gagal menampilkan data

Article

7 Lagu K-Pop Populer Ini Menyuarakan Women Empowerment, Apa Saja?

Written by Zefanya Pardede

Akhir-akhir ini, rasanya selalu ada lagu K-Pop populer yang lewat ketika menyetel radio atau pergi ke halaman streaming musik. Musik Korea Selatan memang lagi menguasai banget di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Rupanya, ada banyak lagu K-Pop populer yang bertaburan girl power, loh.

Hmm, apa saja, ya? Simak 7 lagu K-Pop oleh girlband Korea Selatan yang mengangkat women empowerment!

Baca juga: Tuai Apresiasi Tinggi, Ini Drakor Terbaru April 2023 yang Berhasil Trending

(G)I-DLE – “Nxde”

Sebagai salah satu girlband Korea dari CUBE Entertainment yang paling sukses, (G)I-DLE terkenal dengan lagu-lagunya yang mendukung women empowerment. Rilis pada Oktober 2022, “Nxde” menjadi salah satu lagu K-Pop populer di musik Korea. 

Ditulis dan dikomposisikan oleh member (G)I-DLE Soyeon, “Nxde” memuat pesan bermakna. Lagu ini menonjolkan kebiasaan masyarakat dunia yang masih memperlakukan perempuan bagaikan objek seksual. “Nxde” juga menjadi sindiran keras bagi media yang terlalu sering memandang idol, artis, atau tokoh perempuan dari sudut pandang yang merendahkan.

Selain “Nxde”, kamu juga bisa mendengarkan lagu dari girlband Korea ini yang nggak kalah inspiratif bagi para perempuan, seperti “Tomboy” dan “Lion”.

Baca juga: Pekerjaan Perempuan Menarik yang Diangkat Drakor, Apa Saja?

TWICE – “Girls Like Us”

Siapa, sih, yang nggak kenal TWICE? Girlband Korea ini sudah mendunia sejak debutnya pada 2015. Diskografi TWICE juga sering muncul di daftar lagi K-Pop populer dengan setiap comeback. Meskipun TWICE terkenal dengan genre bubblegum K-Pop mereka, bukan berarti girlband Korea ini nggak punya lagu powerful!

Ditulis oleh member dan leader TWICE, Jihyo, “Girls Like Us” dari album Fancy mendorong perempuan untuk terus berjuang mengejar mimpi mereka. Jihyo menuangkan pengalamannya sebagai trainee selama 10 tahun ke dalam lagu ini. Lagu ini juga berpesan bahwa semua perempuan bisa melakukan apa pun dan nggak ada yang berhak menghalangi cita-cita mereka.

Lagu B-Side ini jadi salah satu lagu K-Pop populer di antara fans mancanegara yang menyukai musik Korea. Pada Hari Women’s International Day 2023 yang lalu, lagu ini diputar di salah satu radio Indonesia, loh!

Baca juga: Kenali Babymetal, Band Metal Perempuan yang Bakal Konser di Indonesia!

aespa – “YEPPI YEPPI”

Lagu K-Pop populer selanjutnya yang membahas women empowerment datang dari girlband Korea Selatan aespa. Dikelola oleh SM Entertainment, aespa terkenal dengan konsepnya yang sangat futuristic dan unik. Mereka punya universe mereka yang dinamakan Kwangya!

Dalam lagu “YEPPI YEPPI” keempat member aespa berupaya untuk menunjukkan sisi lain mereka. Lagu ini merayakan kecantikan dan kebahagiaan perempuan, serta mendorong seluruh perempuan yang mendengarkan untuk merasa percaya diri dengan penampilan mereka.

Walau “YEPPI YEPPI” hanyalah B-side aespa, lagu ini menjadi salah satu lagu K-Pop populer milik girlband Korea ini dan terkenal dalam dunia musik Korea secara global.

Baca juga: Selena Gomez Jadi Duta UNICEF Termuda, Apa Saja Pencapaian Lainnya?

