gagal menampilkan data

Article

5 Aplikasi Digital Journaling yang Bisa Bikin Kamu Kembali Produktif

Written by Zefanya Pardede

Pernah merasa tugas saling bertumpukan hingga akhirnya keteteran? Terkadang, susah bagi kita untuk menjaga fokus terhadap jadwal, agenda, dan kewajiban sehari-hari. Ketika ini terjadi, orang akan merasa tertekan dan stres karena hilangnya keteraturan.

Journaling menjadi solusi yang telah digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi hal ini. Selain untuk mengatur kebutuhan penting, journaling juga bisa membuatmu lebih efektif dan produktif, loh!

Kegiatan ini umumnya dilakukan dengan menyimpan sebuah buku harian. Akan tetapi, sebagian besar orang enggan membawa buku harian ke mana-mana karena sifatnya yang tidak praktis. Teknologi juga membuat pencatatan yang menggunakan kertas semakin berkurang.

Untungnya, sekarang ada digital journaling yang bisa kamu lakukan di handphone di mana saja dan kapan saja. Ini dia 5 aplikasi digital journaling terbaik yang mudah dan menarik untukmu!

Baca juga: Mau Kerja dari Rumah? Ini 11 Perusahaan dengan Sistem Full WFH dan Hybrid Working!

Kilonotes

Kilonotes merupakan sebuah aplikasi yang menyerupai buku catatan asli. Aplikasi ini memberi penggunanya kebebasan untuk berkreativitas melalui sifatnya yang handwritten. Jadi, kamu dapat dengan bebas menulis tangan di handphone atau tablet untuk journaling pada aplikasi ini.

Hal unik lainnya mengenai Kilonotes adalah kamu bisa memilih cover, tema, dan dekorasi buku harianmu melalui beragam opsi fitur warna dan gambar yang disediakan. Kamu juga bisa memiliki lebih dari satu buku harian di aplikasi ini. Kilontes tersedia di App Store dan Google Play!

Baca juga: Susah Mencari Work-Life Balance? Cobain Work-Life Integration!

Penly

Tidak berbeda jauh dari Kilonotes, Penly merupakan aplikasi digital journaling yang juga berfungsi layaknya sebuah buku catatan asli. Hanya saja, buku catatanmu akan terlihat seperti binder notebook pada aplikasi ini.

Akan tetapi, Penly belum tersedia bagi pengguna iOS dan hanya tersedia di Google Play. Bila kamu pengguna Android, Penly adalah aplikasi yang bisa dicoba!

Baca juga: 7 Olahraga Anti Ribet Buat Kamu yang Mager

Dayol

Dayol adalah sebuah aplikasi digital journaling yang lumayan marak di kalangan komunitas journaling. Berasal dari Korea Selatan, aplikasi merupakan deco diary yang menyajikan fitur buku catatan, reminder, dan kalender.

Dayol juga memberikan berbagai pilihan stiker yang lucu dan menggemaskan untuk digunakan sebagai dekorasi buku harianmu dan membuat pengalaman digital journaling-mu jadi lebih seru. Sayangnya, aplikasi ini belum tersedia bagi pengguna Google Play.

Baca juga: Mulai Upskilling dengan 5 Platform Kursus Online Ini, Dijamin Gratis dan Bersertifikat!

Daybook

Jika kamu seseorang yang minimalistik dan tidak suka tampilan berlebihan, Daybook cocok untukmu! Dengan desain yang netral dan fitur-fitur yang sederhana, aplikasi bisa dipakai untuk membuat catatan sehari-hari yang terstruktur.

Selain itu, Daybook menjadi pilihan aman dan gratis bagi kamu yang ingin menyimpan catatan-catatan pribadi. Storage-nya pun juga sangat bersahabat karena dapat menyimpan banyak hal tanpa harus memakan tempat yang besar.

Baca juga: Jangan Pasrah Dulu, Ini 4 Langkah untuk Hadapi Layoff!

ClickUp

ClickUp merupakan aplikasi yang efektif dalam menjaga produktivitas. Aplikasi ini dirancang untuk mengatur jadwal, target, ide, catatan, dan bahkan workflow yang kamu miliki. ClickUp memiliki ratusan fitur yang mampu mendorong kreativitasmu, baik di dalam maupun luar kerja.

Platform digital journaling ini juga bisa membantumu membuat skala prioritas dalam menentukan goals. Tidak hanya itu, ClickUp juga dapat terhubung dengan aplikasi-aplikasi workspace lainnya, seperti Google Docs.

Baca juga: Jangan Asal Banting Setir Dalam Berkarier! 10 Kesalahan Career Shifting yang Wajib Kamu Hindari

Itu dia 5 aplikasi digital journaling yang menarik dan sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu tertarik seputar journaling dan sedang mencari komunitas pecinta journaling, ayo bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Klik di sini untuk bergabung.

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond