gagal menampilkan data

ic-gb
detail-thumb

Kurangi Stres, Ini 4 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

Written by Zefanya Pardede

Budaya kerja yang bikin stres dan nggak ada habis-habisnya bisa bikin kita lelah dan mudah overthinking. Overthinking sering membuat mood jelek dan mengganggu kesehatan mental. Ini karena overthinking dapat memunculkan pikiran-pikiran negatif, seperti merasa bahwa diri kurang kompeten dan kurang maksimal.

Prita Yulia Maharani, M. Psi., Psikolog mengatakan bahwa overthinking terjadi ketika kita terlalu banyak memikirkan satu hal tertentu. Nyatanya, sebagian besar orang sering overthinking dan nggak sadar kalau ini adalah kebiasaan yang nggak sehat.

Baca juga: Mindfulness Jadi Kunci Penting Agar Kerjaan Maksimal, Ini Cara Melatihnya

Overthinking pada remaja juga makin marak. Ini disebabkan oleh pengaruh lingkungan dan media yang berujung pada depresi. Data menunjukkan bahwa pada 2022, sekitar 15,5 juta remaja di Indonesia mengalami gangguan mental, salah satunya karena overthinking.

Cara mengatasi overthinking pada remaja jadi suatu hal yang diadvokasikan oleh platform-platform kesehatan mental.

Buat kamu yang juga sering overthinking, ini 4 cara mengatasi overthinking yang bisa kamu coba!

Jalan Sore

(FOTO: Pexels)

Cara mengatasi overthinking pada remaja yang pertama adalah jalan kaki di luar rumah. Meskipun terlihat sederhana, dampaknya gede, loh. Ketika berjalan kaki, banyak hal yang bisa dilihat, seperti jalanan, orang-orang yang lewat, dan pemandangan pohon.

Oleh karena itu, jalan kaki efektif untuk mengalihkan pikiran dan menjadi sebuah cara mengatasi overthinking pada remaja yang direkomendasikan.

Baca juga: Ujian Anti-Stres dengan 7 Metode Belajar Efektif di Bawah Ini

Meditasi Pernapasan

(FOTO: Pexels)

Ini agak rumit, tetapi meditasi pernapasan merupakan cara mengatasi overthinking pada remaja yang ampuh. Mengapa meditasi pernapasan penting? Karena ketika meditasi, kamu diminta untuk mengosongkan pikiran dan fokus mengatur pola napas yang berguna untuk menenankan diri.

Mendengarkan Musik

(FOTO: Pexels)

Bila suasana hening, kamu jadi makin gampang overthinking. Mendengarkan musik adalah cara mengatasi overthinking yang bisa kamu lakukan supaya nggak hening-hening banget. Kalau sedang sendirian di rumah, pasang musik favoritmu sambil beraktivitas. Secara nggak sadar, otak kita akan tefokus pada lagu atau lirik yang diputar untuk mengalihkan overthinking.

Baca juga: Strategi Hadapi Quarter-Life Crisis untuk Kamu yang Mulai Masuk Usia 20an

Kalau kamu penasaran dengan cara mengatasi overthinking lainnya, khususnya overthinking pada remaja, kamu bisa ke halaman selanjutnya!

Mau tahu rahasia lain untuk mengurangi overthinking? Bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!