Red Velvet – “Queendom”

Masih dengan girlband Korea SM Entertainment, Red Velvet memiliki sederet lagu yang menjadi berhasil jadi beberapa lagu K-Pop populer yang booming di musik Korea.

Sejak 2014, Red Velvet juga telah mengeluarkan banyak lagu K-Pop populer yang berisikan makna penting bagi perempuan. Bagaimana nggak, sebagian besar fans Red Velvet terdiri dari perempuan. Beberapa lagu tersebut, seperti “Ladies Night”, “Sassy Me”, dan “Mosquito”.

Akan tetapi, “Queendom” adalah lagu Red Velvet tentang women empowerment yang nomor satu. Lagu ini menjelaskan bahwa semua perempuan adalah ratu dari kerajaan masing-masing dan memiliki kekuatan hebat. Nggak cuma perempuan, “Queendom” juga memberi empowerment kepada laki-laki, kok!

Baca juga: Berkaca dari Penipuan Tiket Blackpink hingga 172 Juta, Ini Cara Beli Tiket yang Aman!

STAYC – “Stereotype”

Meski datang dari agensi kecil, STAYC nggak takut untuk bersuara keras. Lagu “Stereotype” berhasil membawa girlband Korea ini masuk daftar lagu K-Pop populer, baik di musik Korea maupun musik internasional.

“Stereotype” adalah lagu yang menceritakan kondisi remaja masa kini. Di sini, mereka menjelaskan bahwa banyak sekali remaja, terutama remaja perempuan, yang terlihat percaya diri, tetapi mereka juga memiliki kerentanan di balik image tersebut. STAYC mendorong orang-orang untuk tidak mengelompokkan para remaja ini ke dalam satu stereotipe.

Wah, wah. So deep! Lagu K-Pop populer ini juga berhasil masuk ke dalam daftar Billboard, loh!

Baca juga: Selain Heo Solji “EXID”, Ini Beberapa Selebriti yang Punya Karier Sukses di Luar Dunia Hiburan

ITZY – “Wannabe”

“Wannabe” merupakan sebuah lagu K-Pop populer dan ikonik keluaran girlband Korea ITZY. Dalam “Wannabe”, girlband Korea ini mempromosikan konsep “be yourself” yang penting diingat oleh semua perempuan.

Terkadang, kita sebagai perempuan sering berusaha untuk mengubah diri untuk memuaskan orang lain. Alhasil, kepribadian diri dan persona yang kita perlihatkan kepada sekitar bertolak belakang. ITZY berbicara bahwa kepercayaan diri sangat perlu dimiliki oleh perempuan, nggak perlu takut untuk menampilkan the real you!

Baca juga: Mengenal Perilaku Bias is Mine yang Bikin Kamu Jadi Posesif sama Idola

Jennie BLACKPINK – “Solo”

Lagu K-Pop populer terakhir berasal dari girlband Korea yang kita semua tahu. Yup, BLACKPINK! Member BLACKPINK Jennie merilis lagu berjudul “Solo” sebagai debut solonya.

“Solo” menjadi lagu K-Pop populer yang dijadikan breakup anthem banyak orang. Dalam lagu ini, Jennie lelah dengan perannya sebagai seorang kekasih yang diperlakukan kurang baik dalam hubungannya. Ia menyanyikan bahwa dirinya memiliki self-worth dan sadar bahwa ia bisa lebih bahagia dengan dirinya sendiri.

“Solo” mendorong perempuan lainnya untuk mencintai diri dan menyadari self-worth yang mereka miliki. You can shine brighter solo!

Nah, itu dia 7 lagu K-pop terpopuler oleh girlband Korea tentang women empowerment yang berhasil menguasai musik Korea dan musik dunia. Kamu suka yang mana?

Mau cari teman K-Popper yang bisa diajak seru-seruan bareng? Yuk, bergabung ke Girls Beyond Circle sekarang!

Comments

(0 comments)

Sister Sites Spotlight

Explore Girls Beyond