gagal menampilkan data

Article

Kenali 5 Love Language Agar Hubunganmu Awet dan Bahagia

Written by Zefanya Pardede

Ada berbagai hal yang bisa menentukan keawetan hubunganmu, seperti kepercayaan dan kenyamanan. Akan tetapi, bukan cuma dua hal ini yang harus kamu perhatikan. Setiap pasangan juga harus memahami love language satu sama lain.

Kenapa love language itu penting? Love language setiap orang pasti berbeda. Pernahkan kamu dan pasanganmu bertengkar karena kesalahpahaman dalam gestur cinta? Contohnya, pasanganmu suka memelukmu dan ingin terus duduk dekat denganmu, tapi kamu kurang nyaman dengan kontak fisik yang terus-menerus. Ini merupakan tanda bahwa love language kalian nggak sama.

Penting untuk kamu dan pasanganmu saling memahami love language masing-masing untuk menghindari pertengkaran, miskomunikasi, dan masalah-masalah lainnya.

Baca juga: Kenali Cinta Manipulatif ‘Love Bombing’ Beserta 3 Ciri-cirinya

Menurut Ni Made Putri Ariyanti, M.Psi., Psikolog, love language adalah cara seseorang mewujudkan kasih sayangnya. Love language juga bisa digunakan untuk menjelaskan bagaimana seseorang ingin diperlakukan agar merasa dicintai. Ada orang-orang yang merasa dicintai ketika menerima pujian, ada pula yang merasa dicintai saat menerima hadiah.

Ada sejumlah love language yang harus kamu ketahui. Cek love language kamu di bawah ini!

Words of Affirmation

(FOTO: Leah Kelley via Pexels)

Words of affirmation adalah kata-kata pujian atau compliments yang bisa bikin pasanganmu atau dirimu sendiri bahagia. Jika pasanganmu memiliki love language yang satu ini, sering-seringlah mengekspresikan rasa cintamu terhadap pasanganmu lewat pujian. Misalnya, “Kamu hebat!”, “Kamu cantik/tampan banget!”, atau se-simple mengatakan “I love you”.

Baca juga: Siap Membangun Healthy Relationship? Kenali Pertanda Kamu Punya Secure Attachment Style!

Physical Touch

(FOTO: Valentin Antonucci via Pexels)

Jika kamu kurang suka mengekspresikan perasaanmu lewat kata-kata dan pujian, mungkin physical touch jadi love language kamu. Orang-orang dengan love language physical touch menunjukkan rasa sayangnya melalui kontak fisik dan kedekatan, seperti sering memeluk, memegang tangan, merangkul, dan terus-terusan mau dekat dengan pasangannya. Kalau ini love language kamu, berarti kamu juga merasa dicintai ketika ada kontak fisik dalam hubunganmu.

Baca juga: Suka Sama Cowok yang Lebih Tua karena Daddy Issues? Mengenal Daddy Issues dan Pertandanya

Acts of Service

(FOTO: Ba Tik via Pexels)

Berbeda dengan words of affirmation, acts of service berarti kamu nggak butuh kata-kata pujian untuk menunjukkan kasih sayangmu atau merasa dicintai. Acts of service adalah cara menunjukkan rasa cinta melalui tindakan, baik tindakan kecil maupun tindakan besar. Contohnya, ketika kamu capek, pasanganmu langsung berinisiatif untuk memijatmu. Saat kamu sedang sedih, pasanganmu menghiburmu dengan mengajakmu nonton bareng.

Biasanya, orang-orang yang love language-nya acts of service cenderung untuk memiliki bentuk kasih sayang yang lebih intens.

Untuk mengetahui love language lainnya, baca halaman selanjutnya.

Yuk, berbagi tentang love language kamu di Girls Beyond Circle!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond