gagal menampilkan data

Article

Ternyata Ini Alasan Self Love Sulit Diterapkan Perempuan

Written by Zefanya Pardede

Sekarang, self love atau mencintai diri sendiri menjadi sebuah gerakan yang dilakukan oleh banyak orang. Meningkatnya kesadaran masyarakat akan kesehatan mental dan pilihan orang-orang untuk meninggalkan pemikiran-pemikiran yang dianggap toxic menumbuhkan tren ini.

Namun, self love tidak semudah apa yang dikatakan orang, khususnya bagi perempuan. Kamu mungkin bertanya-tanya mengapa kamu selalu merasa bahwa diri kamu tidak cukup. Ada beberapa faktor yang membuat kamu susah mencintai diri sendiri.

Baca juga: Lagu-lagu tentang Self Love yang Bisa Membangun Kepercayaan Dirimu Lagi

Kurangnya Keamanan Emosional Saat Kecil

(FOTO: Pexels)

Kalau kamu dibesarkan dalam rumah tangga dengan orang tua atau saudara yang kurang memberimu validasi. Di masa kecil, keluargamu mungkin kurang menyuarakan kasih sayang mereka terhadapmu dan suka mengkritik segala perbuatanmu. Anak-anak perempuan, terutama anak perempuan tertua, biasanya menjadi orang yang paling sering dikritik oleh keluarga.

Ini menciptakan lingkungan yang secara emosional tidak aman untuk kamu bertumbuh dan berkembang. Alhasil, kamu pun membawa omongan mereka sampai dewasa. Kamu akan susah menerapkan self love atau mencintai diri sendiri karena ucapan keluargamu yang tak disadari masih kamu pegang sampai sekarang.

Baca juga: Kenali Cinta Manipulatif ‘Love Bombing’ Beserta 3 Ciri-cirinya

Pemahaman Bahwa Bangga dengan Diri Itu Sombong

(FOTO: Pexels)

Kamu mungkin sempat diajarkan bahwa bangga dengan diri sendiri akan membuatmu terlihat sombong atau tidak sopan. Di Indonesia, sering sekali orang menanggapi pujian dari orang lain dengan cara merendahkan diri ketimbang berterima kasih dan mengakui prestasi diri. 

Perempuan kerap diajarkan untuk merendahkan diri dari orang-orang di sekitar. Sementara itu, laki-laki diberi ruang untuk memperlihatkan pencapaian dan kemampuan mereka. Ini jadi salah satu faktor kenapa perempuan sangat susah untuk menerapkan self love atau mencintai diri sendiri.

Baca juga: Susah Move On, Ini 6 Zodiak yang Paling Suka Stalking Mantan!

Mengutamakan Kebahagiaan Diri Dianggap Egois

(FOTO: Pexels)

Orang-orang menganggap bahwa memprioritaskan kebahagiaan diri adalah tindakan yang egois. Kita pun dikondisikan untuk mengutamakan kepentingan orang lain. Akhirnya, kebahagiaan diri sendiri terlupakan.

Menurut studi, orang-orang yang bahagia dengan dirinya sendiri justru dapat membuat orang lain ikut merasa bahagia. Kebahagiaan ini akan menular ke sekeliling dalam berbagai bentuk, seperti keinginan untuk saling membantu dan ketertarikan terhadap masalah sosial.

Jadi, bahagia dengan diri sendiri tidak hanya membantu self love, tetapi juga bisa membantu orang lain dengan kehidupan mereka.

Baca juga: 5 Tanda Inner Child yang Terluka, Adakah Kamu?

Kamu Terlalu Sering Menjaga Orang Lain

(FOTO: Pexels)

Sebagian perempuan harus tumbuh dewasa sambil mengasuh adik-adik, saudara, atau orang tuanya sendiri. Kalau kamu mengalami hal yang serupa, konsep menghargai waktu, energi, dan emosi dirimu sendiri pasti sangat asing. Kamu mungkin tidak pernah mendapatkan kesempatan untuk fokus pada diri.

Ini merendahkan self-worth kamu dan membuat self love atau mencintai diri sendiri. suatu hal yang susah dicapai. Seseorang yang jarang meluangkan waktu untuk mengurus dan memulihkan diri akan cenderung membenci dirinya sendiri.

Baca juga: Anak Perempuan Pertama Sering Depresi, Kenali 3 Penyebab Eldest Daughter Syndrome

Cara Self Love

(FOTO: Pexels)

Ada berbagai cara self love untuk menerima diri sendiri. Berikut adalah cara self love yang bisa kamu terapkan.

Jangan Takut untuk Melepaskan Masa Lalu

Melepaskan masa lalu merupakan cara self love yang paling memulihkan. Masa lalu yang kelam bisa jadi salah satu faktor kamu tidak bisa menerapkan self love. Beranikan diri untuk melepaskan masa lalu yang selama ini menyakiti hati dan pikiranmu. Cobalah untuk memaafkan segala kesalahan yang pernah dibuat oleh orang lain terhadap kamu sendiri.

Cari Lingkungan yang Sehat

Jika selama ini ada beberapa pihak yang membuat hidup kamu toxic, itu tanda bahwa kamu harus meninggalkan lingkunganmu yang sekarang. Ambil langkah untuk menjauh dari mereka dan kelilingi dirimu dengan orang-orang yang positif. Jangan ragu untuk melakukan hal ini. Meninggalkan orang mungkin menyakitkan, tetapi sangat penting untuk perjalanan self love.

Baca juga: Kenalan sama Crab Mentality yang Bikin Kamu Sering Iri dengan Kesuksesan Orang Lain

Berhenti Meragukan Diri

Kita begitu sering meragukan kemampuan diri sendiri. Mulailah memercayai kemampuan, hati, dan pikiranmu. Percaya dengan diri sendiri adalah salah satu langkah menuju self love. Ketika kamu berhenti meragukan diri sendiri, kamu akan menemukan bahwa performamu akan meningkat. Kamu juga akan semakin yakin dengan keputusan-keputusan yang kamu ambil.

Nah, itu dia beberapa alasan di balik sulitnya self love bagi perempuan dan cara self love bagi kamu yang sedang merasa susah mencintai diri sendiri. Semoga di masa depan, kamu mampu menerima dirimu apa adanya dan terus melangkah maju!

Mau tahu tips-tips lainnya tentang self love? Mari bergabung ke Girls Beyond Circle!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond