gagal menampilkan data

Article

5 Fungsi ChatGPT Buat Dukung Kerjaan Kamu, Wajib Dicoba!

Written by Zefanya Pardede

Girls, apa kamu familiar dengan ChatGPT? ChatGPT merupakan sebuah teknologi artificial intelligence (AI) yang dikelola oleh OpenAI. Banyaknya fungsi ChatGPT yang mampu membantu pekerjaan orang-orang membuat AI ini ramai dibicarakan.

Kegunaan ChatGPT bisa dimanfaatkan untuk berbagai bidang, mulai dari pembuatan konten, pengelolaan data, hingga coding!

Kalau kamu tertarik untuk menggunakan tools AI ChatGPT, ini 5 fungsi ChatGPT yang wajib kamu ketahui!

Baca juga: Ini 5 Tools AI Gratis Online yang Bikin Pekerjaan Kamu Lebih Mudah!

Memberi Ide Konten

Content creator pastinya harus selalu memiliki konten yang fresh dan menarik. Akan tetapi, merasa stuck dan kehabisan ide itu juga sering terjadi. Nah, salah satu fungsi ChatGPT yang paling terkenal adalah kemampuan tools AI ChatGPT untuk mencari ide-ide konten. Ide-ide yang diberikan pun sesuai dengan tema yang kamu tentukan. 

Caranya pun mudah. Tinggal kirimkan perintah berisi topik besar konten yang ingin kamu buat, dan tools AI ChatGPT pun akan men-generate sejumlah ide yang bisa kamu pertimbangkan. Jika kamu merasa kurang puas dengan ide-ide yang disediakan, kamu hanya perlu refresh dan ChatGPT akan langsung memberimu ide-ide lain.

Bila kamu bekerja sebagai social media specialist atau pekerjaan content creator digital lainnya, fungsi ChatGPT yang satu ini bisa kamu coba!

Baca juga: Ada 7 Prospek Kerja Desain Grafis yang Menjanjikan Buat Kamu!

Membuat Copy Judul Konten

Masih seputar pembuatan konten, ternyata fungsi ChatGPT juga meliputi penulisan copy konten, loh! Untuk membuat judul yang bagus, kamu harus memiliki copy yang menarik dan membuat orang penasaran. Terkadang, mencari ide copy yang memuaskan memang susah. Kamu bisa manfaatkan kegunaan ChatGPT untuk mengatasi masalah ini.

ChatGPT bisa memberi copy judul konten yang sesuai dengan kata kunci, tema, dan deskripsi lainnya yang sesuai dengan kontenmu. Masukkan hal-hal tersebut ke dalam satu perintah dan kirimkan ke tools AI ChatGPT. Setelah itu, kamu akan dihadapkan dengan segudang copy judul konten menarik.

Kalau kamu bekerja sebagai copywriter dan content writer, bisa banget memanfaatkan kegunaan ChatGPT sebagai mesin penulis copy-mu!

Melakukan Analisis Data

Untuk kamu yang bekerja di bidang pengolahan data, seperti data science dan data analyst, kamu bisa jadikan tools AI ChatGPT sebagai asistenmu. Selain untuk membuat ide konten dan copy judul konten, fungsi ChatGPT selanjutnya adalah melakukan analisis data dengan cepat.

Tools AI ChatGPT mampu memproses dan menganalisis data yang diberikan. Jumlah data yang bisa dianalisis pun bisa dalam jumlah apa pun, baik banyak maupun sedikit. Nggak cuma itu, fungsi ChatGPT juga meliputi melakukan explore data dan mencari pola data tertentu untuk dijadikan visual.

Canggih, ‘kan

Baca juga: 4 Cara Mudah Membangun Relasi untuk Karier, Yuk Pelajari!

Mencari Rumus Excel

Kini, makin banyak profesi yang melibatkan penggunaan Microsoft Excel dalam kegiatannya. Akan tetapi, banyaknya rumus Excel suka membuat kita susah menghafal dan bingung cara mengaplikasikannya. 

Fungsi ChatGPT selanjutnya cocok untuk kamu yang memiliki masalah ini. Kalau kamu ingin mencari tahu rumus Excel mana yang harus digunakan untuk mengelola data yang dimiliki, kamu cukup mengirimkan penjelasan mengenai apa yang ingin kamu lakukan terhadap data tersebut. Kemudian, ChatGPT akan mengirimkan kembali rumus Excel yang bisa membantu dalam hitungan detik!

Kegunaan ChatGPT dalam hal Excel juga meliputi solusi dengan penjelasan detail untuk masalah-masalah datamu. Nggak perlu lagi terlalu banyak memutar otak untuk mencari akal untuk menyelesaikan masalah Excel, deh!

Baca juga: Simak 7+ Rumus Excel untuk Mempermudah Pekerjaanmu, Wajib Dicatat!

Menjadi Asisten Programming

Bagi para programmer, mencari bugs atau kendala dalam software merupakan bagian dari keseharian mereka. Sepandai-pandainya seorang programmer dalam pekerjaannya, ada kalanya bugs yang dicari nggak kunjung ketemu.

Tools AI ChatGPT bisa membantu mengidentifikasikan bugs dan kendala lainnya yang terdapat di suatu software. Kegunaan ChatGPT dalam hal ini juga meliputi pemberian arahan untuk mengatasi bugs tersebut.

Jika kamu ingin dibantu dalam penulisan coding, kamu juga bisa mengirimkan perintah kepada ChatGPT untuk dituliskan kode-kode yang kamu butuhkan.

Nah, itu dia kegunaan ChatGPT yang dapat kamu manfaatkan untuk meringankan pekerjaan. Gimana, tertarik, nggak?

Mau tahu informasi lainnya soal fungsi ChatGPT? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang juga!

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond