan fake. Sebenarnya, Gemini adalah sosok yang jago beradaptasi dan menyesuaikan diri dalam berbagai suasana. Itulah sebabnya Gemini bisa menunjukkan image atau sifat yang berbeda-beda. Namun, Gemini juga dikenal dengan sifat plin-plannya. Hal ini bikin kamu sulit membuat keputusan atau menunjukkan sikap inkonsisten.

Gemini identik dengan skill komunikasinya yang jago banget. Kamu selalu punya cara untuk mencairkan suasana dan menghadapi beragam tipe manusia. Selain itu, kamu sangat antusias untuk belajar hal baru setiap harinya, sehingga memiliki wawasan yang sangat luas. Kamu memiliki rasa ingin tahu yang besar, tetapi di satu sisi mudah merasa bosan. Akibatnya, nggak jarang kamu meninggalkan sesuatu di tengah jalan karena kehilangan minat begitu saja. 

Gemini cocok banget dengan jurusan kuliah yang bikin kamu sering bersosialisasi. Kamu butuh jurusan yang selalu menstimulasi rasa penasaranmu, serta menawarkan hal baru setiap harinya agar kamu nggak mudah bosan. Jurusan yang direkomendasikan bagimu, antara lain ilmu komunikasi, jurnalistik, dan sosiologi.

Baca juga: Boleh Nggak, Sih Kuliah S2 Lintas Jurusan? 10 Prodi S2 di Bawah Ini Terima Lulusan S1 Beda Jurusan

Cancer – The Crab (21 Juni-22 Juli)

Cancer identik dengan empatinya yang sangat tinggi. Hal ini bikin Cancer mudah memahami orang lain dan punya sifat yang nurturing. Nggak heran kalau Cancer sering dijuluki sebagai “ibunya para zodiak”. Kamu sangat loyal dan protektif terhadap orang-orang yang kamu sayangi. 

Sama seperti kepiting, Cancer mungkin terlihat tegar dan keras di hadapan orang lain. Namun, sejatinya kamu memiliki hati yang sensitif dan emosional. Kamu mudah tersinggung dan sulit memaafkan orang lain. Cancer juga punya sifat persuasif yang bikin kamu jago memengaruhi orang lain. Kadang-kadang sifatmu ini kamu manfaatkan untuk memanipulasi orang lain. 

Cancer adalah salah satu zodiak yang memiliki imajinasi tinggi. Kamu menyukai jurusan kuliah yang menuntutmu untuk terus berpikir secara kreatif dan imajinatif. Selain itu, kamu juga direkomendasikan mengambil jurusan yang bertujuan untuk menolong orang lain. Contohnya, pendidikan guru, psikologi, dan keperawatan. 

Baca juga: Pekerjaan Apa Saja yang Cocok untuk Introvert?

Leo – The Lion (23 Juli-22 Agustus)

Leo merupakan zodiak yang dikendalikan oleh matahari alias pusat tata surya. Nggak heran kalau Leo selalu bisa jadi pusat perhatian ke mana pun kamu pergi. Dalam setiap lingkup pergaulan, kamu dikenal sebagai sosok yang periang dan humoris. 

Zodiak ini juga dilambangkan oleh singa yang sering dijuluki sebagai “raja hutan”. Makanya, Leo memiliki jiwa kepemimpinan yang sangat tinggi. Di sisi lain, Leo rawan banget menunjukkan sikap self-centered atau egois. Kamu juga kerap bersikap bossy dan arogan terhadap orang lain. 

Sebagai seorang Leo, kamu menyukai jurusan kuliah yang memerlukan kreativitas tinggi. Kamu cocok banget dengan jurusan yang memberimu kesempatan untuk mengembangkan ide-idemu dan mengasah kemampuanmu sebagai pemimpin. Jurusan yang direkomendasikan untuk Leo, yaitu ilmu politik, seni, dan broadcasting

Baca juga: Rahasia Karier Sukses di Tahun 2023, 10 Human Skills Ini Wajib Kamu Kuasai

Virgo – The Virgin (23 Agustus-22 September)

Virgo dikenal sebagai sosok yang perfeksionis, pekerja keras, dan detail-oriented. Kamu terbiasa bekerja dengan rapi dan terstruktur. Sebagai seorang Virgo, kamu punya kemampuan memecahkan masalah yang mumpuni. Kamu selalu berusaha menggunakan pendekatan yang logis dan sistematis dalam menyelesaikan sebuah permasalahan.

Di sisi lain, sifat perfeksionis bikin Virgo kerap bersikap terlalu keras terhadap diri sendiri. Kamu sering banget memforsir dirimu hingga melebihi batas kemampuanmu. Selain itu, kamu juga sering meragukan kemampuan orang lain. Kamu nggak suka ketika orang lain nggak bekerja menggunakan caramu atau nggak bisa memenuhi ekspektasimu. 

Virgo direkomendasikan mengambil jurusan kuliah yang membutuhkan skill analisis dan berpikir secara kritis. Kamu menyukai hal-hal yang menstimulasi logikamu. Jurusan seperti statistika, ilmu komputer, dan pendidikan kedokteran adalah contohnya. 

Baca juga: Bootcamp Gratis Tahun 2023: Belajar Digital Skill Setara Kuliah IT Modal Nol Rupiah

Libra – The Scales (23 September-22 Oktober)

Sama seperti Taurus, Libra dikendalikan oleh planet Venus. Karenanya, Libra dikenal sebagai seorang natural charmer. Kamu selalu punya cara untuk bikin orang tertarik dan terkesan denganmu. Libra identik dengan sifatnya yang easygoing, karismatik, dan diplomatis. 

Dilambangkan oleh timbangan, Libra selalu berusaha mencari dan menegakkan keadilan. Namun, obsesimu terhadap keadilan tersebut seringkali bikin kamu melakukan yang sebaliknya. Kamu jadi bersikap plin-plan karena nggak mau dianggap subjektif atau membela satu pihak tertentu. Selain itu, kamu kerap menghindari konfrontasi karena nggak ingin terlibat konflik. 

Libra cocok banget dengan jurusan kuliah yang memiliki tujuan untuk menegakkan keadilan. Selain itu, planet Venus yang mengendalikan Libra bikin kamu jadi sosok yang berjiwa seni. Beberapa jurusan yang direkomendasikan bagi Libra, yaitu ilmu hukum, hubungan internasional, dan fashion design

Baca juga: Prospek Kerja Menjanjikan di Dunia Fashion

Scorpio – The Scorpion (23 Oktober-21 November)

Scorpio dikenal sebagai salah satu zodiak yang punya ambisi besar. Kamu nggak akan berhenti sampai mendapatkan apa yang kamu inginkan. Kamu berpegang pada prinsip “go big or go home” alias nggak ragu untuk menghadapi risiko besar. Namun, kamu perlu hati-hati. Sebab, ambisimu tak jarang bikin kamu menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang kamu mau. 

Scorpio juga memiliki sifat pemberani, terang-terangan, dan loyal. Namun, Scorpio identik dengan sifat secretive yang bikin kamu sulit membuka diri di hadapan orang lain. Kamu juga memiliki kecenderungan untuk bersikap controlling. Karenanya, kamu sering menunjukkan sifat intoleran, posesif, dan manipulatif. 

Sebagai seorang Scorpio, kamu cocok banget dengan jurusan kuliah yang melatih kemampuan analisismu. Kamu menyukai hal-hal yang misterius, dan sangat tertarik untuk mengeksplorasi sesuatu yang tersembunyi, belum diketahui, atau bahkan dihindari oleh kebanyakan orang. Jurusan kuliah yang cocok untukmu adalah psikologi, arkeologi, dan biologi. 

Baca juga: Jurusan Kuliah Sepi Peminat dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Sagittarius – The Archer (22 November-21 Desember)

Sagittarius identik dengan jiwa bebasnya yang menyukai petualangan dan tantangan. Kamu memiliki antusiasme yang besar dan selalu bisa menjadi sosok yang bikin suasana jadi seru. Fun-loving, humoris, cerdas, dan filosofis adalah beberapa sifat yang kerap dilekatkan pada Sagittarius.

Sama seperti Scorpio, kamu nggak ragu untuk mencoba hal baru dan mengambil risiko besar. Namun, kamu seringkali bertindak ceroboh alias nggak berpikir panjang sebelum melakukan sesuatu. Sifat optimis yang kamu punya juga kerap jadi bumerang bagi dirimu sendiri. Tak jarang kamu kurang perhitungan sebelum membuat sebuah keputusan, dan kelabakan di tengah jalan. Kebiasaan nyablak ketika bicara juga bikin kamu tanpa sadar menyinggung perasaan orang lain. 

Sagittarius menyukai jurusan kuliah yang memberimu kebebasan berpendapat dan mengapresiasi keterbukaan dalam berpikir. Kamu mencari jurusan kuliah yang menawarkan tantangan baru setiap harinya. Jurusan yang cocok untukmu, yaitu pariwisata, filsafat, dan antropologi.

Baca juga: Apa Saja Prospek Kerja yang Menjanjikan di Sektor Pariwisata?

Capricorn – The Goat (22 Desember-19 Januari)

Jika Cancer adalah ibu para zodiak, maka Capricorn adalah sebaliknya. “Bapaknya zodiak” yang satu ini identik dengan sifat tenang, bertanggung jawab, dan selalu bisa diandalkan. Kamu adalah si pekerja keras yang ambisius dan tahan banting. 

Sayangnya, kamu sering banget bersikap pesimis dan kurang sabar. Kamu juga cenderung sensitif dan mudah menaruh dendam pada orang lain. Tak jarang kamu mengalami kesulitan untuk memahami orang lain yang berbeda denganmu. 

Capricorn menyukai jurusan kuliah yang menawarkan kepastian dan stabilitas. Jurusan yang membutuhkan kedisiplinan dan ketangguhan sangat direkomendasikan untukmu. Beberapa di antaranya adalah ilmu ekonomi, administrasi bisnis, dan ilmu komputer.

Baca juga: Sukses Bersaing di Dunia Kerja Tahun 2023, Inilah 8 Digital Skills yang Wajib Kamu Kuasai

Aquarius – The Water Bearer (20 Januari-18 Februari)

Aquarius dikenal sebagai zodiak yang nyentrik dan revolusioner. Kamu sangat menghargai kebebasan dan nggak menyukai senioritas atau sistem yang terlalu mengekang. Selain itu, kamu selalu punya sudut pandang yang unik dalam memandang sesuatu. 

Jiwa bebas Aquarius ini bikin kamu sering menunjukkan sikap memberontak. Akibatnya, kamu sering banget terlibat konflik dengan orang lain. Selain itu, Aquarius memiliki dorongan untuk selalu tampil unik. Kamu kerap melakukan sesuatu yang kontroversial atau kurang realistis hanya demi terlihat lain daripada yang lain. 

Aquarius adalah sosok yang humanis dan progresif. Kamu punya passion untuk menolong orang lain dan mengubah dunia ke arah yang lebih baik. Karenanya, jurusan kuliah yang cocok bagimu, antara lain sastra Inggris, pendidikan guru, dan bisnis.

Baca juga: 10 Aplikasi Belajar Bahasa Asing Gratis, Dijamin Mirip Native Speaker Hanya dalam Hitungan Hari!

Pisces – The Fish (19 Februari-20 Maret)

Pisces berada pada posisi terakhir dalam urutan zodiak. Karenanya, Pisces dianggap sebagai zodiak yang paling tua. Nggak heran kalau kamu dikenal sebagai pribadi yang intuitif, bijaksana, dan memiliki empati yang sangat tinggi.

Pisces memiliki kreativitas dan imajinasi yang sangat tinggi. Kamu sangat menyukai seni, keindahan, dan hal-hal yang bersifat filosofis serta spiritual. Namun, kamu seringkali terlalu idealis dalam memandang segala hal. Akibatnya, kamu sering bersikap kurang realistis, serta berekspektasi terlalu tinggi terhadap sesuatu atau seseorang. Kamu jadi sulit menerima kenyataan dan bersikap emosional ketika dunia nggak berjalan sesuai harapanmu.

Sebagai seorang Pisces, kamu dianjurkan mengambil jurusan yang membutuhkan kreativitas dan intuisi tinggi. Kamu menyukai hal-hal yang melatih koneksi emosional dan spiritualmu. Sejumlah jurusan yang disarankan bagi Pisces adalah seni rupa, sastra, dan fisioterapi. 

Baca juga: Dari Aries Sampai Pisces, Yuk Kenali Prospek Kerja Sesuai dengan Zodiakmu!

Itulah sekilas mengenai jurusan kuliah sesuai zodiak kamu. Jadi, nggak perlu bingung lagi, ya mau mengambil jurusan apa nantinya. Memilih jurusan kuliah adalah keputusan yang besar dan penuh pertimbangan. Apa yang perlu kamu ingat adalah apa pun zodiakmu, kamu harus konsisten dan bertanggung jawab dengan jurusan kuliah yang telah kamu pilih. Good luck, girls!

Kalau kamu pengen dapetin lebih banyak tips bermanfaat seputar pendidikan, karier, dan personal growth, yuk gabung ke Girls Beyond Circle! Girls Beyond Circle menawarkan tempat yang aman sekaligus asyik buat kamu yang pengen level up bareng. Klik di sini untuk join, ya!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond